Comscore Tracker

5 Sisi Tersembunyi di Balik Insecure, Nggak Selamanya Buruk Lho!  

Insecure juga punya dampak positif untuk kesehatan mental 

Apakah kamu pernah megalami insecure? Insecure merupakan rasa tidak percaya diri yang membuatmu merasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu. Ketika melihat orang-orang di sekelilingmu dipenuhi prestasi dan keberhasilan, biasanya kamu akan merasa kalau dirimu tidak ada apa-apanya. Rasanya malu, minder, dan serasa pengen kabur aja deh kalau ketemu sama mereka.

Insecure seringkali diidentikkan dengan hal-hal yang negatif nih. Padahal kalau bisa mengelola rasa insecure mu dengan baik, justru kamu akan menemukan banyak hal positif lho. Dengan adanya rasa insecure kamu dapat mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Berikut 5 sisi positif di balik rasa insecure yang jarang kamu sadari :

1. Insecure membuatmu belajar introspeksi diri

5 Sisi Tersembunyi di Balik Insecure, Nggak Selamanya Buruk Lho!  Ilustrasi berbaring (Pixabay.com/Danatentis)

Insercure membuatmu mengerti bahwa masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki dalam dirimu. Skill dan keterampilanmu masih perlu ditingkatkan, pengetahuan dan wawasanmu masih harus diperluas, dan potensi-potensi dalam dirimu juga masih perlu di asah lagi.

Dengan menyadari berbagai macam kekurangan yang ada maka kamu dapat mengevaluasi diri untuk menuju ke arah perubahan yang lebih baik lho. Kamu dapat memperbaiki diri sehingga mampu menjadi pribadi yang lebih unggul dan berkualitas.

2. Mendorongmu untuk berusaha lebih keras

5 Sisi Tersembunyi di Balik Insecure, Nggak Selamanya Buruk Lho!  Ilustrasi mengetik (Pixabay.com/Startupstockphotos)

Insecure itu adalah hal yang normal kok, semua orang pasti pernah berada di fase-fase tersebut. Meskipun begitu, kamu jangan sampai tenggelam dalam rasa ketidak-percayaan dirimu tersebut ya!.

Dengan menyadari bahwa orang-orang di sekelilingmu dapat meraih berbagai macam keberhasilan dan prestasi membuat kamu harus berusaha lebih giat lagi. Segera bangkit dan berusaha lebih keras agar dapat seperti mereka. Jika mereka saja mampu melakukannya maka kamu juga pasti bisa.

3. Dapat menjadi sumber motivasi untuk lebih baik

5 Sisi Tersembunyi di Balik Insecure, Nggak Selamanya Buruk Lho!  Ilustrasi berdiskusi (Pixabay.com/Free-photos)

Meskipun kamu merasa tidak ada apa-apanya dibanding mereka, namun itu bukan alasan untuk semakin menutup diri dan takut berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Kabur ketika berpapasan justru tidak membuat rasa insecure mu teratasi lho.

Sebaliknya justru keberhasilan orang-orang di sekelilingmu dapat menjadi contoh dan sumber motivasi agar kamu bisa mengikuti jejak mereka. Kamu dapat berkonsultasi bagaimana cara mereka dalam menghadapi kegagalan dan mengasah potensi diri sehingga mampu meraih keberhasilan. 

4. Insecure dapat membuatmu berpikir lebih realistis

5 Sisi Tersembunyi di Balik Insecure, Nggak Selamanya Buruk Lho!  Ilustrasi berpikir (Pixabay.com/AllClear55)

Rasa tidak percaya diri yang muncul dapat membuatmu bertanya-tanya tentang dirimu sendiri. Pada akhirnya ini akan membuatmu berpikir lebih realistis. Kamu menyadari bahwa untuk mencapai keberhasilan diperlukan usaha dan perencanaan yang cermat.

Tidak hanya sekedar menetapkan standar, kamu juga mulai merancang langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan. Ketika mampu berpikir realistis, maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan lebih siap menghadapi berbagai tantangan.

5. Kamu dapat mengukur kapasitas diri

5 Sisi Tersembunyi di Balik Insecure, Nggak Selamanya Buruk Lho!  Ilustrasi gadis kuliah(Pixabay.com/Nastya_gepp)

Rasa insecure yang muncul membuatmu dapat mengenali diri sendiri secara lebih mendalam. Kamu dapat memetakan apa saja yang menjadi keunggulan dan juga kelemahan dari dirimu.

Dengan adanya pemetaan tersebut kamu dapat mengantisipasi dengan baik segala bentuk kekurangan diri agar tidak menjadi hambatan dalam mencapai tujuan. Kamu juga dapat mengembangkan potensi diri secara optimal sehingga apa yang ditargetkan dapat tercapai dengan memuaskan.

Nah, itu dia 5 sisi positif insecure yang jarang kamu sadari. Insecure itu nggak selamanya buruk lho. Yuk! mulai sekarang kelola rasa insecure mu dengan tepat agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih berkualitas.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Alami Insecure, Berhutang agar Terlihat Kaya!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya