Comscore Tracker

Masih Jarang, 6 Ide Profesi di KDrama Ini Bisa Kamu Pertimbangkan

Kreatif dan unik!

Menjadi dokter, guru, pengacara, atau pengusaha, mungkin adalah jenis profesi yang sudah biasa kita dengar. Namun, tidak semua orang berbakat untuk profesi-profesi populer tersebut.

Sebagian juga merasa bukan passion mereka. Jika kamu pencinta drama Korea, mungkin kamu sudah sering menemukan jika sebenarnya banyak profesi kreatif yang masih jarang tersorot.

Deretan profesi unik, tidak biasa dari drama Korea ini bisa jadi inspirasi kamu untuk menentukan jalan karier hingga menemukan mimpi kamu yang sesungguhnya.

Terlihat menyenangkan dan mengasyikan, pilihan profesi ini bisa diraih untuk kamu selalu ingin belajar sesuatu yang baru.

1. Sound director

Masih Jarang, 6 Ide Profesi di KDrama Ini Bisa Kamu PertimbangkanDok. tvN (via hancinema.net)

Tugas dari seorang sound director adalah memberikan efek suara untuk film atau program televisi. Dalam proses syuting, tidak semua suara terekam dengan jelas. Biasanya, di sinilah peran sound director seperti yang dilakukan Park Do Kyung (Eric) dalam drama Korea Another Miss Oh.

Ia bertugas membuat efek suara tersebut lebih terdengar dengan menciptakannya sendiri. Seperti suara untuk langkah kaki, hembusan angin, keramaian lalu lintas, kaca pecah, pintu digeser, hingga ledakan.

Jika kamu termasuk orang yang begitu peka dengan suara-suara yang kamu dengarkan di sekitarmu, bisa jadi inilah profesi yang cocok untukmu. Seorang sound director juga harus kreatif untuk bisa menemukan suara yang sesuai dengan efek yang suara yang dibutuhkan.

2. Pembuat alat musik

Masih Jarang, 6 Ide Profesi di KDrama Ini Bisa Kamu PertimbangkanDok. tvn/Memories of the Alhambra

Menyukai dunia musik, namun tidak cukup berbakat untuk bisa memainkan alat musik. Ide profesi yang dilakukan Park Shin Hye, sebagai Jung Hee Joo dalam drama Memories of Alhambra ini bisa kamu sontek juga.

Bisa jadi, kamu menyukai untuk membuat alat musik itu sendiri. Inilah yang dilakukan Jang Hee Joo ketika mengetahui ia tidak memiliki begitu banyak keahlian untuk bermain gitar.

Dikarenakan jari tanganmu mungkin sudah terbiasa berlatih memainkan alat musik, maka mengalihkan kelihaian tanganmu dengan membuat alat musik dengan beberapa latihan. Mungkin kamu bisa ahli. Sebagai gantinya, aroma-aroma serutan kayu bisa membawa ketenangan.

3. Video game designer

Masih Jarang, 6 Ide Profesi di KDrama Ini Bisa Kamu PertimbangkanDok. JTBC/Strong Woman Do Bong Soon

Jika kamu adalah penggemar berat game, profesi sebagai game designer bisa sangat cocok denganmu. Cobalah untuk memainkan imajinasimu dan wujudkan dalam konsep sebuah game.

Tentu saja, mungkin kamu tidak punya kekuatan super seperti Bong Sun (Park Bo Young). Namun, dengan bantuan imajinasi kreatif dan banyak pengalamanmu dari bermain game, kamu mungkin bisa menciptakan sebuah game yang luar biasa.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Drama Korea Berdasarkan Jurusan dan Profesi (Part 2)

4. Penerjemah

Masih Jarang, 6 Ide Profesi di KDrama Ini Bisa Kamu PertimbangkanDok. JTBC (via hancinema.net)

Sama seperti hobi bermain game, hobi menonton juga bisa menjadi sumber penghasilan hingga dijadikan profesi yang menjanjikan, lho. Seperti karakter Oh Mi Joo (Shin Se Kyung) dalam drama Korea Run On.

Jika kamu menikmati menonton dan memaknai film, serta senang belajar bahasa asing, coba saja jadi penerjemah seperti Oh Mi Joo.

Sambil nonton dan mencoba menerjemahkan percakapan film berbahasa asing dengan makna dalam bahasa Indonesia yang tepat, akan menyenangkan. Siapa tahu, kamu akan sama senangnya dengan Oh Mi Joo saat melihat namamu ada di daftar kru film.

Psst bonusnya, kamu juga bisa nonton film asing lebih dahulu daripada yang lain dan dapat tiket gratis nonton premier film, lho.

5. Set designer

Masih Jarang, 6 Ide Profesi di KDrama Ini Bisa Kamu PertimbangkanDok. SBS/30 But 17

Jika kamu seseorang yang memiliki kreatifitas dan senang pergi ke konser atau pentas seni, cobalah pertimbangkan bekerja sebagai Set Designer. Menarik melihat bagaimana Gong Woo Jin (Yang Se Jong) di drama 30 But 17 begitu berdidikasi dengan pekerjaannya.

Menerapkan ide desain setnya dalam ukuran yang lebih kecil, Woo Jin seringkali melakukan perbandingan pengukuran dimanapun dan kapanpun.

Untuk kemudian ia aplikasikan pada desain berupa miniature dari set panggung yang dia buat. Buat orang-orang yang menyukai seni, profesi ini sangat berkaitan dengan dunia seni meski jarang disebutkan.

6. Architectural model maker

Masih Jarang, 6 Ide Profesi di KDrama Ini Bisa Kamu PertimbangkanDok. JTBC (via hancinema.net)

Pekerjaan ini cocok dengan kamu yang senang dengan seni prakarya dan memiliki keahlian bekerja dengan sesuatu yang detail. Jika kamu pernah bercita-cita sebagai arsitek, mungkin kamu bisa coba bekerja sebagai architectural model maker seperti yang dilakukan Ha Moon Soo (Won Jin Ah).

Bisa juga ini sebagai langkah pertama kamu jika belum yakin apakah arsitektur memang pekerjaan yang kamu inginkan. Profesi ini juga cocok untuk kamu yang senang bekerja sendirian dan berada dalam kesunyian seperti pada introvert.

Itulah mengapa Moon Soo menyukai pekerjaannya. Hal ini karena ia merasa tenang tidak harus banyak berbicara dengan orang lain, tanpa stress, dan tidak ditekan kecepatan.

Beberapa ide profesi dari KDrama di atas menarik dan kreatif, bukan? Apakah sekarang kamu mulai menemukan jalan karier atau mimpi yang kamu inginkan?

Baca Juga: Motivasi Karier, 10 Profesi Keren yang Sering Diangkat di Drama Korea

Nadhifa Salsabila Kurnia Photo Verified Writer Nadhifa Salsabila Kurnia

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya