Comscore Tracker

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Agar Produktivitasmu di Kantor Makin Meningkat

Gak cuma sekadar mengatur waktu

Memang, penilaian produktivitas setiap perusahaan, setiap tim bahkan antarindividu itu berbeda-beda. Ada yang menganggap bekerja selama 8 jam sehari sudah termasuk produktif. Ada pula yang hanya bekerja 3 jam sehari, tapi hasil yang diharapkan dapat terwujud, itu juga produktif. Sehingga tidak ada patokan khusus dalam menilai produktivitas setiap orang.

Bekerja secara efektif dan efisien sudah seharusnya dilakukan oleh setiap karyawan. Namun, tuntutan terhadap pencapaian target maupun masalah baik di dalam maupun di luar kantor bisa membuat karyawan lelah dan stres sehingga produktivitas pun menurun. 

Namun demikian, setiap karyawan tetap dituntut untuk produktif. Nah, cara sederhana berikut ini bisa membantu kamu meningkatkan produktivitas di kantor.

1. Melewati jalan yang berbeda saat berangkat ke kantor, membuat kamu menemukan banyak ide dan sudut pandang baru

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Agar Produktivitasmu di Kantor Makin Meningkatfaradaybikes.com

Produktif bisa dimulai sejak pagi hari. Perjalanan kamu menuju kantor pun akan mempengaruhi semangat kamu dalam menjalani hari. Jika setiap hari kamu melalui jalan yang sama dan mengalami kemacetan yang membuatmu lelah, cobalah untuk memutar arah. Lewati jalur yang berbeda, meski terkadang sedikit lebih jauh. Hal ini akan membantumu lebih produtkif. Beberapa jalanan baru akan membantumu menemukan ide atau bahkan menemukan sudut pandang baru tentang suatu hal. Sehingga kamu akan lebih bersemangat dalam menerapkan ide-idemu saat bekerja.

2. Bawa sebuah pot bunga kecil untuk diletakkan di atas meja, beri warna berbeda untuk membantu menyejukkan pikiran

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Agar Produktivitasmu di Kantor Makin Meningkatsmallbiztrends.com

Tempat kerja yang monoton dengan komputer atau laptop, tumpukan berkas bahkan kertas dan tisue yang berserakan pastinya akan membuatmu jengah. Tidak mudah pula menemukan tempat hijau saat bekerja di sebuah ruangan, apalagi di dalam gedung tinggi di tengah kota, sedangkan kamu ingin sekali melihat warna hijau yang dapat menyejukkan mata saat lelah bekerja.

Kamu bisa membawa beberapa pot kecil pohon kaktus atau bambu air yang digunakan untuk menghias meja kerja. Selain membuat suasana baru untuk meja kerjamu, tanaman ini akan membantumu menjaga kesehatan mata yang seharian lelah melihat layar monitor.

3. Jangan lupa siapkan air mineral, karena minum air yang cukup membantumu berpikir jernih

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Agar Produktivitasmu di Kantor Makin Meningkattwitter.com

Kalau kamu adalah pekerja yang lebih banyak duduk di depan laptop sepanjang hari, maka jangan malas untuk menyiapkan air minum dalam botol. Air minum akan membuat tenagamu kembali saat mulai lelah berpikir. Pasokan oksigen dan cairan yang cukup ke otak akan memudahkan kamu dalam mengeluarkan semua ide dan pikiran kreatif untuk pekerjaanmu. Kurangi minuman yang manis apalagi soda. Membuatmu segar memang, tapi tidak baik jika berlebihan.

4. Camilan juga tidak boleh ketinggalan, pilihlah yang membantumu menjaga kesehatan

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Agar Produktivitasmu di Kantor Makin Meningkatcityhomepdx.com

Saat kita dalam kondisi lapar, otak akan sulit memproses informasi. Setiap kegiatan juga akan terasa berat. Untuk itu siapkan juga camilan untuk menemanimu saat bekerja. Cobalah untuk menyiapkan camilan yang sehat, buah atau oatmeal biskuit misalnya. Camilan ini akan membantumu terus menjaga stamina saat bekerja. Sehingga tubuhmu akan mendukung kebutuhan otak untuk terus berpikir.

5. Cobalah untuk melakukan peregangan beberapa menit untuk melemaskan otot tubuh yang kaku

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Agar Produktivitasmu di Kantor Makin Meningkatpinterest.com

Lelah memang jika duduk seharian. Pinggang dan pundak akan terasa kaku. Kamu bisa mengambil beberapa menit waktumu untuk stretching. Tidak perlu jauh-jauh ke luar ruangan. Di tempat duduk atau spot kosong di sudut ruangan pun bisa kamu gunakan. Pastikan untuk membuat leher, lengan dan pinggang lebih lemas dari sebelumnya. Gerakan kecil bisa kamu dapatkan di internet. Stretching seolah wajib untuk membantu tubuh mengalirkan darah ke otak secara lebih lancar lagi.

6. Makan siang di luar kantor gak ada salahnya, ini akan membantumu menyegarkan pikiran

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Agar Produktivitasmu di Kantor Makin Meningkatcoach.nine.com.au

Jenuh di dalam kantor dengan pekerjaan yang belum selesai akan membuat kamu tidak produktif. Kamu perlu menyisihkan waktu makan siang untuk keluar dan menikmati makanan yang berbeda. Meski sekarang jaman serba instan, di mana kamu bisa tetap menikmati makanan kesukaan tanpa harus keluar kantor. Tapi, pergi makan di luar bersama teman-teman akan membantumu lebih fresh lagi. Obrolan di luar pekerjaan, lingkungan dan suasana yang tidak sama, akan membuatmu lebih bersemangat saat kembali ke kantor.

7. Ucapkan terima kasih dan bersyukurlah saat hendak pulang, usahakan untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Agar Produktivitasmu di Kantor Makin Meningkatrd.com

Saat waktu pulang tiba, pastikan untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum waktunya tiba. Kamu berhak untuk bebas dan tidak membawa pekerjaan ke rumah. Kamu berhak untuk menikmati waktu pulang kerja untuk hangout atau bahkan melakukan aktivitas lainnya, tanpa diganggu pekerjaan yang belum selesai. Jangan lupa juga mengucapkan terima kasih, karena telah bekerja keras. Untuk orang yang ada di sekitarmu, khususnya untuk dirimu sendiri.

Dengan melakoni hal-hal sederhana di atas, pasti kamu jadi makin produktif. Coba deh.

Nelsi Photo Community Writer Nelsi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You