Comscore Tracker

5 Cara Bangun Koneksi Pertemanan di Dunia Kerja, Menunjang Karier!

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan

Bersosialisasi atau mencari teman bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang, terlebih bagi orang-orang yang memiliki kepribadian pemalu. Namun, perlu diketahui bahwa memiliki koneksi pertemanan yang luas dapat mempengaruhi kehidupan kita, termasuk sebagai penunjang karier.

Melansir psychologytoday.com, Andrea Bonior, seorang profesor dan psikolog klinis, menyebutkan bahwa hubungan pertemanan ternyata menjadi pengaruh besar dalam kehidupan kita. Hubungan pertemanan pun dapat memengaruhi kebahagiaan kita dalam menjalankan kehidupan. Untuk itu, simak beberapa cara membangun koneksi pertemanan di dunia kerja berikut ini.

1. Jadikan koneksi pertemanan sebagai kebutuhan psikologis

5 Cara Bangun Koneksi Pertemanan di Dunia Kerja, Menunjang Karier!Ilustrasi merenung dan berpikir (unsplash.com/Dingzeyu Li)

Cara pertama merupakan suatu hal yang perlu diterapkan dalam pikiran, karena cara ini hanya dapat berjalan jika kamu mampu memberikan influence terhadap diri sendiri bahwa pertemanan penting untuk kebutuhan psikologis. Namun, pastikan pula untuk mencari teman yang baik dan positif.

Andrea Bonior mengatakan bahwa penelitian menunjukkan pertemanan yang sehat di usia 20-an ternyata memunculkan potensi hidup sehat sampai umur 70 tahun. Hal tersebut disebabkan karena pertemanan yang baik mampu mengurangi risiko depresi sehingga kondisi psikologis akan turut sehat dan membuat kondisi fisik gak mudah sakit.

2. Bergabung dengan organisasi atau komunitas

5 Cara Bangun Koneksi Pertemanan di Dunia Kerja, Menunjang Karier!Ilustrasi komunitas (unsplash.com/Hannah Busing)

Cara berikutnya adalah bergabung dengan organisasi, komunitas, club, atau perkumpulan tertentu. Kamu dapat mencari organisasi atau komunitas yang sesuai dengan hobi atau kesukaanmu.

Misalnya, jika kamu menyukai fotografi, maka dapat bergabung ke komunitas fotografi. Melansir parade.com, Kaitlin Vogel, seorang jurnalis kesehatan, menyebutkan bahwa tergabung dalam komunitas dengan orang-orang yang hobinya sama mampu memperluas koneksi pertemanan. Ini karena kamu akan berdiskusi dan membicarakan terkait hobi yang sama sehingga hubungan pun berpotensi akan berjalan dalam jangka waktu panjang.

3. Jangan bersikap judgemental

5 Cara Bangun Koneksi Pertemanan di Dunia Kerja, Menunjang Karier!Ilustrasi berbincang dengan orang lain (unsplash.com/Christina@wocintechchat.com)

Kesulitan mencari teman bisa disebabkan karena beberapa orang enggan untuk berinteraksi dengan kita. Hal tersebut bisa saja disebabkan akibat kamu kurang welcome dengan orang-orang.

Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu bersikap terbuka dan gak judgemental dengan orang baru. Melansir bustle.com, Courteney Larocca, seorang lulusan sosiologi, menuliskan bahwa kita harus memvalidasi sudut pandang orang lain, agar mereka tahu bahwa kita menghargai keberadaannya.

Dengan begitu, mereka gak akan ragu untuk menjalin pertemanan dengan kamu dan pada akhirnya, koneksi pertemanan pun akan lebih mudah untuk dibangun. Jangan langsung bersikap judgemental, ya!

Baca Juga: 5 Gaya Bicara Ini Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu Tipe yang Mana? 

4. Terus jalin komunikasi dengan baik

5 Cara Bangun Koneksi Pertemanan di Dunia Kerja, Menunjang Karier!Ilustrasi hangout dengan teman (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Andrea Bonior menyebutkan bahwa banyak orang yang hanya berhenti di perkenalan saja. Padahal, sebaiknya cobalah untuk tetap menjalin komunikasi dan interaksi dengan kenalanmu.

Kamu bisa mencoba mengajak mereka diskusi, jalan-jalan, atau bertemu untuk mengobrol ringan. Semakin luas koneksi pertemanan, maka semakin luas pula koneksi untuk menunjang karier.

5. Jadilah Pribadi yang Positif, Baik, dan Jangan Ragu untuk Menolong Sesama

5 Cara Bangun Koneksi Pertemanan di Dunia Kerja, Menunjang Karier!Ilustrasi menolong sesama (unsplash.com/Annie Spratt)

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan bersikap baik dan jangan ragu untuk menolong orang lain, meskipun kamu gak mengenal orang tersebut. Dengan begitu, mereka akan mengenalmu sebagai orang baik.

Dampaknya, bukan hal yang gak mungkin jika suatu saat mereka gak ragu untuk membantumu, termasuk dalam dunia karier. Kaitlin Vogel menyebutkan, penelitian telah menemukan fakta bahwa bersikap baik dan selalu menolong terbukti menghasilkan hasil yang positif.

Kamu hanya perlu melakukan hal-hal kecil, seperti tersenyum, bersikap ramah, memberikan kontribusi untuk hal yang sedang mereka butuhkan, dan sebagainya. Koneksi pertemanan yang luas pun terbukti dapat memberikan banyak keuntungan untuk kehidupan di masa mendatang.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membangun koneksi pertemanan. Jangan ragu untuk memulai beberapa cara di atas bila ingin punya peluang karier yang baik di masa depan, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Rekan Kerja Pasif Agresif, Lingkungan Kerja Jadi Toxic

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya