Comscore Tracker

5 Soft Skill Utama yang Harus Dimiliki Semua Level Pekerja

Setiap pekerja harus punya kemampuan ini

Kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang sangat berbeda-beda baik itu berupa soft skill maupun hard skill. Baik itu dari level karyawan ataupun staff hingga ke jajaran direksi  penting untuk memiliki soft skill.

Dunia kerja adalah tempat berkumpulnya berbagai macam karakter orang dan kemampuan. Terlepas dari latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimiliki, setidaknya setiap pekerja harus memiliki soft skill utama berikut ini.

1. Kemampuan berkomunikasi dengan baik

5 Soft Skill Utama yang Harus Dimiliki Semua Level Pekerjaunsplash.com/Austin Distel

Komunikasi adalah hal penting pertama yang harus dimiliki dalam lingkungan kerja. Dikarenakan komunikasi adalah kunci dari tersampainya informasi dengan baik dari pemberi informasi ke penerima informasi. Sehingga komunikasi adalah hal utama di berbagai hirarki level pekerja.

Jika komunikasi berjalan dengan baik, maka akan memperkecil terjadinya kesalahpahaman antara berbagai pihak. Kemampuan berkomunikasi yang baik juga membuat berjalannya sebuah sistem sesuai dengan standar yang diinginkan dalam lingkungan kerja.

2. Etika terhadap sesama pekerja dan terbuka dengan keberagaman

5 Soft Skill Utama yang Harus Dimiliki Semua Level Pekerjapixabay.com/Rawpixel

Etika dan moral adalah salah satu soft skill yang juga penting untuk dimiliki oleh pekerja. Setiap pekerja harus memiliki etika yang baik terhadap sesama pekerja maupun atasan. Pasalnya, dunia kerja adalah tempat yang sangat beragam dan penuh dengan berbagai macam karakter orang.

Sehingga sudah seharusnya kita harus saling menghargai dan menghormati. Sikap yang baik harus selalu ditunjukkan baik dalam kondisi apapun dalam menghadapi segala bentuk perbedaan.

3. Daya tahan menghadapi lingkungan kerja yang penuh tekanan

5 Soft Skill Utama yang Harus Dimiliki Semua Level Pekerjapexels.com/Energepic

Dunia kerja kenyataannya memang penuh dengan tekanan, baik itu dari tantangan pekerjaan, rekan kerja maupun dari atasan. Kemampuan untuk memiliki daya tahan dan bekerja di bawah tekanan adalah penting.

Satu hal yang harus dimengerti adalah bahwasanya dunia kerja memang tak seindah yang dibayangkan. Akan ada masanya dunia kerja terasa akan sangat berat dan sulit dilakukan, namun sebagai pekerja harus mampu untuk melaluinya.

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Harus Kamu Kuasai Supaya Tak Tergeser AI

4. Kemampuan bekerja sama dalam tim atau kolaborasi

5 Soft Skill Utama yang Harus Dimiliki Semua Level Pekerjapixabay.com/Free-photos

Terkadang dalam dunia kerja memerlukan sebuah kerjasama ataupun kolaborai yang melibatkan banyak pihak. Setiap pihak harus mampu untuk berkolaborasi dan menekan egonya masing-masing.

Perbedaan dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi harus dapat dikemukakan dan dieksekusi tanpa rasa dendam. Kita harus tetap selalu berpikiran kritis dan terbuka terhadap hal-hal baru dan berbeda, tidak selamanya harus memaksakan kehendak.

5. Mengendalikan emosi dan terbuka dengan kritik

5 Soft Skill Utama yang Harus Dimiliki Semua Level Pekerjapexels.com/Moose photos

Kritik dan saran adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan diri seseorang. Terlebih lagi dalam dunia kerja yang penuh dengan dinamika. Tak dapat dipungkiri terkadang tekanan pekerjaan membuat seseorang sulit mengendalikan emosi. Namun, pengendalian emosi itu sangat penting dilakukan karena sangat berkaitan dengan kedewasaan mental seseorang. Oleh karenanya bijaklah dalam menghadapi setiap kritik, karena kritik itu penting bagi perkembangan seseorang.

Soft skill itu adalah kemampuan yang tidak bisa dipelajari dalam dunia akademisi secara eksplisit. Sehingga harus dibangun dari pribadi masing-masing dengan kematangan cara berpikir. Oleh karenanya soft skill itu penting dan selalu dibutuhkan dalam dunia kerja

Baca Juga: Susah Dikuasai, 8 Soft Skill Ini Justru Berguna untuk Seumur Hidup

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya