Comscore Tracker

5 Kegiatan yang Membuat Aktivitas WFH Tak Lagi Membosankan

Sama serunya seperti di luar rumah

Akhir-akhir ini Indonesia sedang dibuat resah oleh penyebaran virus corona yang sangat pesat. Menyebar di hampir semua sudut ibu kota dan beberapa kota lainnya, membuat pemerintah memberlakukan semua kegiatan di dalam rumah. Mulai dari bekerja hingga belajar pun dilakukan di dalam rumah. Salah satu tujuannya adalah untuk menghindarkan diri dari penyebaran dan tertularnya kita dari virus tersebut.

WFH atau Work From Home mulai dilakukan oleh beberapa karyawan sejak hari Selasa lalu. Tentu tidak mudah, terlebih bagi yang terbiasa bertemu dengan banyak orang dan melakukan mobilitas kesana kemari. Berdiam diri di rumah tentu membuat kita bosan.

Namun tetap ada beberapa kegiatan yang bisa membuat aktivitas WFH kita menjadi semakin seru dan menyenangkan. Setidaknya untuk beberapa hari ke depan.

1. Tata dan rapikan ruang kerjamu

5 Kegiatan yang Membuat Aktivitas WFH Tak Lagi MembosankanUnsplash/Slava Keyzman

Kamu mungkin terbiasa bekerja di meja khusus di kantormu. Menempatkan diri di satu tempat khusus agar mudah berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan. Kamu menata dan membuat meja tersebut sesuai dengan keinginan yang membangkitkan semangatmu. 

Kini kamu bisa melakukannya di rumah. Kamu bisa mulai menata meja kerjamu sesuai dengan yang kamu inginkan. Tak peduli kamu memiliki meja dan kursi khusus. Atau sekedar meja lipat dan karpet yang kamu miliki. Kamu tetap bisa menata tempat kerja yang bisa membangkitkan semangatmu.

2. Ciptakan sudut yang nyaman untuk beristirahat

5 Kegiatan yang Membuat Aktivitas WFH Tak Lagi MembosankanInstagram.com/fydafarisha

Tak hanya menyiapkan meja kerja yang kondusif, kamu pun bisa membuat sudut khusus untuk beristirahat. Kenapa harus? Karena sekalipun kamu bekerja di rumah, kamu membutuhkan waktu khusus untuk beristirahat. Sekadar duduk santai dan menikmati makan siang. Atau memesan kopi kekinian sambil menonton drama kesukaan.

Jika kamu di rumah, buatlah sudut khusus dengan sofa di ruang tamu. Atau karpet yang dibentangkan di sudut kamar. Buat suasana senyaman mungkin. Kamu bisa memutar musik yang tenang di sana sehingga bisa membuatmu nyaman, tenang dan bisa kembali berkonsentrasi dalam bekerja.

Baca Juga: Biar Gak Boros, 7 Tips untuk Hemat Paket Internet Saat WFH

3. Asah kreativitas dengan menciptakan kudapan pendamping

5 Kegiatan yang Membuat Aktivitas WFH Tak Lagi Membosankaninvestopedia.com

Salah satu keuntungan bekerja di rumah yaitu kesempatanmu mengasah kreativitas. Seperti membuat makanan atau minuman yang selama ini hanya bisa kamu pesan di luar rumah. Seperti kopi dan cake kekinian. Banyak resep yang bertebaran di lini masa yang bisa kamu coba terapkan.

Kudapan pendamping ini bisa kamu nikmati sembari mengerjakan tugas kantor. Selain itu kamu juga lebih bisa menghemat pengeluaran lho. Karena kamu bisa membuatnya sendiri, siapa tahu kamu bisa membuka usaha dari uji coba tersebut.

4. Ajak teman-temanmu untuk melakukan video call

5 Kegiatan yang Membuat Aktivitas WFH Tak Lagi Membosankanappleinsider.com

Salah satu kegiatan yang mungkin rutin kamu lakukan selepas bekerja adalah bertemu teman-teman dan menghabiskan malam sembari mengobrol. Kini kamu mungkin sedikit kesulitan bertemu mereka. Apalagi jika rumah kalian berjauhan. Kegiatan tersebut sementara harus dihentikan.

Tapi siapa bilang kamu tidak bisa bertemu mereka? Meski kamu bekerja dari rumah dan dihimbau untuk tetap berdiam di dalam rumah bukan berarti kegiatan sosialmu menjadi terganggu. Kemajuan teknologi membuatmu bisa bertemu dan mengobrol bersama teman lainnya. Ajak mereka melakukan panggilan video saat jam kerja usai. Bertukar cerita dan saling memberikan semangat tentu bisa tetap kamu lakukan.

5. Jalani hobimu dengan fasilitas yang ada

5 Kegiatan yang Membuat Aktivitas WFH Tak Lagi Membosankanmoneycrashers.com

Jika selepas bekerja kamu melakukan hobimu di luar rumah juga. Maka kali ini kamu harus menahan diri untuk melakukannya. Seperti berolahraga di tempat gym atau lapangan terbuka. Namun kamu tetap bisa melakukannya di dalam rumah. Kamu tetap bisa berolahraga seperti biasa meski di tempat dan dengan fasilitas yang berbeda.

Misalnya saja kebiasaan jogging bisa kamu ganti dengan yoga. Kamu bisa melihat panduannya melalui video. Tak perlu resah apalagi gundah jika kini aktivitasmu menjadi terbatas. Sebab kamu tetap bisa melakukannya di tempat yang berbeda. Dengan semangat yang sama atau justru makin membara. Tetap semangat, ya dan stay productive!

Baca Juga: Pakai Kata 'House', 7 Idiom Ini Cocok Dipelajari Saat #DiRumahAja

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya