Comscore Tracker

5 Cara untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Bekerja dengan percaya diri bisa membantu karir kamu

Pendidikan, pengalaman, keterampilan dan kerja keras merupakan aspek yang penting untuk menjadi sukses di dunia kerja. Walaupun kamu sudah mendapatkan pekerjaan impian yang kamu inginkan, tetapi untuk mengembangkan karier kamu membutuhkan kepercayaan diri dan kemampuan kamu.

Menemukan cara untuk meningkatkan kepercayaan diri akan membantu kamu sukses dalam mewujudkan karir impian kamu. Berikut ini lima cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu di tempat kerja.

1. Selalulah menjadi bagian dan bertindak sesuai lingkungan

5 Cara untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerjapixabay.com/089photoshootings

Kesan yang dibuat orang lain terhadap diri kamu dapat memiliki dampak besar pada karier kamu. Misalnya, berpakaian layaknya profesional akan menunjukkan bahwa kamu menganggap serius pekerjaan kamu dan ingin dilihat sebagai profesional yang layak mendapat promosi. Ketika kamu berpakaian untuk sukses, kamu masih bisa merasa nyaman. Jika kamu terus-menerus menyesuaikan pakaian atau berjalan pincang di kantor dengan sepatu yang tidak nyaman dan menyakitkan, kamu tidak akan merasa sangat percaya diri dan orang lain akan memperhatikan.

Kamu harus bersikap ramah, tersenyumlah, dan tanyakan orang-orang tentang diri mereka. Orang yang percaya diri cenderung lebih banyak tersenyum, yang meningkatkan kebahagiaan bagi mereka dan orang-orang di sekitar mereka. Menjadi mudah didekati dan ramah akan membuat kamu merasa lebih terhubung dengan mereka yang bekerja dengan kamu, yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan diri.

2. Mempersiapkan diri dan berlatih

5 Cara untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerjapixabay.com/StartupStockPhotos

Mempersiapkan diri dan berlatih adalah cara yang bagus untuk menjadi lebih percaya diri. Jika kamu tahu apa yang perlu kamu lakukan dan berapa banyak waktu yang harus kamu lakukan, kamu akan memiliki jalur yang jelas untuk menyelesaikan tugas kamu. Tetap terinci dan penuh persiapan akan membuat kamu tidak pernah melewatkan tenggat waktu yang penting. Menjadi terorganisir akan membuat kamu lebih produktif dan mungkin membuat kamu dipromosikan.

Jika kamu memiliki presentasi yang akan datang, pastikan kamu melakukan riset sehingga kamu dapat dengan percaya diri menjawab pertanyaan. Fokuslah pada kekuatan dan kesuksesan kamu untuk menyempurnakan keterampilan kamu. Perhatikan dan ucapkan selamat kepada diri sendiri atas kemenangan kecil, meskipun tidak ada orang lain yang melakukannya. Setiap kesuksesan kecil akan memberi kamu sedikit kepercayaan diri, yang nantinya akan tumbuh seiring waktu.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Merasa Lebih Percaya Diri

3. Terus belajar

5 Cara untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerjapixabay.com/StartupStockPhotos

Tentukan titik di mana kamu berada, apa yang kamu ketahui dengan baik dan apa yang dapat kamu tingkatkan. Mulailah dengan meneliti industri pekerjaan dan bidang keahlian kamu. Kembangkan keterampilan yang kamu gunakan sehari-hari, seperti komunikasi, manajemen waktu, dan kepemimpinan. Pemahaman yang lebih baik tentang bidang kamu akan memungkinkan kamu untuk dengan percaya diri berbicara tentang apa yang kamu lakukan dan membantu kamu memahami bagaimana kamu bisa melakukan yang lebih baik.

Bangun keterampilan baru dengan mengikuti kelas online atau menghadiri acara seminar. Lihatlah keterampilan yang dimiliki atasan kamu dan fokuslah pada pengembangan pengetahuan dan pengalaman kamu di bidang itu. Memperluas keterampilan kamu akan membuka pintu menuju peluang karier yang lebih besar.

4. Tetapkan sebuah harapan

5 Cara untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerjapixabay.com/StartupStockPhotos

Pastikan bos dan rekan kerja kamu memahami apa yang diharapkan dari kamu. Selain itu, kamu harus dapat diandalkan dan berkomunikasi dengan jelas. Tetapkan harapan untuk apa yang kamu rencanakan untuk dikerjakan dan berapa lama waktu yang kamu harapkan, ini bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu dan membangun kredibilitas kamu dengan orang lain.

Selama kamu realistis sejak awal, kamu dapat memenuhi bahkan melampaui harapan yang sudah kamu tetapkan. Setelah kamu dan rekan kerja kamu semua berada di halaman yang sama, kamu dapat bekerja dengan percaya diri dan menyuarakan keberhasilan kamu dengan penyelesaian tepat waktu dari setiap proyek dan tugas.

5. Ajukan pertanyaan

5 Cara untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerjapixabay.com/Free-Photos

Jika kamu tidak yakin bagaimana menyelesaikan tugas atau membutuhkan klarifikasi untuk melakukan apa yang diharapkan dari kamu, tanyakan saja! Mengajukan pertanyaan sebenarnya adalah tanda kepercayaan karena itu menunjukkan kamu bersedia berbicara dan kamu ingin melakukan pekerjaan dengan baik.

Mintalah umpan balik dari atasan atau rekan kerja kamu sehingga kamu tahu apa yang kamu lakukan. Umpan balik positif pasti akan meningkatkan kepercayaan diri kamu, mengetahui kamu melakukan dengan baik pada aspek-aspek penting dari pekerjaan kamu. Tetapi jangan menganggap kritik yang membangun secara pribadi. Selalu ada ruang untuk perbaikan, jadi gunakan semua umpan balik sebagai katalis untuk pertumbuhan.

Bekerja dengan kepercayaan diri yang tinggi akan membuka pintu yang lebih besar untuk kesuksesan karier kamu ke depannya. Jadi tingkatkan kepercayaan diri kamu untuk kesuksesan kamu.

Baca Juga: Pikirkan 5 Hal Ini Saat Dapat Tawaran Kerja Lebih Dari Satu 

nathan adiel Photo Verified Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya