Comscore Tracker

Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Kantor, Bisa Bikin Kamu Promosi Jabatan!

Usaha akan sebanding dengan hasil

Dalam perjalanan karier seseorang tentunya punya mimpi untuk bisa menuju level yang lebih tinggi di tempat kerjanya. Baik dengan cara upgrade keahlian lewat pendidikan, pelatihan, atau lewat habit yang dilakukan di perusahaan.

Buku yang berjudul The 7 Habits of Highly Effective People ditulis Stephen Covey bisa jadi panduan yang bisa diterapkan di tempat kerja agar kualitas kerja makin meningkat dan tentunya hal yang kita lakukan jadi efektif. Yuk, simak tujuh kebiasaan yang bisa kamu terapkan ini!

1. Menjadi proaktif

Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Kantor, Bisa Bikin Kamu Promosi Jabatan!unsplash.com/@ann_van_

Sikap proaktif adalah bertanggung jawab atas hal yang dilakukan diri sendiri. Menentukan apa yang mau dilakukan, yang mau dikatakan, dan hal-hal yang tidak ingin dilakukan. Setiap orang bisa memilih untuk menjadi proaktif atau sebaliknya menjadi reaktif.

Seseorang yang punya sifat proaktif dalam dirinya, dia bisa mencegah masalah sebelum muncul. Karena ialah yang sepenuhnya memegang kendali terhadap apa yang dilakukannya, dan tidak menyalahkan orang lain.

2. Mulai dengan tujuan akhir

Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Kantor, Bisa Bikin Kamu Promosi Jabatan!unsplash.com/@icons8

Saat mau mengerjakan sesuatu, tetapkan tujuan akhirnya dulu. Dengan begitu, bisa tahu langkah-langkah apa saja untuk mencapai target yang diinginkan dan itu sangat mempermudah pekerjaan. Selain itu, punya pikiran seperti ini kita mampu memperkirakan hasil sebelum bertindak, apakah ada risiko gagal dan lainnya.

3. Utamakan prioritas

Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Kantor, Bisa Bikin Kamu Promosi Jabatan!unsplash.com/@officestock

Bagian ketiga yaitu "put first thing first". Menuntut untuk bisa membedakan mana yang penting dan mendesak dengan yang tidak penting dan tidak mendesak. Atur dan tetapkan jenis pekerjaan dengan kategori tersebut. 

Kalau kamu sudah melakukan ini, pekerjaan di kantor akan terhandle dengan baik tanpa ada yang dikejar deadline atau sampai kena marah si bos.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Perlu Punya Pekerjaan Sampingan, Biar Aman Nih!

4. Berpikir win-win solution

Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Kantor, Bisa Bikin Kamu Promosi Jabatan!unsplash.com/@cowomen

Di lingkungan kerja tentunya ada situasi yang menuntut untuk mengambil keputusan. Saat momen itu, kamu harus benar-benar memikirkan segala pertimbangannya. Seseorang yang efektif, dia akan menemukan win-win solution

Dari sikap ini, atasan atau tim manajemen akan melihat dirimu adalah seseorang yang bijaksana dan sangat menguntungkan buat perusahaan.

5. Mengerti sebelum ingin dimengerti

Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Kantor, Bisa Bikin Kamu Promosi Jabatan!unsplash.com/brookecagle

Biasakan lakukan percakapan dengan orang lain penuh empati. Jangan mencoba memotong pembicaraan lawan bicara. Coba dengarkan sampai selesai, pahami maksudnya, dan memberi saran jika diminta. Dalam hal ini, hindari juga perdebatan karena perbedaan persepsi. 

Kamu akan dinilai sebagai sosok yang mengerti keadaan orang lain dan punya pikiran terbuka dan orang yang bisa diajak berdiskusi.

6. Sinergi

Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Kantor, Bisa Bikin Kamu Promosi Jabatan!www.pexels.com/Tirachardkumtanom

Kerja sama yang baik dengan tim satu divisi atau satu kantor lainnya akan membantu mempermudah pekerjaan. Sinergi maksudnya bukan kompromi, tetapi mencari langkah alternatif yang baru untuk menyelesaikan masalah. Dengan menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Semua orang akan merasa berharga.

7. Lakukan improvement

Lakukan 7 Kebiasaan Ini di Kantor, Bisa Bikin Kamu Promosi Jabatan!unsplash.com/@glenncarstenspeters

Bagian terakhir yaitu "sharpen the saw". Mengasah gergaji atau melakukan pembaharuan di tempat kerja sangat perlu. Meski mungkin saat ini nyaman dengan sistem atau skema kerja yang ada. Tapi coba lakukan mulai dari perubahan kecil, beri hal-hal baru untuk perusahaan yang menguntungkan. 

Dengan melakukan itu, kamu akan dianggap orang yang kreatif dan loyal terhadap perusahaan. Dan tentunya akan membuat pekerjaan jadi lebih cepat dan mudah dengan improvement tersebut.

Akan banyak peluang besar kalau konsisten dengan tujuh kebiasaan tersebut. Bisa dinilai sebagai pribadi yang punya karakter pemimpin dan direkomdasikan atasan buat naik jabatan.

Silahkan diterapkan dan upgrade diri dengan hal-hal tersebut ya!

Baca Juga: Ramalan Karier di Tahun 2020, Cek Peruntungan Zodiakmu! 

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Verified Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya