Comscore Tracker

5 Kelebihan yang Bisa Kamu Rasakan saat Menjadi Seorang Freelancer

#IDNTimesLife Punya waktu kerja sesuka hati

Bekerja sebagai seorang freelance atau pekerja lepas menjadi salah satu yang paling diminati oleh millenial masa kini. Tak ingin terikat jam kerja kantor dan memiliki atasan yang membuat tertekan menjadi satu dari sekian banyaknya alasan yang membuat banyak orang ingin menjadi freelancer.

Buat kamu yang masih ragu ingin memulai berkarir sebagai freelancer bisa mempertimbangkan lima hal berikut. Apa saja sih kelebihannya menjadi seorang freelancer?

1. Pekerjaan adalah passion, sehingga tidak ada beban 

5 Kelebihan yang Bisa Kamu Rasakan saat Menjadi Seorang Freelancerilustrasi mengerjakan proyek freelance (unsplash.com/davideibiza)

Siapa yang tak senang jika bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki? Sangat jarang orang bisa menekuni pekerjaan yang sesuai dengan kesukaan dan keahliannya. Tak banyak orang berani keluar dari zona nyaman mengerjakan sesuatu yang sebenarnya tak terlalu disukai.

Menjadi freelancer bisa kamu pilih saat kamu ingin berkarya sesuai dengan passion yang kamu miliki. Seperti misalnya menjadi penulis, penerjemah, freelance dalam bidang desain grafis, fotografi, pemrograman dan sebagainya.

2. Punya jam dan tempat kerja yang sangat fleksibel 

5 Kelebihan yang Bisa Kamu Rasakan saat Menjadi Seorang Freelancerilustrasi miliki jam dan kerja yang fleksibel (unsplash.com/josephgruenthal)

Jam dan tempat kerja yang fleksibel tidak akan kamu dapatkan saat bekerja di perusahaan atau kantoran. Sebaliknya, memiliki jam dan tempat kerja yang sangat fleksibel bisa kamu rasakan saat menjadi seorang freelancer.

Kamu bebas menentukan kapan jam kerja, tempat kerja, kapan waktu istirahat, hingga kapan waktu liburan. Tak masalah kamu mau bekerja pagi buta, tengah hari hingga malam hari, asalkan kamu tahu bagaimana mengaturnya saat bertemu dengan deadline yang kamu punya.

Baca Juga: Untuk Kamu Freelancer, Ini 5 Cara Atur Waktu dan Keuangan 

3. Kamu bertanggung jawab untuk dirimu sendiri 

5 Kelebihan yang Bisa Kamu Rasakan saat Menjadi Seorang Freelancerilustrasi tanggung jawab seorang freelancer (unsplash.com/dtbosse)

Kamu adalah atasan sekaligus bawahan saat bekerja. Kamu juga adalah quality control terhadap hasil kerjamu sendiri. Bukannya orang lain, tetapi kamu bertanggung jawab atas apapun yang kamu kerjakan. Di situlah pentingnya meningkatkan skill dan kapabilitas diri dalam melakukan pekerjaan yang kamu tekuni. Sehingga para klien akan semakin banyak memakai jasamu.

4. Bisa menentukan income yang sesuai dengan keahlianmu 

5 Kelebihan yang Bisa Kamu Rasakan saat Menjadi Seorang Freelancerilustrasi memiliki penghasilan (unsplash.com/sharonmccutcheon)

Menariknya menjadi seorang freelancer adalah kamu bebas menentukan tarifmu sendiri. Artinya, kamu bebas mematok harga yang kamu rasa pantas untuk membayar karya yang telah kamu buat.

Tetapi tentu ada harga, ada rupa, artinya kamu juga tidak bisa seenaknya mematok harga tinggi sementara hasil kerjamu terhitung biasa saja. Kamu tetap harus meningkatkan kualitas dan jam terbang agar harga yang kamu tawarkan bisa semakin tinggi pula.

5. Kamu bisa memiliki jejaring kerja yang sangat luas 

5 Kelebihan yang Bisa Kamu Rasakan saat Menjadi Seorang Freelancerilustrasi memiliki partner dalam bekerja (unsplash.com/wildlittlethingsphoto)

Selain income yang cukup menjanjikan, kamu juga bisa memiliki jejaring kerja yang cukup luas. Klienmu dapat berasal dari berbagai macam latar belakang orang. Semakin baik dan menjanjikan karya yang kamu hasilkan, maka akan semakin banyak pula orang dengan latar belakang profesional yang akan memakai jasamu. Selain itu penting juga untuk terus memasarkan jasa agar semakin banyak orang yang melihat kemampuanmu.

Menjadi freelancer memang tidak menjanjikan kamu memiliki pendapatan yang tetap setiap bulannya. Tetapi jika kamu tekun, bukan tak mungkin kamu bisa miliki banyak keuntungan yang tak didapat saat kamu bekerja kantoran. Jadi, sudah tertarik?

Baca Juga: 6 Tips Jitu Kelola Keuangan bagi Freelancer

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya