Comscore Tracker

5 Faktor yang Menjadi Penghambat Kesuksesan, Catat dan Pahami!

Bisa saja gak kamu sadari

Setiap manusia, memiliki target dan standar suksesnya masing-masing. Namun sayangnya, masih banyak orang yang mengalami kesulitan untuk mencapai kesuksesan tersebut sehingga merasa hanya 'berjalan di tempat'.

Terkadang, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor internal dan gak banyak orang yang menyadari faktor-faktor tersebut. Padahal, faktor itulah yang menjadi penghambat kesuksesan. Oleh sebab itu, simak beberapa faktor-faktor penghambat kesuksesan yang perlu kamu tahu di bawah ini.

1. Kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan

5 Faktor yang Menjadi Penghambat Kesuksesan, Catat dan Pahami!Ilustrasi menunda pekerjaan (unsplash.com/Nubelson Fernandes)

Menunda suatu pekerjaan telah menjadi kebiasaan umum yang dimiliki oleh orang-orang. Biasanya, akan banyak pula orang yang menganggap bahwa pekerjaannya masih bisa dikerjakan nanti saja, karena tenggat waktunya masih lama. 

Dilansir Lifehack, Jessica Agyekum, seorang entrepreneur di kanal Etsy, menyebutkan kebiasaan menunda dan kesuksesan gak akan bisa hidup bersama. Jika ada kebiasaan menunda, maka kesuksesan pun akan sulit digapai. Maka dari itu, hentikan kebiasaan menunda mulai dari sekarang, agar gak menjadi penghambat kesuksesanmu.

2. Kurangnya sikap disiplin

5 Faktor yang Menjadi Penghambat Kesuksesan, Catat dan Pahami!Ilustrasi disiplin saat bekerja (unsplash.com/Tran Mau Tri Tam)

Gak bisa dipungkiri, kedisiplinan memang menjadi aspek terpenting di dalam diri. Kalau gak disiplin, maka tujuan hidup pun mungkin akan semakin gak terencana.

Dilansir Success, Harvey Mackay, seorang businessman dan columnist, menyebutkan bahwa seseorang yang telah mencapai kesuksesan, gak mungkin melakukannya tanpa sikap disiplin. Sikap disiplin ini membutuhkan pengendalian diri yang kuat sehingga kamu perlu memperjelas apa tujuan hidup kamu dan tetap fokus untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Takut akan kegagalan

5 Faktor yang Menjadi Penghambat Kesuksesan, Catat dan Pahami!Ilustrasi mengalami kegagalan (unsplash.com/Ben White)

Masih banyak orang yang memiliki sikap takut akan kegagalan. Terkadang, ketakutan ini akhirnya membuat orang-orang tersebut memutuskan untuk gak berusaha dan berjuang mencapai cita-citanya.

Jessica Agyekum menyebutkan, jika kamu takut menghadapi kegagalan, maka kamu belum siap untuk sukses. Kita gak akan mengetahui sesuatu yang benar, jika gak mengetahui sesuatu yang salahnya seperti apa.

Begitu pun dengan kegagalan, kita gak akan mengetahui keberhasilan, kalau belum pernah mengalami momen gagal. Pada dasarnya, kegagalan merupakan batu loncatan untuk meraih kesuksesan.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Tak Pernah Puas meski Sudah Meraih Kesuksesan, Ada Leo!

4. Enggan untuk belajar hal baru

5 Faktor yang Menjadi Penghambat Kesuksesan, Catat dan Pahami!Ilustrasi belajar hal baru (unsplash.com/Windows)

Perlu diketahui, banyak orang yang sukses karena terus menerus belajar tentang suatu hal. Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap bahwa dirinya telah mengetahui banyak hal.

Dilansir Lifehack, Chris Ellis, seorang penulis sukses dan life coach, menyebutkan bahwa orang-orang yang menganggap dirinya telah mengetahui banyak hal, biasanya enggan untuk belajar. Pada kenyataannya, dunia ini sangat luas, sehingga kamu harus mau membuka diri untuk selalu belajar hal baru.

5. Selalu mencari cara mudah atau jalan pintas

5 Faktor yang Menjadi Penghambat Kesuksesan, Catat dan Pahami!Ilustrasi menyusun sebuah proses (unsplash.com/Kaleidico)

Dalam menggapai kesuksesan, proses menjadi hal penting yang harus dijalankan. Sayangnya, banyak orang yang enggan untuk menjalankan proses dan lebih memilih untuk melakukan jalan pintas.

Dilansir Lifehack, Mike Oppland, seorang lulusan business management dan motivator, menyebutkan bahwa orang-orang sukses gak mencari jalan hidup mudah, namun mengambil proses yang panjang. Artinya, kamu perlu mengambil sebuah proses, agar mengetahui peluang, potensi, dan kendala yang ada dalam diri kamu. Hal itulah yang nantinya membantu kamu untuk meraih kesuksesan.

Itulah beberapa faktor yang tanpa sadar menjadi penghambat dalam kesuksesan. Apabila kamu merasa terdapat beberapa faktor di atas ada dalam dirimu, maka segera perbaiki dan tetap berjuang untuk meraih kesuksesan. Ingat, gak ada yang gak mungkin dari mimpi serta cita-citamu, asalkan kamu mau berjuang, berusaha, dan berproses dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jaringan Pertemanan Demi Kesuksesan di Masa Depan

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya