Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Harus Segera Cuti dalam Waktu Dekat, Santai Dulu Dong!

Jangan cuma menghabiskan waktu untuk bekerja

Fokus dengan pekerjaan memang bagus. Tapi, jika membuatmu lupa waktu dan tak punya waktu untuk istirahat, maka hal tersebut patut dipertanyakan. Sebab, terlalu sibuk menghabiskan waktu untuk bekerja, sering kali membuat seseorang merasa stres.

Dalam kondisi ini, ada baiknya kamu segera cuti untuk mengisi kembali tenaga dan semangat sehingga produktivitas kerja pun maksimal. Nah, berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu harus segera mengambil cuti secepatnya.

1. Merasa bahwa pekerjaan selalu menumpuk, seolah-olah tidak pernah ada habisnya

5 Tanda Kamu Harus Segera Cuti dalam Waktu Dekat, Santai Dulu Dong!pexels.com/andrea piacquadio

Tanda paling umum yang dirasakan pekerja dengan stres yang cukup besar adalah tertekan dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang ada. Ini terjadi akibat pemikiran pekerjaan selalu menumpuk seolah tidak pernah ada habisnya.

Jika sudah seperti ini, artinya sistem kerjamu sudah tak lagi profesional dan secara tidak langsung, membuatmu tak menyelesaikan pekerjaan dengan efisien. Untuk itu, segera ajukan cuti kalau kondisimu sudah memasuki fase ini, ya!

2. Tak bisa berhenti memikirkan pekerjaan, bahkan hingga terbawa mimpi

5 Tanda Kamu Harus Segera Cuti dalam Waktu Dekat, Santai Dulu Dong!pexels.com/cottonbro

Tanda lain yang menunjukkan kamu butuh cuti dalam waktu dekat adalah selalu memikirkan pekerjaan hingga terbawa ke alam mimpi. Artinya, di luar jam kerja pun, kamu tidak bisa berhenti membicarakan pekerjaan hingga kekurangan waktu untuk beristirahat.

Jika sudah seperti ini, sadari bahwa dirimu membutuhkan waktu untuk beristirahat demi menyembuhkan diri dan mengembalikan semangat serta produktivitas. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengajukan cuti dan meluangkan waktu untuk bersantai, kan?

3. Susah untuk fokus

5 Tanda Kamu Harus Segera Cuti dalam Waktu Dekat, Santai Dulu Dong!pexels.com/Yan

Dilansir healthline.com, dalam keadaan lelah dan stres akibat tugas yang terlalu banyak, biasanya kamu akan merasa lebih sulit menyelesaikan pekerjaan. Ini bisa jadi tanda yang menunjukkan bahwa kamu sudah jenuh dengan pekerjaan dan butuh istirahat atau cuti. Selain itu, kondisi ini juga dapat berakibat buruk pada performa pekerjaanmu, bukan?

Baca Juga: Fresh Graduate, Ingat 5 Hal Ini sebelum Kamu Memulai Pekerjaan

4. Rentan jatuh sakit

5 Tanda Kamu Harus Segera Cuti dalam Waktu Dekat, Santai Dulu Dong!pexels.com/Andrea Piacquadio

Pekerjaan yang tidak ada habisnya, terkadang membuat kebanyakan orang menjadi lupa akan kesehatan yang seharusnya ia jaga. Bahkan, rasa stres dan tekanan mengenai pekerjaan, juga sering kali membuat orang rentan jatuh sakit. 

Masih dari healthline.com, rentan jatuh sakit merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh menurun akibat stres. Stres yang berlebihan akan berdampak pada menurunnya kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Bahkan, Joshua Klapow selaku Psikolog Klinis dan pembawa acara "The Kurre and Klapow Show", mengatakan bahwa ketika kita merasa lelah, secara kognitif, kita akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi dan mengingat.

"Secara kognitif, ketika kita merasa lelah, kita bisa mengalami kesulitan konsentrasi dan ingatan. Akibatnya, pikiran kita bisa terasa terlalu lambat atau terlalu cepat dan kita bisa membuat kesalahan pada tugas-tugas yang sedang dikerjakan," jelas Klapow seperti dikutip dari mic.com.

5. Tidak punya waktu untuk keluarga dan bersosialisasi dengan orang lain

5 Tanda Kamu Harus Segera Cuti dalam Waktu Dekat, Santai Dulu Dong!pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika anggota keluarga atau teman-temanmu mulai menanyakan kabar dan keberadaanmu, mungkin itu pertanda bahwa kesibukan telah mengambil waktumu untuk bersosialisasi dengan orang lain. Cobalah mengambil cuti untuk liburan atau sekadar berkumpul bersama mereka.

Kamu juga bisa memanfaatkan momen cuti tersebut dengan menjalani hobi yang kamu sukai untuk membuat pikiran tetap fresh. Saat sudah selesai cuti, kamu pun dapat kembali ke kantor dengan kondisi penuh semangat.

6. Insomnia dan merasa lelah sepanjang waktu

5 Tanda Kamu Harus Segera Cuti dalam Waktu Dekat, Santai Dulu Dong!unsplash.com/Kinga Cichewicz

Insomnia atau sulit tidur merupakan tanda tubuh sedang mengalami stres dan kewalahan terhadap pekerjaan. Bahkan, tak jarang momen insomnia ini terjadi akibat kamu harus begadang berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan atau proyek sesegera mungkin.

Hal ini ditegaskan oleh Andrea Goeglein, Psikolog dan Pendiri ServingSuccess. "Jika kamu menemukan bahwa selama beberapa hari berturut-turut, dirimu berjuang dengan insomnia, sulit bangun dari tempat tidur setiap pagi, atau masih merasa lelah bahkan ketika sudah cukup tidur, itu bisa jadi cara otak mengirimkan peringatan bahwa ada sesuatu yang salah dan kamu perlu waktu istirahat," katanya dalam laman mic.com.

Dalam menyikapi permasalahan ini, Kailee Place, Konselor Profesional berlisensi di Shifting Tides Therapeutic Solutions, menyatakan jika sebaiknya kamu meluangkan waktu selama beberapa hari dari tugas yang dimiliki.

"Luangkan beberapa hari dari tugas yang kamu miliki untuk meningkatkan perawatan diri dan mengevaluasi apakah pekerjaan atau gaya hidupmu saat ini cocok dengan hidupmu atau tidak," katanya.

Jika kamu sudah mengalami tanda-tanda di atas, segeralah mengambil cuti guna mengembalikan energi, semangat, dan produktivitas kerjamu. Semoga sukses!

Baca Juga: Hati-hati! 6 Jebakan Pikiran Saat Baru Mulai Mencari Pekerjaan 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya