Comscore Tracker

5 Penyebab Mudah Bimbang, Prinsipmu Masih Belum Kuat!

Kamu mudah termakan rayuan

Saat dihadapkan beberapa pilihan, seringkali kamu merasa ragu. Kamu takut jika setelah mengambil keputusan justru berada dalam situasi menakutkan. Pada akhirnya, kamu pun diliputi kebingungan tak pasti.

Jika seperti ini, kamu harus tahu penyebab mudah bimbang yang sering kamu alami. Bisa saja kamu adalah tipe orang yang gampang ikut-ikutan atau tidak memiliki pendirian. Saat kamu mudah merasa bimbang, barangkali lima hal ini jadi penyebabnya.

1. Kamu tidak memiliki pendirian yang jelas 

5 Penyebab Mudah Bimbang, Prinsipmu Masih Belum Kuat!ilustrasi bimbang (pexels.com/Thirdman)

Di manapun berada, sudah seharusnya kamu memiliki pendirian yang kuat. Adanya pendirian turut membentengi diri dari berbagai perilaku negatif. Terutama saat kamu terjebak di lingkungan pergaulan kurang baik.

Tapi sayangnya, tidak semua orang memiliki pendirian yang kuat. Tanpa disadari, ini menjadi penyebab mengapa kamu sering bimbang. Seseorang yang tidak memiliki pendirian cenderung susah mengambil keputusan bagi dirinya.

2. Gampang termakan bujuk rayu teman 

5 Penyebab Mudah Bimbang, Prinsipmu Masih Belum Kuat!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Ivan Samkov)

Tidak semua teman yang ada di sekeliling kamu baik. Tidak jarang kamu malah bertemu dengan teman yang memiliki perilaku kurang baik. Entah dia yang suka adu domba, bergosip, maupun memancing keributan.

Penyebab mengapa kamu gampang bimbang di antaranya mudah termakan bujuk rayu teman. Kamu asal percaya apa yang disampaikan temanmu tanpa berpikir lebih jauh. Akibatnya, kamu diliputi kebingungan sendiri.

3. Asal ikut-ikutan dalam mengambil keputusan 

5 Penyebab Mudah Bimbang, Prinsipmu Masih Belum Kuat!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Kindel Media)

Mengambil keputusan harus dengan pertimbangan matang. Jangan sampai kamu bertindak gegabah apalagi sekadar ikut-ikutan. Ada teman yang melangkah ke kanan kamu ikut ke kanan, dan ketika teman melangkah ke kiri kamu pun ikut-ikutan ke kiri.

Asal ikut-ikutan dalam mengambil keputusan juga jadi penyebab mengapa kamu gampang bimbang. Kamu tidak memiliki pertimbangan sendiri dan asal melangkah. Ketika sadar keputusan yang diambil salah, kamu akan bingung dan kalut tanpa arah.

Baca Juga: 5 Prinsip yang Perlu Kamu Terapkan agar Tercipta Healthy Relationship

4. Bisa jadi kamu tipe orang yang gampang termakan saran toxic 

5 Penyebab Mudah Bimbang, Prinsipmu Masih Belum Kuat!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Timur Weber)

Keberadaan saran toksik harus diwaspadai. Seseorang yang memberikan saran toksik sekilas terlihat seperti mendukung. Padahal ia tidak lebih dari memperburuk keadaan. Saran yang disampaikan sama sekali tidak menyelesaikan masalah.

Jika kamu termasuk orang yang mudah merasa bimbang, alangkah baiknya mulai introspeksi diri. Bisa jadi kamu tipe orang yang gampang termakan saran toksik. Kamu terlalu percaya dengan saran yang disampaikan orang lain tanpa mau menyaring terlebih dahulu.

5. Kamu sering overthinking dalam menyikapi sesuatu 

5 Penyebab Mudah Bimbang, Prinsipmu Masih Belum Kuat!ilustrasi overthinking (pexels.com/Elle Hughes)

Memikirkan suatu permasalahan boleh-boleh saja. Tapi tetap harus dikontrol. Jangan sampai kamu overthinking dalam menyikapi sesuatu. Alih-alih menyelesaikan masalah, yang ada kamu malah terpuruk.

Overthinking juga menjadi salah satu sebab mengapa kamu mudah bimbang. Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan justru menimbulkan perasaan ragu. Ini membuatmu tidak berani mengambil keputusan apapun. Termasuk membiarkan permasalahan semakin berlarut-larut.

Penyebab mudah bimbang memang ada banyak. Entah kamu yang mudah percaya orang, tidak memiliki pendirian, maupun sering overthinking. Jika kamu sering bimbang, sudah saatnya mencari tahu penyebab dari perasaan tersebut.

Baca Juga: 5 Kunci Menjalani Hidup dengan Percaya Diri, Harus Punya Prinsip!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya