Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Bikin Mental Makin Rapuh, Hindari Overthinking!

Kebiasaan sepele yang bikin mentalmu down  

Kesehatan mental merupakan hal yang penting. Hal ini dikarenakan kondisi mental turut mempengaruhi kesehatan fisik dan juga kinerjamu. Ketika kondisi mental sedang tidak baik-baik saja, bukan tidak mungkin kesehatan fisikmu dapat terganggu dan kinerjamu juga akan semakin menurun.

Namun demikian, masih banyak orang yang tidak menyadari tentang pentingnya menjaga kondisi mental sehingga semakin rapuh. Kondisi mental yang memburuk dapat diakibatkan oleh berbagai macam kebiasaan yang jarang disadari. Berikut 5 kebiasaan yang kelihatannya lumrah dilakukan, namun ternyata justru membuat mentalmu semakin rapuh.

1. Sering merasa minder

5 Kebiasaan yang Bikin Mental Makin Rapuh, Hindari Overthinking!ilustrasi menyembunyikan wajah (pexels.com/Erik Mclean)

Perasaan minder dapat terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali. Seringkali kamu akan merasa kerdil ketika dihadapkan dengan orang yang memiliki segudang prestasi maupun orang yang telah berhasil meraih kesuksesan. Kepercayaan dirimu pun memudar sehingga dirimu seolah seperti butiran debu saja.

Tanpa disadari perasaan minder yang tidak terkontrol dapat mengganggu kesehatan mental, lho. Dengan adanya rasa minder yang menguasai diri maka kamu jadi merasa tidak percaya diri dan gelisah tanpa sebab yang pasti. Jika perasaan ini dibiarkan terus menerus, tentu mentalmu akan semakin rapuh.

2. Masih mempertahankan sifat pesimis

5 Kebiasaan yang Bikin Mental Makin Rapuh, Hindari Overthinking!ilustrasi gadis berkacamata (pexels.com/David Fagundes)

Hidup dan permasalahan memang dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Setiap orang pasti memiliki permasalahan hidupnya masing-masing, tidak terkecuali dirimu. Namun demikian, saat menghadapi permasalahan hidup yang datang silih berganti seringkali kamu akan terjebak dalam sifat pesimis.

Sifat pesimis akan membuatmu merasa lemah sehingga tidak dapat menghadapi tantangan dan masalah hidup yang sedang dihadapi. Karena sifat pesimis yang muncul, tidak jarang permasalahan yang seharusnya kecil justru terlihat rumit sehingga susah dipecahkan. Pada akhirnya mentalmu akan rapuh karena merasa tertekan.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental Sama Pentingnya dengan Kesehatan Jasmani 

3. Sering overthinking

5 Kebiasaan yang Bikin Mental Makin Rapuh, Hindari Overthinking!ilustrasi menangkup pipi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Selalu berpikir sebelum melangkah itu memang hal yang baik, lho. Kamu jadi dapat meminimalisir berbagai macam risiko yang mungkin bisa terjadi di kemudian hari. Tapi bagaimanapun juga, berpikir itu juga ada porsinya. Menjadi sosok yang terlalu pemikir bisa saja justru berdampak buruk pada mentalmu.

Jika kamu termasuk tipe orang yang masih suka overthinking, mulai sekarang kurang-kurangi, deh kebiasaan itu. Berpikir itu juga ada batasnya, jangan sampai karena perilaku overthinking yang mendominasi pada akhirnya membuatmu larut dalam hal-hal sepele yang tidak seharusnya dipikirkan.

4. Selalu takut oleh hal-hal yang belum pasti

5 Kebiasaan yang Bikin Mental Makin Rapuh, Hindari Overthinking!ilustrasi menatap ke atas (pexels.com/Ron Lach)

Ketakutan adalah sesuatu yang wajar dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Sebetulnya rasa takut yang kamu alami tersebut merupakan suatu signal yang menandakan bahwa sedang ada bahaya mengintai sehingga kamu harus lebih berhati-hati.

Tetapi rasa takut juga ada batasnya. Ketakutan yang berlebihan justru dapat membawa kerugian pada diri sendiri, apalagi kalau yang ditakutkan adalah hal-hal yang belum pasti. Alih-alih dapat menjaga dirimu dari marabahaya, yang ada kebiasaan tersebut justru membuat mentalmu semakin rapuh.

5. Memiliki sifat yang terlalu ambisisus

5 Kebiasaan yang Bikin Mental Makin Rapuh, Hindari Overthinking!ilustrasi sedang serius (pexels.com/Yan Krukov)

Sebenarnya ambisi merupakan hal yang baik. Dengan adanya ambisi, maka kamu dapat menjadi individu yang kompetitif dan tidak gampang menyerah. Kamu akan berusaha semaksimal mungkin dan pantang untuk berhenti sebelum bisa mencapai apa yang ditargetkan.

Namun demikian, ambisi itu juga ada batasnya, lho. Seringkali sifat ambisisus yang sudah  di luar batas kewajaran membuatmu jadi individu yang keras terhadap diri sendiri. Kamu seringkali tetap memaksa bekerja walaupun tubuh dan pikiranmu sudah sangat lelah. Jika hal ini dibiarkan, tentu mentalmu akan semakin rapuh.

Kesehatan mental perlu dijaga dengan baik. Mental yang sedang tidak baik-baik saja tentu akan mempengaruhi kondisi fisik maupun psikismu. Jika kamu tidak ingin mentalmu semakin rapuh, yuk! mulai sekarang tinggalkan kebiasaan di atas.

Baca Juga: List Kontak Layanan Konseling Kesehatan Mental Indonesia

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Be grateful of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya