Comscore Tracker

5 Kebiasaan untuk Menambah Kreativitas saat Pikiran Lagi Buntu 

Yuk, isi ulang kembali kreativitasmu!  

Kamu seorang pekerja kreatif yang dituntut untuk punya ide-ide cemerlang setiap waktu? Seperti seorang content creator yang harus selalu mencari ide konten kreatif untuk diupload di media sosial, atau seorang desainer grafis yang dituntut untuk menghasilkan desain yang kreatif.

Nah, semua itu pasti membutuhkan kreativitas. Namun, terkadang kamu mengalami pikiran tiba-tiba buntu, sehingga kreativitas pun menipis dan kamu jadi gak bisa menghasilkan ide-ide yang kreatif.

Jangan khawatir, lima kegiatan ini bisa bantu untuk isi ulang kreativitasmu, loh. Sehingga kamu bisa kembali mendapatkan ide-ide yang kreatif nantinya. Penasaran apa saja? Yuk, langsung kita simak di bawah ini!

1. Coba untuk melakukan hobi sebentar 

5 Kebiasaan untuk Menambah Kreativitas saat Pikiran Lagi Buntu ilustrasi wanita membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terlalu lelah dalam bekerja seringkali membuat kamu sulit berpikir dan kreatif. Jadi, coba luangkan waktumu sebentar untuk melakukan hobimu. Jika kamu hobi membaca, coba baca buku yang kamu suka sepuluh menit saja. Atau jika kamu hobi menonton film dan kamu tidak punya cukup banyak waktu, kamu bisa luangkan waktu sebentar untuk menonton film pendek.

Melakukan hobi akan membuat kamu merasa lebih tenang dan dapat terhindar dari burnout saat bekerja. Sehingga, nantinya kamu bisa kembali mendapatkan ide-ide yang kreatif.

2. Selalu konsumsi hal-hal kreatif  

5 Kebiasaan untuk Menambah Kreativitas saat Pikiran Lagi Buntu ilustrasi desainer grafis (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Seringkali kreativitas itu datang saat kita melihat karya orang lain. Misalnya jika kamu seorang penulis, cobalah untuk membaca buku atau artikel dari penulis lain. Atau kamu seorang desainer grafis, cobalah untuk melihat karya-karya dari desainer grafis lain.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan inspirasi yang dapat mendatangkan ide-ide baru nantinya. Jadi, jangan pernah putus asa jika kamu belum menemukan ide, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Anak Memiliki Kreativitas yang Baik, Pola Didiknya Juara!

3. Lihatlah sesuatu dari berbagai perspektif 

5 Kebiasaan untuk Menambah Kreativitas saat Pikiran Lagi Buntu ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau kreativitasmu lagi menipis, cobalah untuk melihat sesuatu dari berbagai macam sisi. Ini akan melatihmu agar sudut pandang dan pemikiranmu jadi lebih luas.

Cobalah untuk mengamati lingkungan kerjamu, misalnya ketika ada suatu permasalahan, cobalah untuk melihat permasalahan itu dari berbagai sudut pandang. Ini akan membantumu menemukan ide kreatif nantinya.

4. Keluarlah dari zona sempit 

5 Kebiasaan untuk Menambah Kreativitas saat Pikiran Lagi Buntu ilustrasi wanita menggambar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Zona yang terbatas akan memblokir kreativitasmu. Maka cobalah untuk keluar ke zona yang lebih luas. Beranilah untuk mencoba hal baru dan bereksperimen.

Misalnya, kamu seorang penulis buku fiksi, cobalah untuk keluar dari zona nyamanmu dengan mencoba untuk menulis buku dengan tema self improvement. Dengan begitu kamu bisa mengasah kreativitasmu, sehingga ide-ide yang kamu hasilkan akan lebih kreatif lagi nantinya.

5. Temukan ide baru di hari berikutnya 

5 Kebiasaan untuk Menambah Kreativitas saat Pikiran Lagi Buntu ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Gustavo Fring)

Terkadang kamu tidak boleh terlalu memaksakan dirimu untuk mendapatkan ide pada hari ini juga. Karena bisa jadi ide kreatif belum datang di hari ini.

Ketika kita pergi ke suatu tempat dan melakukan hal berbeda di hari berikutnya, di sinilah inspirasi secara tiba-tiba datang. Bisa jadi, ide kreatif itu datang ketika kamu sedang menaiki ojek online ketika berangkat ke kantor pada esok hari. Jadi, bersabarlah ketika tidak menemukan ide hari ini, ya.

Itulah lima kebiasaan yang dapat menambah dan mengembangkan kreativitas ketika pikiran lagi buntu. Jadi, jangan lupa untuk menerapkannya, ya. Supaya kamu selalu bisa menghasilkan ide-ide yang kreatif. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Biasakan Diri Berjiwa Solutif, Asah Kreativitas! 

Selvi Hidayah Photo Verified Writer Selvi Hidayah

One step closer...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya