Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Harus Bisa Mengatur Work-Life Balance dengan Cermat

Hidup yang seimbang bikin kita lebih bahagia

Terjun dalam dunia kerja, tentu kita tidak asing lagi dengan beragam tuntutan yang ada. Seringkali hal ini menjadikan kita lalai dalam salah satu tanggung jawab. Adakalanya kita terlalu fokus dengan tanggung jawab terhadap diri sendiri sehingga lupa akan pekerjaan. Adakalanya pula kita terlalu fokus dengan pekerjaan sehingga malah melupakan diri sendiri.

Padahal work-life balance itu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, lho. Keseimbangan antara kehidupan dunia kerja dengan kehidupan pribadi tentu akan mempengaruhi banyak hal. Berikut ini lima alasan mengapa kita harus mampu mengatur work-life balance dengan cermat.

1. Hanya bersantai tanpa bekerja, kondisi finansialmu akan terganggu

5 Alasan Mengapa Harus Bisa Mengatur Work-Life Balance dengan Cermatilustrasi bersantai (pexels.com/Eren Li)

Kondisi finansial menjadi aspek penting dalam hidup yang perlu dijaga. Bukan tanpa alasan, ini dikarenakan kondisi keuangan akan mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan. Mereka yang mampu mengatur keuangannya dengan cermat dengan mereka yang kondisi finansialnya tidak seimbang tentu akan berbeda.

Lantas, bagaimana jika cenderung lebih banyak bersantai sehingga mengabaikan pekerjaan? Walaupun terdengar sepele dan banyak orang yang melakukannya, namun ini bukan hal yang baik, lho. Jika tidak segera diperbaiki, tentu ke depannya kondisi keuanganmu yang akan terganggu.

2. Bekerja tanpa mengambil waktu untuk menikmati hidup akan membuatmu tertekan

5 Alasan Mengapa Harus Bisa Mengatur Work-Life Balance dengan Cermatilustrasi tertekan (pexels.com/Kampus Production)

Tuntutan pekerjaan yang tidak ada habisnya memang sering membuat orang lupa diri. Karena keinginan sukses yang menggebu-gebu maupun kemauan agar bisa menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, pada akhirnya banyak orang lalai Dan mengabaikan dirinya sendiri.

Meskipun menjadi hal yang lumrah, namun ini harus segera kamu perbaiki. Salah satu alasan mengapa kamu harus bisa mengatur work-life balance dengan cermat yaitu karena bekerja tanpa istirahat malah membuatmu merasa tertekan. Tentu kamu tidak inginkan mengalami hal tersebut?

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Ampuh Mengurangi Stres, Butuh Waktu 2 Menit Saja

3. Work-life balance membuat hidupmu lebih bahagia

5 Alasan Mengapa Harus Bisa Mengatur Work-Life Balance dengan Cermatilustrasi perempuan menikmati minuman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kebahagiaan dalam menjalani hidup sudah pasti menjadi dambaan banyak orang tidak terkecuali dengan dirimu. Menjalani kehidupan yang seimbang tanpa berat ke salah satu hal, tentu akan membuatmu lebih bisa merasakan apa yang menjadi kebahagiaan dalam hidup.

Ini merupakan salah satu alasan mengapa kamu harus bisa mengatur antara kehidupan dunia kerja dan kehidupan pribadi secara cermat. Work-life balance yang selalu terjaga akan membuat suasana hatimu dalam kondisi yang baik sehingga akan diliputi kebahagiaan.

4. Mampu mengatur work-life balance dengan cermat membuat kinerjamu lebih maksimal

5 Alasan Mengapa Harus Bisa Mengatur Work-Life Balance dengan Cermatilustrasi perempuan bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keseimbangan antara tanggung jawab kehidupan dunia kerja dengan tanggung jawab kehidupan pribadi tentu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Tapi pada kenyataannya masih banyak orang yang lupa akan hal tersebut terbukti dengan hanya condong ke salah satu.

Perlu diketahui, work-life balance juga turut mempengaruhi kinerjamu, lho. Ketika mampu menjaga dengan baik keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan tanggung jawab dalam dunia kerja, kamu akan terhindar dari perasaan tertekan sehingga kinerjamu juga akan lebih maksimal.

5. Keseimbangan kehidupan kerja dengan kehidupan pribadi membuatmu terbebas dari stres

5 Alasan Mengapa Harus Bisa Mengatur Work-Life Balance dengan Cermatilustrasi merasa bahagia (pexels.com/Julia Avamotive)

Mengatur keseimbangan antara kehidupan dunia kerja dengan kehidupan pribadi memang susah-susah gampang. Ini terbukti dari banyaknya orang yang cenderung bekerja sampai lupa waktu maupun sebaliknya, ogah-ogahan dalam bekerja.

Padahal ini penting untuk diperhatikan, lho. Salah satu alasan mengapa kamu harus bisa mengatur work-life balance dengan cermat yaitu agar bisa menjalani hidup lebih tenang dan stabil. Kondisi yang demikian akan menghindarkanmu dari perasaan stres dan tertekan.

Menjaga work-life balance agar selalu stabil memang susah-susah gampang. Jika selama ini kamu termasuk tipe orang yang selalu condong ke salah satu, baca lima alasan di atas baik-baik, ya!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Tidak Mengurangi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya