Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Hal yang Bikin Artikel Pemula Ramai Pembaca ala SEO Expert

Makin banyak yang baca, makin cuan! #IWF2021

Menulis di dunia digital merupakan kegiatan yang tak bisa lepas dari search engine optimization (SEO). Kegiatan menulis untuk tujuan komersial atau untuk meningkatkan kunjungan pembaca harus memiliki SEO yang baik.

Dengan SEO yang baik, traffic kunjungan terhadap artikel yang kamu tulis akan makin tinggi. Artikel yang memiliki SEO yang baik juga bisa membuat pembaca memberikan perhatian lebih pada tulisanmu.

Penting, nih, untuk pemula atau para penulis kreatif agar tulisannya bisa banyak yang baca. Melalui Indonesia Writers Festival 2021, IDN Times memberimu berbagai tips yang bisa bikin tulisanmu ramai pembaca. Yuk, simak penjelasan dari Jumawan Syahrudin, SEO Expert IDN Times, berikut ini!

1. Pahami kata kunci yang paling banyak dicari pembaca

IWF 2021: 5 Hal yang Bikin Artikel Pemula Ramai Pembaca ala SEO ExpertIndonesia Writers Festival 2021 (youtube.com/IDN Times)

Tulisanmu akan makin banyak pengunjung jika menuliskan kata kunci yang banyak dicari pembaca. Kamu bisa, nih, menuliskan kata kunci tersebut dalam bentuk short-tail keywords atau long-tail keywords. 

Ketika kamu membutuhkan informasi, kamu akan mencari di mesin pencari dengan menuliskan beberapa kata kunci. Artikel kamu harus bisa dicari dengan kata kunci minimal 1—2 kata untuk kategori kata kunci yang pendek atau lebih dari dua kata untuk kategori yang panjang. Jangan khawatir untuk mengetahui tren yang lagi naik banget. Kamu bisa, kok, mencari salah satunya melalui Google Trends.

2. Perhatikan jumlah kata yang kamu tulis dalam sebuah artikel

IWF 2021: 5 Hal yang Bikin Artikel Pemula Ramai Pembaca ala SEO Expertilustrasi bekerja produktif (unsplash.com/chuklanov)

Banyak atau tidaknya kata yang digunakan ternyata berpengaruh, lho. Artikel yang SEO-friendly biasanya memiliki sekitar 500 kata untuk kategori listicle. Makin banyak kata yang kamu gunakan membuat artikelmu makin berada di posisi teratas.

Menuliskan informasi yang lebih informatif dan lengkap juga akan makin membuat artikelmu ramai pengunjung. Jadi, kamu bisa mulai menggali dan menuliskan informasi selengkap mungkin agar tulisanmu semakin banyak yang baca.

Baca Juga: IWF 2021: Udah Tahu? Ini Perbedaan SEO dan SEM dalam Penulisan Artikel

3. Jangan lupa menempatkan kata kunci pada beberapa bagian dalam artikel

IWF 2021: 5 Hal yang Bikin Artikel Pemula Ramai Pembaca ala SEO ExpertIndonesia Writers Festival 2021 (youtube.com/IDN Times)

Makin banyak kamu menempatkan kata kunci, makin memancing pembaca untuk berkunjung. Kamu bisa menempatkan kata kunci pada beberapa bagian penting dalam artikelmu.

Biasanya kata kunci tersemat pada URL, judul, paragraf awal, subjudul, hingga paragraf akhir. Kamu bisa juga menggunakan variasi kata kunci dengan mengatur tata letak penggunaan kata kunci tersebut sesuai kreativitasmu.

4. Perhatikan meta title dan meta description dari artikelmu

IWF 2021: 5 Hal yang Bikin Artikel Pemula Ramai Pembaca ala SEO Expertilustrasi sedang berpikir mencari ide menulis (unsplash.com/brucemars)

Kedua hal tersebut penting untuk diketahui, karena pada proses pencarian, meta title merupakan judul artikel yang akan muncul pada hasil pencarian. Makin unik meta title yang kamu miliki, tentu membuat artikelmu makin dilirik pengunjung. Jangan lebih dari 60 karakter, ya, agar SEO-friendly!

Begitu pun dengan meta description, yang merupakan rangkuman singkat dari isi artikel yang kamu buat. Biasanya akan terlihat di bawah meta title yang muncul. Jangan terlalu panjang, maksimal 150 karakter sudah sangat baik.

5. Pentingnya internal links dan back links dalam sebuah artikel

IWF 2021: 5 Hal yang Bikin Artikel Pemula Ramai Pembaca ala SEO Expertilustrasi membuat artikel yang menarik (unsplash.com/glenncarstenspeters)

Sesuai dengan fungsinya, tautan (link) ditujukan untuk mengarahkan pembaca kepada artikel lain untuk dibaca. Link bisa terbagi dalam dua kategori, yakni internal links dan back links. Internal links biasanya mengarahkan pembaca kepada artikel lain yang masih dalam satu situs pencarian.

Sementara, back links mengarahkan pembaca ke link di luar situs yang sedang dibaca. Makin banyak back links akan makin memiliki SEO yang baik dalam mesin pencari.

SEO penting untuk dipahami jika kamu sangat menginginkan tulisanmu berada di halaman pertama mesin pencarian. Jadi, artikelmu lebih mendapat perhatian dari para pembaca nih!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang, seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak lainnya

Baca Juga: IWF 2021: Ini 8 Tip Menulis Artikel yang SEO Friendly

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya