Comscore Tracker

5 Kerugian Memiliki Sikap Self Judgement, Gak Kunjung Maju!

Kamu selalu menghakimi diri sendiri 

Apakah kamu termasuk tipe orang yang suka merendahkan diri sendiri? Atau kamu gemar menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang terjadi? Sikap seperti ini biasa disebut dengan self judgement.

Memelihara sikap demikian ini sudah pasti bisa membawa sejumlah dampak negatif. Lantas, kerugian apa sajakah yang akan muncul saat kamu memiliki self judgement? Berikut lima di antaranya.

1. Tidak kunjung maju dan berkembang 

5 Kerugian Memiliki Sikap Self Judgement, Gak Kunjung Maju!ilustrasi perempuan rambut pendek (pexels.com/Engin Akyurt)

Berkembang menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya adalah keharusan. Namun sayangnya, ini tidak akan terjadi ketika kamu masih memiliki sikap self judgement. Bahkan kamu menyalahkan diri sendiri atas hal yang sebenarnya tidak berkaitan denganmu.

Memelihara sikap self judgement, mau tidak mau kamu harus berhadapan dengan konskuensi negatif. Kamu tidak akan pernah maju dan berkembang. Kegagalan sedikit saja sudah membuatmu rapuh dan menyalahkan diri sendiri berlebihan.

2. Kreativitas tidak terasah 

5 Kerugian Memiliki Sikap Self Judgement, Gak Kunjung Maju!ilustrasi tidur di atas laptop (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Self judgement memang menjadi salah satu sikap yang marak bertebaran. Alih-alih mau belajar dari kesalahan atau kegagalan, yang ada mereka malah menghakimi diri secara berlebihan. Padahal ini bisa berpotensi membawa dampak buruk.

Salah satu kerugian memiliki sikap self judgement adalah kreativitas tidak terasah. Sebelum melangkah kamu sudah dibayangi prasangka buruk. Akibat terlalu dibayangi berbuat kesalahan, kamu justru takut untuk berkarya.

Baca Juga: 5 Sikap yang Bikin Pasanganmu Merasa Gak Dihargai, Jangan Sepelekan!

3. Kestabilan mental terganggu 

5 Kerugian Memiliki Sikap Self Judgement, Gak Kunjung Maju!ilustrasi sedang murung (pexels.com/Polinw Tankilevitch)

Apakah kamu masih suka menghakimi diri sendiri? Entah kesalahan apapun itu, kamu menyalahkan diri sendiri secara berlebihan. Bahkan sampai rasa percaya diri itu jadi memudar.

Meskipun sekilas terdengar sederhana, tapi sikap self judgement bisa mengganggu kestabilan mental, lho. Menghakimi diri sendiri secara berlebihan rawan membuatmu tertekan.Tentu kamu tidak inginkan hal itu terjadi?

4. Sering dijadikan tameng kesalahan orang lain 

5 Kerugian Memiliki Sikap Self Judgement, Gak Kunjung Maju!ilustrasi siswa di kelas (pexels.com/Cottonbro)

Kesalahan sudah pasti pernah dilakukan semua orang. Namun demikian, respon setiap individu berbeda. Ada yang mau mengakui kesalahan dan ada yang justru mengkambing hitamkan orang lain.

Bagi kamu yang masih sering melakukan self judgement, salah satu kerugian yang harus dihadapi yaitu sering dijadikan tameng kesalahan orang lain. Kamu dituduh melakukan kesalahan yang sebenarnya tidak pernah kamu perbuat.

5. Kinerjamu tidak bisa optimal 

5 Kerugian Memiliki Sikap Self Judgement, Gak Kunjung Maju!ilustrasi tetidur (pexels.com/Andy Barbour)

Kinerja yang optimal adalah harapan kita semua. Memiliki kinerja yant optimal, semua tanggungan akan terselesaikan dengan sebaik mungkin. Tapi bagaimana jadinya jika kita justru takut salah?

Tentu saja ini akan berdampak pada kinerjamu. Akibat self judgement, banyak tanggungan berakhir terbengkalai. Jika hal ini terus berlanjut, sudah pasti kegiatan Dan rutinitasmu akan semakin berantakan.

Self judgement adalah hambatan terbesar yang membuat kita tidak berkembang. Jika kamu masih memelihara self judgement, sudah siap dengan lima kerugian di atas?

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Stres Akibat Kehilangan Pekerjaan, Simak! 

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya