Comscore Tracker

5 Cara Elegan Hadapi Komentar Negatif Orang Lain pada Pencapaianmu

Sering dibicarakan di belakang? Jangan sewot dulu, ya...

Gak semua orang rendah hati dan punya attitude baik. Entah itu berkarier di kantor maupun jadi pebisnis, selalu ada segelintir orang yang gak suka dengan pencapaian yang melebihi kesuksesannya. Meski ia adalah rekan kerja atau relasi bisnis sendiri, kalau sudah berhati dengki, bawaannya bakal selalu iri.

Kamu pasti jengah menghadapi tipe orang semacam ini. Apalagi saat ia terus-terusan menyindir kesuksesanmu di belakang, bahkan seolah ingin menjatuhkanmu. Jangan dulu terpancing emosi, ya! Sebab salah langkah, keadaan malah bisa semakin parah. Supaya kamu tetap gemilang dan berkelas, hadapi saja ocehannya dengan cara-cara berikut!

1. Gak perlu buang energi untuk membalas ocehannya

5 Cara Elegan Hadapi Komentar Negatif Orang Lain pada Pencapaianmufreepik.com/freepik

Tetap jaga suasana hatimu dengan mengalihkan rasa kesal pada kegiatan yang kamu sukai. Ini jauh lebih baik ketimbang membalas ocehannya. Kamu diam pun, dia sudah gak suka. Kebayang kan kalau kamu ikut membalas, kebenciannya terhadapmu bisa semakin buruk. Mengabaikan komentar negatif, secara gak langsung menunjukkan kalau yang dia katakana itu salah dan kamu gak peduli.

2. Tetap rendah hati dengan tidak memamerkan kesuksesan, biarkan orang lain yang menilai

5 Cara Elegan Hadapi Komentar Negatif Orang Lain pada Pencapaianmufreepik.com/freepik

Membalas komentar negatifnya dengan memamerkan kesuksesanmu, juga bukan langkah yang tepat. Jangan memancing orang lain untuk iri, sebab siapapun gak suka pada orang sombong yang menonjolkan kesuksesannya. So, biarkan saja orang lain yang menilai sejauh mana pencapaianmu. Tetaplah jadi pribadi yang rendah hati.

3. Tetap semangat berkarya dengan teman yang mendukung, jangan fokus pada dia yang benci

5 Cara Elegan Hadapi Komentar Negatif Orang Lain pada Pencapaianmufreepik.com/freepik

Inilah cara paling elegan membalas kebencian orang pada pencapaianmu. Daripada memikirkan omongan buruknya, lebih baik isi waktumu dengan belajar mengembangkan diri. Berkumpullah dengan teman-teman yang mendukungmu. Jangan abaikan kehadiran mereka dengan sibuk memikirkan orang yang membencimu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Menyepelekan Masalah Orang Lain

4. Jika sikapnya keterlaluan, kamu bisa hadapi secara langsung, jangan main “belakang” sepertinya

5 Cara Elegan Hadapi Komentar Negatif Orang Lain pada Pencapaianmufreepik.com/cookie-studio

Kesalahan fatal memang sudah seharusnya diperingatkan. Temui saja ia secara langsung untuk membicarakan masalah yang terjadi. Tanyakan padanya sikapmu yang mana yang bikin dia rugi. Kalau memang ada, cobalah meminta maaf meski itu berat. Namun saat kebenciannya tidak beralasan, kamu gak perlu bersikeras memperbaiki hubungan, sebab karakter buruknya memang sulit kamu ubah.

5. Tunjukkan kalau kamu orang yang sportif dan gak suka balas dendam 

5 Cara Elegan Hadapi Komentar Negatif Orang Lain pada Pencapaianmufreepik.com/katemangostar

Biarkan saja dia dengan komentar negatifnya, sebab sebenarnya dia sedang memperburuk kondisi hatinya sendiri. Tetaplah bersikap bijak, misalnya dengan memberi ucapan selamat pada keberhasilannya. Kebaikanmu mungkin gak bisa mengubahnya, tapi sikap ini menunjukkan kalau kondisi hatimu damai dan gak terpengaruh untuk balas dendam.

Itulah kelima cara berkelas menghadapi komentar negatif orang yang gak suka pada pencapaianmu. Intinya, menuruti emosi untuk membalas dendam bukanlah langkah yang tepat.

Baca Juga: 5 Bahan Pertimbangan sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya