Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja Baru, Kontrol Ekspektasi!

Kamu wajib juga membangun koneksi baik dengan rekan kerja

Mendapatkan pekerjaan baru tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi mayoritas orang. Namun, gak sedikit orang yang mengalami kecemasan ketika akan bekerja di tempat baru.

Kecemasan ini bahkan muncul ketika kamu belum memulai pekerjaan tersebut. Melansir choosingtherapy.com, Laura Handrick, seorang aktivis di bidang Human Resources Management, menyebutkan bahwa mengalami rasa cemas di tempat kerja baru merupakan hal yang wajar.

Namun, hal tersebut menjadi gak wajar ketika rasa cemas itu mengganggu kesehatan. Oleh sebab itu, inilah beberapa cara mengatasi kecemasan di tempat kerja baru yang perlu kamu tahu.

1. Melakukan validasi diri

5 Cara Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja Baru, Kontrol Ekspektasi!Ilustrasi melakukan validasi diri (unsplash.com/ Giulia Bertelli)

Ketika kamu merasa cemas sebelum memulai pekerjaan di tempat kerja baru, ingatlah bahwa mereka memilihmu bukan tanpa alasan. Dari sekian banyak pelamar, kamu adalah salah satu orang yang terpilih.

Melansir lifehack.org, Chris Lovett, seorang pembicara di TEDx dan career mentor, menuliskan bahwa kamu perlu memvalidasi dirimu sendiri sebelum memulai pekerjaan baru. Yakinkan dan tanamkan dalam hati bahwa kamu layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Lalu, lakukanlah yang terbaik untuk tim dan perusahaan yang telah memilihmu.

2. Bersosialisasi dan membangun koneksi dengan rekan kerja

5 Cara Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja Baru, Kontrol Ekspektasi!Ilustrasi membangun koneksi dengan rekan kerja (unsplash.com/Brooke Cagle)

Salah satu faktor yang paling memengaruhi kinerja seseorang adalah rekan kerja. Ketika pertama kali bekerja di suatu tempat, cobalah untuk membangun koneksi yang baik dengan rekan kerja.

Mungkin saja kan rekan kerjamu mengalami kecemasan yang serupa sehingga kamu dapat berdiskusi terkait rasa cemas itu agar segera mereda. Selain itu, melansir betterup.com, Wol Maggie, seorang managing editor dan peneliti di bidang karier dan organisasi, menyebutkan bahwa memiliki koneksi yang baik dengan rekan kerja akan membantumu meredakan kecemasan.

Bahkan, hubungan yang baik dengan rekan kerja dapat membuat kita merasa lebih rileks. Sehingga, akan berpengaruh pula terhadap kinerja dan kolaborasi tim untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Mengontrol ekspektasi selama bekerja

5 Cara Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja Baru, Kontrol Ekspektasi!Ilustrasi orang melamun ketika bekerja (unsplash.com/Magnet.me)

Cara berikutnya adalah dengan mengontrol ekspektasi terhadap pekerjaan yang baru saja kamu jalankan. Jangan terlalu tinggi karena jika gak berjalan sesuai harapan, maka kamu akan merasa kecewa dan rasa cemas pun bertambah.

Chris Lovett menjelaskan, ketika memulai pekerjaan di tempat kerja baru sebaiknya simpan terlebih dahulu sifat perfeksionis. Biarkan dirimu mengenal terlebih dahulu sistem kerja, rekan kerja, dan suasana di tempat kerja baru, sehingga gak terburu-buru untuk menaruh ekspektasi yang besar di hari pertamamu bekerja.

Baca Juga: 5 Masalah Pekerjaan yang Tidak Harus Disikapi dengan Resign

4. Tetap sabar dan terima feedback dengan baik

5 Cara Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja Baru, Kontrol Ekspektasi!Ilustrasi memberikan feedback (unsplash.com/charlesdeluvio)

Ketika pertama kali melakukan pekerjaan di tempat baru, mungkin banyak hal yang belum kamu ketahui. Bahkan, kamu pun melakukan kesalahan pertama di tempat kerjamu. Ingat, jangan jadikan itu sebagai beban dalam pikiranmu!

Laura Handrick menuliskan, gak perlu langsung mengetahui semua hal di tempat kerja dan langsung bekerja secara sempurna. Tetaplah sabar untuk menikmati proses di tempat kerja barumu. Jangan lupa, terima semua feedback yang diberikan atasan atau rekan kerja karena itu akan membantumu beradaptasi di budaya atau suasana tempat kerja tersebut.

5. Apresiasi diri dan lakukan self reward

5 Cara Mengatasi Kecemasan di Tempat Kerja Baru, Kontrol Ekspektasi!Ilustrasi apresiasi diri (unsplash.com/Jackson David)

Ketika kamu sudah menyelesaikan hari pertama bekerja, jangan lupa untuk melakukan apresiasi diri. Jika memungkinkan, berikan hadiah kecil untuk diri sendiri, seperti makan enak, pergi ke tempat yang diinginkan, dan sebagainya.

Wol Maggie menjelaskan, setiap kali kamu melakukan pekerjaan dengan baik, pastikan untuk selalu memberikan apresiasi terhadap diri sendiri. Bahkan, ketika kamu berhasil melewati hari ini, berikan pula apresiasi terhadap dirimu. Ini karena semakin sering kita melakukan apresiasi diri, maka kepercayaan diri kita pun akan semakin meningkat. 

Beberapa cara di atas dapat kamu terapkan ketika mengalami kecemasan saat melakukan pekerjaan di tempat baru. Pada dasarnya rasa cemas ketika bekerja di tempat baru memang wajar terjadi, jadi tetaplah percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa melewati semuanya.

Baca Juga: 5 Tips jadi Penulis Tanpa Meninggalkan Pekerjaan Utama

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya