Comscore Tracker

5 Kegiatan yang Membuatmu Tetap Produktif Meski Sudah Resign

Tidak lagi bekerja bukan berarti malas

Saat bekerja sudah bukan lagi sebuah kewajiban, tapi kebutuhan yang harus terus dilakukan. Rasa lelah hingga jenuh sudah menjadi camilan yang harus dinikmati setiap hari.

Tumpukan pekerjaan yang tiada habisnya hingga persaingan yang membuat sesama rekan kerja seolah jadi manusia yang paling asing. Tidak produktif adalah hasilnya, hingga ada bayangan untuk berhenti dari pekerjaan yang selama ini dilakukan.

Tapi lepas dari pekerjaan lama tidak lantas membuat kita senang dan lebih bahagia. Beberapa orang justru semakin stres karena sulit beradaptasi dengan kebiasaan baru. Kebiasaan tidak bangun pagi, berangkat saat masih gelap, berdesak-desakan dengan penumpang sampai dengan bergumul dengan pekerjaan yang tidak ada habisnya.

Beberapa orang yang memutuskan resign dari pekerjaannya memang harus terus bergerak. Mereka harus dipaksa melakukan aktivitas fisik dan juga otak, agar tidak mandeg atau semakin tidak berdaya. Jika kamu mengalaminya, mulai lakukan kegiatan di bawah ini.

1. Lakukan hobi yang sudah lama kamu abaikan

5 Kegiatan yang Membuatmu Tetap Produktif Meski Sudah ResignInstagram.com/kdrama.official

Jika kamu merasa bekerja membuatmu kehilangan waktu untuk dirimu sendiri. Maka saat kamu sudah resign, inilah saatnya kamu menikmatinya dengan melakukan apa yang kamu inginkan. Hobi atau kegemaranmu yang sudah lama tertunda karena tugas yang tidak kunjung usai, kini bisa kamu lakukan dengan sepuas hati.

Pastikan kamu tuntas menyelesaikan tanggungjawabmu yang lain lebih dulu sebelum akhirnya kamu menikmati kesenangan dengan hobimu. Jika hobimu menghasilkan pundi-pundi rupiah, bisa jadi inilah mata pencaharian atau ladang keuntunganmu selanjutnya. Konsisten itu penting! Jika kamu ingin memperjuangkannya jangan mudah menyerah meski lelah menghampirimu.

2. Atur jadwal untuk hunting buku & membacanya

5 Kegiatan yang Membuatmu Tetap Produktif Meski Sudah ResignInstagram.com/kdrama.official

Mungkin membaca buku adalah hobimu. Tapi kini kamu bisa lebih bebas dan leluasa membaca banyak bacaan. Tak melulu tentang hal yang kamu tekuni. Kamu bisa lebih banyak membaca informasi umum. Pergi ke perpustakaan umum atau ke tempat penjual buku bekas dan lama bisa membuatmu lebih termotivasi lagi.

Membaca tidak harus sampai kamu paham isinya. Nikmati saja apa yang diceritakan di dalamnya, hingga kamu tahu bahwa apa yang kamu baca adalah ilmu baru untukmu.

Baca Juga: 7 Tanda Ini Membuatmu Harus Memilih: Bertahan atau Resign Kerja

3. Ikuti komunitas yang menambah teman baru

5 Kegiatan yang Membuatmu Tetap Produktif Meski Sudah ResignInstagram.com/kdrama.official

Sama halnya dengan hobi, jika pekerjaanmu yang dulu menyita waktumu berkumpul dengan orang-orang yang kamu inginkan. Maka, inilah saatnya kamu bisa melakukannya. Ikutilah komunitas yang kamu inginkan. Selagi itu positif dan berdampak baik untukmu, jangan ragu untuk mengikuti kegiatan yang ada di dalamnya.

Tak hanya pengetahuan dan pengalamanmu saja yang bertambah. Pertemananmu juga semakin luas. Kamu punya relasi yang semakin banyak. Siapa tahu di sana kamu pun bisa bertemu dengan calon partner barumu nanti. Membangun karier tidak hanya bisa saat kamu duduk diam dan menunggu.

4. Perbaiki portofolio dan tulis kembali CVmu

5 Kegiatan yang Membuatmu Tetap Produktif Meski Sudah ResignInstagram.com/kdrama.official

Selagi menikmati waktu kosongmu, jangan lupa untuk menata karirmu kembali. Mau menjalani bisnis atau menjadi freelance? Atau kamu bisa juga tetap bekerja di sebuah perusahaan yang sudah lama kamu impi-impikan. Semuanya sama saja.

Dengan pengalaman yang sudah cukup banyak kamu dapatkan. Kini saatnya kamu memperbaiki kembali portofolio dari setiap pekerjaan atau project yang pernah kamu lakukan.

Update kembali CV-mu baik CV online maupun offlinemu. Atur kembali sosial media seperti LinkedIn yang sudah kamu miliki. Jangan tunggu sampai kamu ingin kembali bekerja. Lakukan selagi kamu punya banyak waktu.

5. Cari kesibukan yang membuatmu tetap berkembang

5 Kegiatan yang Membuatmu Tetap Produktif Meski Sudah ResignInstagram.com/kdrama.official

Tidak ada aktivitas yang tidak membuatmu berkembang, selagi kamu bisa memanfaatkan semua kesempatan dengan baik. Selain menjalani hobi dan melakukan kegiatan di luar, kamu bisa tetap berkembang dari dalam rumah. Selagi menunggu panggilan pekerjaan, tidak ada salahnya kamu mengambil beberapa pekerjaan sampingan, mengambil kursus singkat sampai dengan melakukan berbagai macam praktik untuk mengasah keahlianmu.

Berkembang atau tidaknya kita bergantung dari diri kita sendiri. Jika kamu ingin maka lakukan, jika kamu masih ingin bersenang-senang maka silakan.

Baca Juga: 5 Cara Introvert Menghilangkan Grogi Saat Interview Kerja

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya