Comscore Tracker

5 Cara Menikmati Kebebasan Saat Baru Resign dari Kerjaan Lamamu

Nikmati selagi bisa kamu nikmati

Memiliki sebuah pekerjaan tetap yang sesuai passion, posisi aman dalam perusahaan hingga gaji & tunjangan yang terus mengalami peningkatan adalah impian setiap pekerja. Tidak banyak memang yang bisa menjalani profesi sebagai pekerja tanpa tekanan bahkan tanpa rasa stres yang melanda. Semua pasti memiliki konsekuensi termasuk mengalami berbagai tuntutan untuk sebuah pekerjaan yang diinginkan. Beberapa orang memang terbilang sangat loyal bahkan tak tak pernah terlihat stres dengan pekerjaannya. Mereka menikmati bahkan sangat mengagung-agungkan pekerjaannya. Seolah selamanya mereka akan di sana dan tidak mungkin untuk keluar.

Tapi bukan berarti kamu tidak bisa keluar dari pekerjaanmu. Sama seperti hakmu untuk melamar ke tempat yang kamu sukai. Kamu juga memiliki hak untuk keluar, selagi tidak menyalahi aturan dan perjanjian yang telah dibuat. Meski begitu terkadang kita juga merasa ada yang aneh saat baru saja resign dari pekerjaan. Alih-alih semua yang keluar dari pekerjaan sudah menerima tawaran atau bahkan bekerja di tempat lain. Maka kita yang belum mendapatkan pekerjaan baru pun bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat. Apa saja itu?

1. Berliburlah, pergilah ke tempat yang sangat kamu inginkan

5 Cara Menikmati Kebebasan Saat Baru Resign dari Kerjaan LamamuInstagram.com/kdrama.official

Saat memiliki pekerjaan mungkin kamu terlalu bekerja keras. Kamu bahkan menggunakan akhir pekan dan libur panjangmu untuk bekerja. Tidak peduli apa targetnya, uang ataukah memang kamu menyukainya, tapi kamu telah kehilangan waktu bersama dirimu sendiri yaitu dengan berlibur. Bisa jadi ini pulalah yang menjadi salah satu faktor kamu mengalamis tres dalam pekerjaanmu.

Setelah memutuskan resign, inilah saatnya kamu pergi menikmati waktu liburmu. Jika kamu memilih untuk tidak segera mencari pekerjaan, maka segeralah pergi berlibur. Ke tempat yang selama ini tidak pernah kamu kunjungi, tempat yang hanya bisa kamu lihat dari story Instagram dan kamu dengar dari teman-temanmu. Ini saatnya kamu menikmati waktu dengan dirimu sendiri.

2. Temui teman-teman lama yang jarang kamu temui

5 Cara Menikmati Kebebasan Saat Baru Resign dari Kerjaan Lamamuinstagram.com/kdrama.official

Sibuk bekerja tidak hanya membuatmu kehilangan waktu untuk dirimu sendiri, tapi juga dengan teman-teman lamamu. Teman SMA, teman semasa kuliah bahkan teman di kantor lamamu dulu. Kamu mungkin sudah melewatkan berulang kali acara reuni, makan malam bersama atau berlibur bersama mereka. Mereka mungkin menganggapmu sombong atau sok sibuk, tapi bagaimana lagi. Kamu seolah tak punya pilihan, sebab tanggungjawabmu di kantor tak bisa memberimu ruang.

Setelah kamu resign, coba gunakan waktu luangmu untuk bertemu dengan mereka. Sapa mereka, datangi mereka dan nikmati waktu yang sempat hilang. Kamu dan teman-teman lamamu bisa saling bertukar cerita hingga tidak ada yang pernah mengira bahwa kamu bisa mendapatkan pekerjaan baru dari mereka. Nikmati saja selagi bisa!

Baca Juga: 6 Pertimbangan Penting Sebelum Resign, Biar Gak Menyesal

3. Jika ingin mengadakan farewell party, lakukan saja!

5 Cara Menikmati Kebebasan Saat Baru Resign dari Kerjaan LamamuInstagram.com/kdrama.official

Resign dari kantor yang selama ini jadi rumah keduamu mungkin bukan hal yang mudah. Sekalipun ada masalah dengan tugas atau rekan kerja yang menjadi alasanmu keluar dari pekerjaanmu. Tapi ada beberapa bagian dari kantor tersebut yang membuatmu sulit untuk melupakannya. 

Dan jika sudah tiba saatnya kamu mengundurkan diri, mengadakan farewell party bukanlah hal yang salah. Lakukanlah bersama dengan rekan kerjamu. Nikmati waktu bersama selagi kamu dan mereka masih bisa bertemu. Tidak ada salahnya menerima tawaran untuk mentraktir makan malam rekan kerjamu. Beberapa aktivitas farewell party bisa kalian lakukan. Jangan sia-siakan waktumu sebelum kamu melangkah ke tujuan yang lebih jauh lagi.

4. Pulanglah, keluargamu pasti sudah lama menunggu

5 Cara Menikmati Kebebasan Saat Baru Resign dari Kerjaan LamamuInstagram.com/kdrama.official

Dari berbagai hal yang kamu lakukan setelah kamu resign, satu hal yang tidak boleh kamu lupakan dan kamu lalui begitu saja. Pulanglah, temui keluargamu. Mereka yang mungkin selama ini jauh dan sulit kamu temui karena kamu sibuk. Mereka mungkin sudah sangat merindukanmu, berkali-kali memintamu pulang tapi selalu kamu tangguhkan karena sibuk dengan pekerjaanmu.

Saat kamu resign, gunakan waktumu bukan hanya dengan teman-temanmu. Tapi juga pulang ke kampung halaman dan mengunjungi keluargamu. Kunjungi mereka dan nikmati waktu bersama. Tentu saja kamu pun rindu dengan masakan ibumu, kamu pun ingin melakukan kegiatan sore bersama dengan ayah dan saudaramu. Dan berjalan-jalan dengan mereka. Resign tak melulu sedih, kamu bisa langsung menemukan obatnya.

5. Carilah pekerjaan yang sangat kamu idam-idamkan

5 Cara Menikmati Kebebasan Saat Baru Resign dari Kerjaan LamamuInstagram.com/kdrama.official

Tidak perlu terburu-buru. Kamu punya banyak waktu untuk mencari pekerjaan yang kamu inginkan. Jika sebelumnya kamu bekerja hanya karena ingin mencari pengalaman, mengisi waktu luang dan menambah pemasukan. Inilah saatnya kamu mencari pekerjaan yang bisa membantumu untuk mengembangkan diri.

Kata orang, jangan terlalu nyaman berada pada satu tempat yang itu-itu saja. Kamu memiliki kesempatan untuk bisa berkembang. Mulai dari passion atau hobimu sampai dengan mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki sejak dulu. Tentu saja semua tidak ada yang mudah, tapi setidaknya kamu sudah berusaha hingga kamu tahu rasanya lelah yang sangat menyenangkan.

Baca Juga: 7 Kode Keras Kamu Mesti Resign dari Pekerjaan

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya