Comscore Tracker

5 Kiat Kerja Cerdas yang Harus Diterapkan, agar Lebih Efektif!

Termasuk menghindari multitasking 

Setiap dari kita pasti berharap bisa menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan dengan maksimal. Bukan tanpa alasan, pekerjaan yang terselesaikan secara optimal tentu memberikan kepuasan tersendiri. Tidak sekedar kepuasan yang dirasakan oleh diri sendiri, tapi juga kepuasan yang dirasakan oleh tim bahkan atasan.

Namun demikian, pekerjaan yang terselesaikan dengan baik itu pada kenyataannya tidak hanya butuh kerja keras saja, lho, melainkan juga kerja cerdas. Ini penting agar pekerjaan berjalan jauh lebih efektif. Lantas, kiat kerja cerdas seperti apa saja yang harus diterapkan agar apa yang kita kerjakan bisa lebih efektif? Berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Sebisa mungkin hindari multitasking 

5 Kiat Kerja Cerdas yang Harus Diterapkan, agar Lebih Efektif!ilustrasi bekerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Rangkaian pekerjaan yang tidak ada habisnya memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika satu tanggungan belum terselesaikan sudah muncul lagi deretan tanggungan yang lain. Multitasking menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menyelesaikan semuanya. Padahal ini juga bukan pilihan yang tepat.

Jika kamu ingin tahu apa saja kiat kerja cerdas agar kegiatan berjalan lebih efektif, menghindari multitasking adalah salah satunya. Bagaimana pun juga, mengerjakan banyak aktivitas dalam satu waktu bersamaan justru membuat konsentrasi terpecah. Alih-alih selesai, yang ada semakin banyak pekerjaan terbengkalai.

2. Sempatkan waktu untuk membuat skala prioritas 

5 Kiat Kerja Cerdas yang Harus Diterapkan, agar Lebih Efektif!ilustrasi bekerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ungkapan bahwa dunia kerja itu kejam memang benar adanya. Bukan tanpa alasan, memasuki lingkup dunia kerja kamu akan dihadapkan dengan rangkaian pekerjaan yang tiada henti. Satu tanggungan belum tuntas dikerjakan, sudah muncul lagi sederet tanggungan yang lain.

Agar semuanya dapat berjalan efektif, tentu kamu harus mengenal kerja cerdas. Salah satu kiat kerja cerdas yang harus diterapkan yaitu menyempatkan waktu untuk membuat daftar prioritas. Dengan demikian, kamu jadi tahu mana tanggungan kerja yang mendesak dan harus didahulukan dan mana yang sekiranya masih bisa dinomorduakan.

Baca Juga: 5 Ciri Rekan Kerja Pasif Agresif, Lingkungan Kerja Jadi Toxic

3. Buat to do list 

5 Kiat Kerja Cerdas yang Harus Diterapkan, agar Lebih Efektif!ilustrasi papan rencana (pexels.com/RODNAE Productions)

Deretan rutinitas dan pekerjaan yang menggunung tentu bukan hal asing lagi. Jika tidak berhati-hati, tidak menutup kemungkinan semuanya akan berakhir berantakan. Banyak pekerjaan berakhir mangkrak bahkan tidak tersentuh sama sekali.

Mengingat akan hal tersebut, konsep kerja cerdas tentu sangat diperlukan. Salah satu kiat kerja cerdas yang harus diterapkan agar kegiatan berjalan lancar yaitu membiasakan diri membuat to do list. Dengan demikian, kamu jadi tahu mana saja pekerjaan yang belum dan sudah dikerjakan sehingga satu pun tidak ada yang terlewat.

4. Jaga kerapian tempat kerja 

5 Kiat Kerja Cerdas yang Harus Diterapkan, agar Lebih Efektif!ilustrasi perempuan karir (pexels.com/RODNAE Productions)

Pernahkah kamu membayangkan dituntut oleh beragam pekerjaan yang harus diselesaikan namun tempat bekerja tidak mendukung? Entah itu kerapiannya tidak terjaga maupun fasilitasnya terbatas. Memang tidak dapat dipungkiri jika kondisi lingkungan sekitar turut mempengaruhi semangat seseorang ketika bekerja.

Mengingat akan hal tersebut, sudah menjadi keharusan untuk menjaga kondisi lingkungan kerja sebaik mungkin. Salah satu kiat kerja cerdas yang harus diterapkan agar pekerjaan berjalan efektif yaitu dengan menjaga kerapian tempat kerja. Lingkungan yang bersih dan tertata rapi akan membuatmu lebih semangat dalam berkarya. 

5. Istirahat sejenak saat lelah 

5 Kiat Kerja Cerdas yang Harus Diterapkan, agar Lebih Efektif!ilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Beragam rutinitas pekerjaan yang terus datang sudah pasti menimbulkan kelelahan. Tidak hanya kelelahan dari segi fisik, tapi juga mental. Ketika ini terjadi, tidak menutup kemungkinan produktivitas akan menurun sehingga kinerjamu tidak maksimal. Akibatnya, banyak pekerjaan yang berakhir mangkrak tidak terselesaikan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, salah satu kiat yang bisa diterapkan yaitu dengan konsep kerja cerdas. Istirahatkan diri sejenak ketika kamu sudah mulai lelah. Dengan demikian semangat akan kembali terjaga sehingga produktivitas dan kinerjamu bisa lebih  maksimal.

Berhadapan dengan deretan kesibukan yang harus diselesaikan, tentu kamu harus menerapkan konsep yang tepat. Setelah mengetahui kiat kerja cerdas di atas, apa kamu tidak tertarik untuk mulai menerapkannya?

Baca Juga: 5 Tips Melatih Diri Bersikap Kooperatif, Kerja Sama secara Aktif

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya