Comscore Tracker

Merasa Gaji Rendah? Kenali 5 Tanda Kamu Underpaid di Tempat Kerja

Setiap pekerja wajib mengetahui hal ini!

Dalam perusahaan, bukan hal yang gak mungkin kamu underpaid atau digaji rendah oleh atasan. Underpaid biasanya terjadi ketika pekerjaan yang kamu lakukan gak sebanding dengan gaji dari perusahaan.

Sebagai karyawan, sebaiknya kamu mengetahui apakah gaji yang kamu terima memang sudah sewajarnya atau belum. Jika masih ragu, simak di bawah ini beberapa tanda kamu digaji rendah atau underpaid.

1. Daftar pekerjaan serupa di perusahaan lain menawarkan gaji yang lebih tinggi

Merasa Gaji Rendah? Kenali 5 Tanda Kamu Underpaid di Tempat KerjaIlustrasi orang yang sedang bekerja dengan laptop (pexels.com/Christina Morillo)

Tanda pertama ini menjadi yang paling jelas, kamu bisa mencoba mencari tahu melalui internet atau situs web. Kamu bisa melihat beberapa posisi atau pekerjaan yang sama denganmu di berbagai perusahaan lain.

"Kamu dibayar rendah, jika sudah survei gaji dan menemukan bahwa gaji rata-rata dengan pekerjaan yang sama denganmu secara signifikan lebih tinggi darimu saat ini," jelas Liz Ryan, seorang Vice President of Human Resources, dilansir Forbes.

Oleh sebab itu, jika kamu memang mempertanyakan dan ragu apakah gajimu sudah layak atau belum. Cobalah untuk melakukan cara termudah ini, kamu juga bisa mengunjungi situs web survei gaji dan melihat posisi pekerjaan yang sama denganmu.

2. Kamu diberi tanggung jawab baru, tetapi gaji masih tetap sama

Merasa Gaji Rendah? Kenali 5 Tanda Kamu Underpaid di Tempat KerjaIlustrasi sedang bekerja keras (pexels.com/Tim Gouw)

Tanda lainnya bisa kamu rasakan jika atasan memberi tanggung jawab baru, tetapi gajimu masih tetap sama. Dilansir Zippia, Caitlin Mazur, seorang writer dan young adult author, menyebutkan bahwa tanda underpaid bisa kamu lihat dari tanggung jawab yang sedang kamu pikul saat ini di tempat kerja.

Kamu perlu waspada jika tanggung jawab serta pekerjaanmu kamu lebih besar daripada yang telah disepakati sebelumnya. Namun, kamu gak mengalami peningkatan gaji sama sekali. Maka dapat disebutkan bahwa kamu memang digaji rendah.

3. Pendapatan perusahaan mengalami peningkatan, tetapi gajimu tetap sama

Merasa Gaji Rendah? Kenali 5 Tanda Kamu Underpaid di Tempat KerjaIlustrasi sedang bekerja (pexels.com/Andrew Neel)

Dalam sebuah perusahaan besar, biasanya gaji karyawan akan turut bertambah jika pendapatan perusahaan pun meningkat. Oleh sebab itu, tanda berikutnya bisa kamu lihat dari pendapatan perusahaan.

"Jika kamu mengetahui fakta bahwa perusahaan mengalami pertumbuhan, setidaknya 20 persen dalam setahun, tetapi gaji kamu masih di bawah rata-rata, ini bisa memperkuat argumen untuk kenaikan gaji," ujar Lynn Taylor, seorang national workplace expert, dilansir Insider.

Sebaiknya kamu juga update terkait pendapatan perusahaan. Jika perusahaan mengalami kenaikan yang signifikan dan gajimu masih sama, maka bisa jadi kamu memang underpaid atau digaji rendah.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Menyepelekan Gaji Kecil, Jangan Sembarangan!

4. Kamu telah bekerja beberapa tahun, tetapi gak mengalami peningkatan gaji

Merasa Gaji Rendah? Kenali 5 Tanda Kamu Underpaid di Tempat KerjaIlustrasi karyawan dan atasannya (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Menurut Caitlin Mazur, jika kamu telah bekerja di perusahaan dengan atasan yang sama, tetapi gajimu gak mengalami peningkatan, kemungkinan kamu memang dibayar rendah. Dalam sebuah perusahaan, sudah menjadi hal yang wajar untuk menegosiasikan gaji.

Terlebih jika kamu sudah bekerja cukup lama di perusahaan tersebut, dengan atasan yang masih sama. Caitlin Mazur menambahkan, menegosiasikan gaji yang lebih tinggi setiap tahunnya bisa membantu memastikan bahwa kamu memang dibayar adil. Jika sudah bernegosiasi, namun gaji tetap sama, maka menjadi tanda bahwa kamu underpaid di tempat kerja.

5. Rekan kerjamu dibayar lebih tinggi

Merasa Gaji Rendah? Kenali 5 Tanda Kamu Underpaid di Tempat KerjaIlustrasi karyawan dan rekan kerjanya (pexels.com/Edmond Dantès)

Kamu juga bisa mengenali tanda underpaid dengan melihat gaji dari rekan kerja. Cobalah mencari rekan kerja yang posisi dan tanggung jawabnya sama denganmu. Caitlin Mazur menyebutkan, jika rekan kerja dengan pengalaman dan pendidikan yang sama gajinya lebih besar, maka bisa menjadi salah satu tanda underpaid.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan kualifikasi kamu dan rekan kerja. Jika kualifikasinya sama dan gajinya berbeda, kemungkinan besar kamu digaji rendah oleh perusahaan.

Itulah beberapa tanda yang bisa diketahui jika kamu underpaid atau dibayar rendah di tempat kerja. Kamu juga bisa melakukan negosiasi dengan atasan, agar gajimu segera dinaikkan.

Baca Juga: 5 Tips Amankan Gaji dari Pemborosan, Harus Lebih Bijak

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Lulus di jurusan sastra, tapi cita-citanya jadi anime

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya