Comscore Tracker

6 Cara Agar Tetap Positif Saat Mencari Pekerjaan

Berusaha dan percaya, kamu pasti bisa

Menunggu memang melelahkan, begitupun dengan menunggu datangnya panggilan untuk wawancara dari perusahaan. Mengirimkan resume dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya pasti melelahkan belum lagi jika mendapat penolakan. Itulah dinamika yang akan terjadi ketika mencari pekerjaan, maka dibutuhkanlah mental yang kuat.

Memang tidak mudah, namun kamu harus tetap berusaha dan optimis. Melansir dari Jobstreet, ada 6 cara yang bisa diterapkan untuk tetap positif saat mencari pekerjaan. Apa saja ya? Yuk, simak!

1. Menjauhlah dan berikan diri waktu untuk merenung

6 Cara Agar Tetap Positif Saat Mencari PekerjaanUnsplash.com/Natalia Fegueredo

Terus mengasah dan mengembangkan skill menjadi sesuatu hal yang memang dibutuhkan mengingat persaingan dunia kerja dewasa ini yang semakin ketat. Namun harus diingat juga, memiliki terlalu banyak kegiatan bisa saja malah membebani diri sendiri. Karena itu, dibutuhkan juga waktu bagi kamu untuk bersantai dan merenung mengenai tujuan dan keinginan dalam hidupmu. 

Saat merenung ini menjadi saat yang tepat bagi kamu untuk menemukan apa yang menjadi ketertarikan dan merencanakan hidupmu ke depannya. Jangan terlena dengan terlalu santai ya. Kembalilah bergerak setelah kamu fokus dan memiliki rencana.

2. Tetap aktif

6 Cara Agar Tetap Positif Saat Mencari PekerjaanPexels.com/Joe

Berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain, mengunjungi jobfair dan mengunjungi acara networking pasti melelahkan bukan? Namun itu adalah hal yang harus kamu lalui. Hal buruk tentang pencarian pekerjaan adalah hari-hari akan dipenuhi dengan menunggu dan kamu tidak melakukan apa pun. Ini merupakan kondisi yang bisa membuat kamu terlena dan frustasi di saat yang bersamaan.

Selagi menunggu pekerjaan buatlah dirimu sibuk, dan tetaplah aktif. Lakukan pekerjaan rumah, mengikuti kursus, atau jalani hobi selagi menunggu panggilan wawancara. 

3. Biarkan pikiran-pikiran baik muncul

6 Cara Agar Tetap Positif Saat Mencari Pekerjaanpixabay.com/Pexels

Bangunlah mental dan pikiranmu agar semakin kuat. Daripada menghakimi atau mengasihani diri sendiri akibat penolakan saat melamar pekerjaan terimalah hal tersebut, bangkit dan katakan "Tidak apa-apa, masih banyak kesempatan bagi saya di luar sana." Kuncinya adalah tetap optimis dari semua kegagalan yang terjadi.

Baca Juga: 7 Cara Meringankan Beban Kerja yang Terlalu Banyak 

4. Mencari dukungan

6 Cara Agar Tetap Positif Saat Mencari Pekerjaanpexels.com/Fox

Ketika merasa tersisihkan dan tak kunjung memiliki pekerjaan kita cenderung mengisolasi dan merasa malu dengan orang-orang sekitar. Padahal dengan mengisolasi dan menanggung beban sendirian akan membuat hal itu semakin memburuk.

Tempatkanlah dirimu di sekitar orang-orang yang dapat menjadi support system-mu. Mereka yang dapat menyayangi dan mendukung kamu untuk maju. Jika merasa sulit, meminta bantuan pada profesional pun bisa membuat kamu merasa lebih baik seperti berbicara pada advisor karier.

5. Bersyukur

6 Cara Agar Tetap Positif Saat Mencari PekerjaanPexels.com/eternalhappiness

Saat merasa tersisih cobalah luangkan waktu setiap malam untuk berpikir akan kejadian baik yang terjadi pada hari itu. Sesederhana apa pun kejadian baik itu patut untuk disyukuri.

Orang-orang yang menyadari anugerah yang mereka terima cenderung lebih sehat, lebih kuat, dan jauh lebih bahagia. Karena itu, luangkanlah waktu untuk bersyukur atas setiap berkat yang kamu dapatkan.

6. Kerjaan satu persatu

6 Cara Agar Tetap Positif Saat Mencari PekerjaanPexels/Andrea Piacquadio

Ketika jalan pada kariermu sudah terbuka dengan datangnya banyak panggilan dan koneksimu sudah terbangun, ingatlah akan tujuan dan fokus yang sejak awal kamu tetapkan. Luangkan waktu untuk menerima perubahan agar tetap terkendali dan fokus.

Baik sedang memilih ataupun menunggu panggilan dari perusahaan, yang terbaik adalah tetap tenang dan percaya hal baik akan segera datang.

Itu dia 6 cara agar tetap positif saat mencari pekerjaan, semoga membantu!

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Topic:

  • Nadin Azani
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya