Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kritikan Itu Perlu, Penting Untuk Kemajuanmu! 

Menerima saran dan masukan akan menjadikanmu lebih baik 

Kritikan merupakan salah satu hal yang seringkali kita jumpai dalam kehidupan. Entah kritikan dari teman, orang terdekat, maupun dari rekan kerja tentu kamu pernah mengalaminya. Apa yang menurutmu sudah benar dan sempurna, bisa jadi di mata orang lain masih ada yang kurang dan perlu diperbaiki.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi adalah tidak dapat menerima kritik dengan lapang dada. Alih-alih sadar kalau karyamu masih ada yang kurang, kamu justru merasa tersinggung dan sakit hati. Padahal kritikan itu penting untuk kemajuanmu. Berikut 5limaalasan mengapa kritikan itu perlu dalam kehidupan.

1. Kritikan dapat menjadi bahan evaluasi penting untuk kemajuanmu

5 Alasan Mengapa Kritikan Itu Perlu, Penting Untuk Kemajuanmu! ilustrasi sedang menjelaskan (pexels.com/RODNAE productions)

Menerima kritikan dengan lapang dada ternyata bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Rasanya selalu ada yang mengganjal di hati, deh. Kamu sudah membuat karya dengan susah payah tapi masih saja mendapatkan komentar yang tidak diharapkan.

Padahal jika kamu mau mencermati, kritikan itu penting lho sebagai bahan evaluasi diri. Dengan adanya kritikan, kamu jadi dapat meraba letak kesalahamu di mana dan memperbaiki segala kekurangan sehingga karya yang kamu hasilkan semakin baik.

2. Dengan adanya kritikan kamu dapat terhindar dari kesalahan fatal

5 Alasan Mengapa Kritikan Itu Perlu, Penting Untuk Kemajuanmu! ilustrasi menatap ke depan (pexels.com/Anna shvets)

Seringkali dalam hidup orang merasa tersinggung apabila menerima kritikan. Rasanya hati kecewa deh saat mendengar hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Apalagi kalau itu disampaikan oleh orang yang memang kurang cocok denganmu.

Meskipun tidak sesuai ekspektasi yang kamu harapkan, namun kritikan tetap harus didengar. Dengan adanya kritikan kamu jadi tahu letak kesalahanmu di mana. Kamu dapat segera memperbaiki apa yang masih kurang sehingga ke depannya akan terhindar dari kesalahan-kesalahan fatal.

Baca Juga: 5 Tips untuk Membuat Karier dan Kinerjamu Makin Menanjak

3. Menjadikanmu individu yang lebih berkualitas

5 Alasan Mengapa Kritikan Itu Perlu, Penting Untuk Kemajuanmu! ilustrasi wanita percaya diri (pexels.com/Moose photos)

Memang sih, saat menerima kritikan respon yang pertama kali muncul adalah perasaan tidak nyaman. Tidak jarang kamu akan mengabaikan kritikan tersebut atau justru malah menyerang balik seseorang yang memberikan kritik.

Padahal apabila mau berbesar hati mendengarkan kritikan orang, kamu akan mendapatkan banyak manfaat, lho. Kritik yang disampaikan orang dapat menjadi informasi penting terkait kemampuanmu. Hal ini penting agar kamu bisa segera memperbaiki diri sehingga dapat menjadi individu yang lebih berkualitas.

4. Dapat membuka wawasanmu lebih luas

5 Alasan Mengapa Kritikan Itu Perlu, Penting Untuk Kemajuanmu! ilustrasi wanita membawa buku (pexels.com/Monstera)

Ketika membuat suatu karya, pasti yang diharapkan adalah pujian dan penghargaan. Ini hal yang wajar kok, setiap orang pasti juga mengharapkan hal tersebut. Namun bagaimana pun juga, kamu tidak dapat menutup diri ketika ada kritik yang disampaikan orang lain.

Seseorang yang mengkritik bukan berarti ingin menjatuhkanmu, namun mereka hendak memberikan informasi penting yang bermanfaat. Ketika mau berbesar hati mendengarkan apa yang disampaikan mereka, tentu kamu akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru yang membuat wawasanmu menjadi luas.

5. Memberikanmu persepektif baru

5 Alasan Mengapa Kritikan Itu Perlu, Penting Untuk Kemajuanmu! ilustrasi berkumpul teman (pexels.com/Ivan Samkov)

Dalam mengerjakan sesuatu, seringkali kita terjebak ego yang membuat sudut pandang kita terbatas. Kritikan yang disampaikan orang lain tidak selalu berarti buruk, lho. Mereka melakukan hal itu bukan atas dasar membencimu, namun karena ingin agar karyamu dapat lebih baik lagi.

Apabila kamu bisa memaknai kritikan secara tepat, maka hal itu dapat memberi insiprasi-inspirasi baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Kamu dapat memandang segala sesuatu dengan sudut pandang yang lebih luas.

Setiap orang tidak lepas dari kekurangan dan kekeliruan. Untuk menyikapi hal tersebut, diperlukan kritikan agar kamu dapat mengevaluasi pencapaianmu selama ini. Jika kamu termasuk orang yang anti terhadap kritik, yuk! mulai sekarang belajar menerimanya dengan lapang dada agar karyamu semakin berkualitas.

Baca Juga: 6 Kiat Hadapi Dilema dalam Meniti Karier, Fokus pada Masa Depan!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya