Comscore Tracker

5 Skill yang Bisa Hasilkan Cuan, Tambah Pundi-Pundi Setiap Bulan

Wajib dikembangkan mulai sekarang!

Belakangan, isu resesi yang menghantui Indonesia di tahun 2023 mendorong kita lebih waspada dalam mengelola keuangan. Untuk mengantisipasinya, berbagai langkah harus dilakukan. Mulai dari mengerem pengeluaran, hingga meningkatkan pendapatan.

Namun siapa pun setuju, menambah pundi-pundi uang setiap bulan bukan hal mudah. Meski begitu, ini sama sekali tak mustahil. Kamu bisa mulai dengan mengembangkan beberapa skill berikut agar bisa menghasilkan cuan tambahan melalui kegiatan part time ataupun freelance

1. Menulis

5 Skill yang Bisa Hasilkan Cuan, Tambah Pundi-Pundi Setiap Bulanilustrasi orang bekerja dari rumah (pexels.com/Vlada Karpovich)

Menulis sejatinya merupakan kemampuan fundamental dan esensial yang harus dimiliki setiap orang. Tak lekang oleh zaman, kemampuan ini konsisten dibutuhkan dari waktu ke waktu. Mengembangkan kemampuan ini juga bukan hal yang sulit. Kamu bisa mulai dengan rajin membaca dan mencoba menulis dengan disiplin.

Terlebih di era digital seperti saat ini, kebutuhan terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan menulis seperti content writer dan copywriter juga kian meningkat. Tak hanya untuk posisi full time, melainkan juga part time dan freelance.

Sebagai gambaran, rata-rata penulis pemula menghasilkan 16 dolar AS setiap jamnya. Ini dijelaskan melalui laman Bestwriting. Jika dikonversi ke dalam rupiah, ini setara juga dengan Rp251.612 (1 dolar AS = Rp15.725,25). Apabila dilakukan secara konsisten setidaknya sejam setiap hari, kamu bisa menghasilkan uang sebanyak Rp7 juta dalam sebulan.

Selain bantu tambah pundi-pundi uang melalui pekerjaan sampingan, mengembangkan kemampuan menulis juga bantu tingkatkan nilai dan performa di pekerjaan utama. Komunikasimu dengan rekan kerja dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

2. Desain grafis

5 Skill yang Bisa Hasilkan Cuan, Tambah Pundi-Pundi Setiap Bulanilustrasi orang bekerja dari rumah (pexels.com/EKATARINA BOLOVTSOVA)

Punya ketertarikan dan mata yang tajam terhadap hal-hal berbau visual? Mungkin desain grafis adalah kemampuan yang cocok untukmu. Tak perlu langsung pandai menggunakan aplikasi seperti Adobe Illustrator atau Photoshop, sebab kamu bisa mulai dengan memanfaatkan platform desain gratis seperti Canva.

Apabila ingin belajar lebih serius, kamu bisa mengikuti kelas atau workshop intensif tentang desain grafis, baik yang gratis maupun berbayar. Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengunjungi website seperti Freepik untuk mendapat inspirasi saat hendak mendesain.

Lantas, berapa banyak cuan yang bisa dihasilkan dengan bekerja lepasan sebagai desainer grafis? Salah satu platform pencari pekerjaan freelance paling termuka, Upwork melansir bahwa desainer grafis bisa mendapatkan 15 hingga 150 dolar AS setiap jam, dengan rata-rata sebesar 25 dolar AS setiap jam.

Angka ini setara juga dengan Rp393.006. Lagi-lagi, jika rajin mengerjakan proyek setiap hari selama minimal satu jam, seorang desainer grafis berpeluang mendapat Rp11 juta setiap bulannya.

Baca Juga: 5 Jenis Skill yang Perlu Kamu Upgrade Sebelum Menikah

3. Digital marketing

5 Skill yang Bisa Hasilkan Cuan, Tambah Pundi-Pundi Setiap Bulanilustrasi orang bekerja dari rumah (pexels.com/Anna Shvets)

Digitalisasi kian mengakselerasi perpindahan dari dunia offline menuju online, terutama semenjak pandemik COVID-19 menyerang. Hampir segala sektor terkena dampaknya. Untuk itu, mereka perlu melakukan transformasi digital agar bisa sintas.

Salah satu industri yang perkembangannya semakin pesat sejak digitalisasi merebak ialah digital marketing atau pemasaran digital. Bukan tanpa alasan, tingginya penetrasi internet di tengah masyarakat menjadikan pemasaran digital kian seksi. Tak heran, pekerjaan sebagai digital marketer semakin banyak dicari. 

Pemasaran digital sendiri hadir dengan beragam channel di dalamnya. Namun secara umum, channel ini dibagi menjadi dua, yakni paid atau berbayar dan organik.

Sesuai namanya, stream pemasaran digital berbayar akan mengurus iklan seperti social media ads atau Google Ads. Sementara itu, stream organik akan berkutat dengan kanal seperti search engine optimization (SEO), content marketing, hingga customer-relationship management.

Kabar baiknya, saat ini banyak bermunculan webinar hingga bootcamp yang menawarkan pembelajaran soal pemasaran digital. Mulai dari yang tersedia secara gratis hingga berbayar, baik secara online maupun offline.

Sama seperti desainer grafis, rata-rata penghasilan untuk freelance digital marketer secara umum mencapai 25 dolar AS (setara sekitar Rp393 ribu) setiap jamnya. Angka ini tentunya bervariasi, tergantung tingkat kemampuan, pengalaman, hingga channel apa yang dipilih sebagai spesialisasi.

4. Website development

5 Skill yang Bisa Hasilkan Cuan, Tambah Pundi-Pundi Setiap Bulanilustrasi orang bekerja dari rumah (pexels.com/Olia Danilevich)

Saat ini, semua bisnis dianjurkan memiliki presensi secara online. Selain memberikan informasi lengkap mengenai bisnis dan produk yang ditawarkan, ini juga bertujuan untuk membangun reputasi agar kepercayaan calon konsumen meningkat. 

Dalam hal ini, website merupakan salah satu media yang bisa dimanfaatkan. Untuk itu, pekerjaan seperti website developer sangat dibutuhkan guna mengakomodasi kebutuhan bisnis.

Masih belum memiliki pengetahuan soal website development? Sama seperti sebelumnya, kamu bisa mengikuti kelas yang tersedia melimpah di internet. Jika sudah cukup mantap, kamu dapat mencoba mempraktikkannya secara disiplin dan mulai mencari peluang proyek di beberapa platform seperti Fiverr dan Upwork.

Rata-rata pendapatan para website developer per jam di Amerika Serikat sendiri terbilang cukup fantastis. Data dari Arc menyebutkan, mereka bisa menghasilkan 61 hingga 80 dolar AS per jamnya. Ini setara juga dengan Rp960.609 hingga Rp1.259.816. Namun, ini tentunya bergantung pada banyak variabel, mulai dari tingkat keterampilan hingga pengalaman.

5. Data analytics

5 Skill yang Bisa Hasilkan Cuan, Tambah Pundi-Pundi Setiap Bulanilustrasi orang bekerja dari rumah (pexels.com/cottonbro studio)

"Data is the new oil."

Ya, di tengah digitalisasi yang kian merebak, data menjadi hal yang sangat seksi sebab mampu memberikan wawasan untuk proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, langkah yang diambil lebih jelas dan efektif.

Untuk itu, memiliki kemampuan analisis data sangat membawa keuntungan lantaran permintaan terhadap pekerjaan data analyst cukup meroket. Bayarannya pun tak perlu ditanya. Upwork melansir, rate para data analyst bisa mencapai 20 hingga 50 dolar AS setiap jamnya. Ini setara dengan sekitar Rp315 ribu hingga Rp780 ribu.  

Setelah melihat angka fantastis yang bisa dihasilkan, apakah kamu tertarik untuk mulai mengembangkan salah satu dari daftar kemampuan di atas? Tak perlu khawatir merasa terlambat, sebab kamu bisa menguasainya jika dipelajari dan dipraktikkan secara disiplin dan konsisten. Yuk, semangat demi penghasilan tambahan!

Baca Juga: 5 Skill Ini Wajib Kamu Kuasai untuk Kerja Remote, Pasti Maksimal!

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya