Comscore Tracker

5 Trik Cerdas Menghadapi Atasan yang Punya 'Hobi' Menyalahkan

Tetap profesional ya ngadepinnya

Sangat menyebalkan memang kalau punya atasan yang suka menyalahkan karyawannya. Pekerjaan di kantor sudah banyak, malah di tambah sikap atasan seperti itu yang bikin gak betah. Tapi, sebagai karyawan, kita harus berusaha seprofesinal mungkin menghadapi jenis atasan yang bisa dibilang menyusahkan ini. Jangan sampai kekesalan kita padanya diekspresikan dengan cara yang gak profesional dan malah merusak suasana kerja. 

Simak nih, lima trik cerdas agar bisa terhindar dari sikap atasan yang hobinya menyalahkan kinerja dan hasil tugasmu.

1. Catat semua perintahnya dengan detail

5 Trik Cerdas Menghadapi Atasan yang Punya 'Hobi' Menyalahkanunsplash.com/@amyhirschi

Saat atasan memanggil dan meminta kamu mengerjakan suatu proyek kantor, catat semua perintah dengan detail. Catatan ini menjadi bukti kalau perintah itu asalnya dari dia. Ada bentuk tertulis segala petunjuk yang dia arahkan untuk mengerjakan tugasnya. Hal itu juga akan mempermudah kamu juga untuk menyelesaikan proyek, lho.

2. Simpan tugas dan hasil tugas di email

5 Trik Cerdas Menghadapi Atasan yang Punya 'Hobi' Menyalahkanunsplash.com/@glenncarstenspeters

Kalau yang ini lebih terlihat profesional dibanding hanya mencatat di bukumu. Saat atasan meminta mengerjakan suatu hal, coba dengan sopan meminta ke atasan kamu mengenai rincian tugasnya agar dikirim lewat email. Serta jangan lupa juga mengirim kembali hasil tugas yang dikerjakan lewat email, dan meminta atasan mengecek pekerjaan kamu.

Baca Juga: 6 Manfaat Kamu Selalu Ditunjuk Atasan untuk Perjalanan Dinas

3. Konfirmasi ulang jenis tugas yang kurang jelas

5 Trik Cerdas Menghadapi Atasan yang Punya 'Hobi' Menyalahkanunsplash.com/@officestock

Tidak semua presepsi orang sama untuk semua hal, termasuk juga jenis tugas kantor. Ketika kamu sudah mencatat ataupun atasan sudah mengirim instruksi kerja lewat email tapi ada bagian yang tidak kamu mengerti, tanyakan hal itu biar gak terjadi miskomunikasi dan kamu aman dari hal itu. 

4. Setelah selesai, tanyakan ada yang kurang atau tidak

5 Trik Cerdas Menghadapi Atasan yang Punya 'Hobi' Menyalahkanunsplash.com/@amyhirschi

Usahakan perintah yang atasan minta sudah selesai dikerjakan sebelum deadline. Jangan malu untuk menanyakan hasil kerja kamu sudah sesuai atau belum dengannya, meski dirasa sudah mengikuti instruksi tapi lebih baik hal ini dilakukan. Jangan sampai saat deadline kamu kena omelan dia karena dianggap tidak melaksanakan tugas dengan benar.

5. Diskusikan setiap keputusan dengan atasan

5 Trik Cerdas Menghadapi Atasan yang Punya 'Hobi' Menyalahkanunsplash.com/@cowomen

Kalau misalkan posisi kamu di kantor adalah seorang pemimpin suatu tim dan masih ada jabatan di atas kamu yang bertanggung jawab juga, libatkan atasan setiap keputusan yang harus di ambil. Memang akan terkesan kalau kamu kurang pengalaman menangani masalah, tapi jika ada masalah dan atasan hobinya menyalahkan, wah makin gawat.

Jadi lebih baik diskusikan keputusan itu, beri dua opsi saran menurut kamu cara penyelesaian masalah itu pada atasan. Dengan begitu atasan mungkin saja menilai kamu sebagai problem solver yang baik.

Itulah lima trik yang bisa diterapkan kalau kamu apes dapat atasan yang senang menyalahkan orang lain. Jangan sampai bikin suasana kerja jadi gak betah, ya.

Baca Juga: 6 Hal yang Bikin Karyawan Betah Kerja di Kantor Pertamanya, Kamu Juga?

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Verified Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya