Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Hidup Harus Punya Prinsip, Bukan Sekedar Ikut Arus

Sudahkah kamu memiliki prinsip hidup?

Prinsip merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali. Nilai-nilai prinsip kehidupan seringkali ditanamkan ketika seseorang masih usia dini. Tentu kamu masih ingat ketika masa kecil dulu selalu patuh dengan semua perkataan dan arahan orang tua.

Hidup selalu penuh tantangan dan hal-hal baru. Menjelang remaja, kamu memiliki pergaulan yang lebih luas dan menemui banyak hal. Begitu pula ketika beranjak dewasa, kamu dituntut untuk memiliki prinsip yang dijadikan pegangan hidup agar tidak mudah terombang-ambing. Untuk lebih lengkapnya, simak 5 alasan berikut mengapa dalam hidup kamu harus memiliki prinsip.

1. Kamu dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk

5 Alasan Mengapa Hidup Harus Punya Prinsip, Bukan Sekedar Ikut Arusilustrasi perempuan menatap laptop (unsplash.com/Magnet.me)

Kehidupan memang beragam dan penuh warna. Dalam pergaulan kamu akan selalu menemukan hal-hal baru. Tidak hanya hal-hal yang positif, tidak jarang kamu juga akan menemukan hal-hal negatif yang sebaiknya tidak diikuti.

Dengan memiliki prinsip hidup, maka kamu dapat memilah pengaruh pergaulan yang ada. Kamu dapat mengetahui mana pengaruh pergaulan yang sekiranya baik dan mana pengaruh pergaulan yang sekiranya buruk. Ibarat kemudi, prinsip hidup akan membantu mengarahkan ke mana harus melangkah.

2. Dapat mengambil keputusan yang tepat

5 Alasan Mengapa Hidup Harus Punya Prinsip, Bukan Sekedar Ikut Arusilustrasi perempuan serius (unsplash.com/Bermix Studio)

Tidak jarang dalam kehidupan kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Namun sayangnya, tidak semua pilihan itu baik dan dapat membawa dampak positif. Terkadang adapula pilihan-pilihan yang kelihatannya menarik namun  justru menjerumuskan.

Ketika memiliki prinsip hidup yang kuat, maka kamu dapat mempertimbangkan segala yang kamu hadapi dengan cermat. Kamu dapat menghadapi setiap pilihan hidup beserta permasalahannya dengan bijak dan mampu menentukan mana langkah terbaik yang harus diambil.

Baca Juga: 5 Prinsip ini Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Jauh dari Tekanan Batin

3. Tidak mudah dipengaruhi orang lain

5 Alasan Mengapa Hidup Harus Punya Prinsip, Bukan Sekedar Ikut Arusilustrasi memberi arahan (unsplash.com/Icons8 Team)

Ketika masih SD, mungkin temanmu hanya sebatas anak-anak komplek di sekitaran rumah. Beranjak remaja, kamu mulai masuk lingkup pergaulan baru dengan mengenal banyak teman. Saat dewasa, kamu tentu memiliki pergaulan yang lebih luas lagi dengan mengenal banyak orang yang memilki karakter berbeda-beda.

Tidak jarang kamu menemukan tipe orang yang suka mencampuri urusan orang lain. Selain itu, ada pula tipe orang yang suka memaksakan kehendak. Dengan memiliki prinsip hidup, kamu dapat lebih mengenali apa yang terbaik buat dirimu sehingga tidak mudah dipengaruhi orang lain.

4. Tidak mudah terbawa arus lingkungan

5 Alasan Mengapa Hidup Harus Punya Prinsip, Bukan Sekedar Ikut Arusilustrasi bersedekap (unsplash.com/Afif Kusuma)

Setiap tempat memang memiliki tantangan tersendiri. Tidak jarang lingkungan memiliki kebiasaan dan budaya yang baik sehingga membawa dampak positif dalam kehidupan. Namun banyak pula lingkungan yang justru membawa pengaruh buruk sehingga berdampak negatif bagi dirimu.

Ibarat tali yang kuat, prinsip hidup membantumu untuk tidak mudah terombang-ambing dalam arus yang ada. Kalau kamu terbawa pengaruh yang positif sih tidak masalah, tapi kalau kamu sampai terseret pengaruh yang negatif tentu akan sangat merugikan dirimu sendiri.

5. Kamu memiliki ketegasan terhadap diri sendiri

5 Alasan Mengapa Hidup Harus Punya Prinsip, Bukan Sekedar Ikut Arusilustrasi gadis berjaket (unsplash.com/Daoudi Aissa)

Tujuan hidup antara orang yang satu dengan orang yang lain akan berbeda. Pun dengan tujuan hidupmu dengan temanmu pastilah juga tidak sama. Keberadaan prinsip penting agar kamu tidak mudah terombang-ambing terbawa tujuan-tujuan lain yang tidak jelas.

Ibarat kemudi, prinsip akan menentukan arah kehidupanmu. Kamu dapat mengontrol dan memutuskan ke arah mana harus melangkah. Ini membuatmu memiliki ketegasan terhadap diri sendiri. Ketika mampu mengatur diri sendiri secara tegas, maka kamu dapat terhindar dari berbagai arus negatif yang ada.

Prinsip memang memiliki andil yang besar dalam kehidupan. Agar hidupmu menjadi terarah, yuk, mulai sekarang belajar menjadi pribadi yang memegang teguh prinsip sehingga tidak mudah terombang-ambing arus kehidupan. 

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya