Comscore Tracker

5 Cara Tingkatkan Kemampuan Berpikir, Kerja makin Fokus, nih!

Mengalihkan overthinking, agar pikiran tetap fokus produktif

Memiliki kemampuan berpikir yang baik menjadi salah satu persyaratan yang kerap diajukan oleh perusahaan dalam merekrut pegawainya.

Pasalnya, hal tersebut sangat penting dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam dunia kerja. Kamu akan selalu dituntut untuk bisa mengembangkan diri, membuat keputusan yang cepat dan juga mengasah kreativitas.

Kamu bisa memulai meningkatkan kemampuan berpikir dengan lima cara berikut ini. Memang tidak mudah, namun jika sudah dilakukan rutin maka kamu terbiasa, kok.

1. Jangan berfokus tentang apa yang akan terjadi 

5 Cara Tingkatkan Kemampuan Berpikir, Kerja makin Fokus, nih!ilustrasi sedang merasa bosan (unsplash.com/magnetme)

Memikirkan sesuatu dengan matang memang menjadi hal penting, tetapi jangan sampai terlalu lama dalam mengambil sebuah keputusan. Kamu tidak perlu selalu berfokus pada kemungkinan buruk yang akan terjadi ke depannya.

Pasalnya, hal tersebut hanya akan membuatmu gelisah dan ragu dalam bertindak. Latih pikiran untuk bisa yakin terhadap keputusan yang akan diambil dengan pertimbangan yang ada.

2. Hindari overthinking, lebih baik tulis pemikiran kamu dan pilih yang terbaik 

5 Cara Tingkatkan Kemampuan Berpikir, Kerja makin Fokus, nih!ilustrasi menuangkan ide dengan menulis (unsplash.com/thoughtcatalog)

Daripada hanya memikirkan berbagai pemecahan masalah yang mungkin ada, lebih baik kamu menuangkannya dalam sebuah tulisan. Tulis berbagai cara alternatif, beberapa macam penyelesaian, kendala dan hasil yang mungkin akan terjadi.

Coretan-coretan tersebut akan lebih baik dalam memberikan gambaran penyelesaian yang bisa menjadi solusi terbaik. Kamu tinggal mengeliminasi beberapa kemungkinan yang terlalu lemah dan memilih yang lebih cocok dengan kebutuhan.

3. Berlatih untuk mengurangi multitasking

5 Cara Tingkatkan Kemampuan Berpikir, Kerja makin Fokus, nih!ilustrasi mengalami toxic productivity (unsplash.com/elisa_ventur)

Jangan mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan alias multitasking, karena kamu akan kehilangan fokus. Lebih baik, kamu menjaga konsentrasi terhadap satu hal dengan prioritas terpenting. Latih pikiranmu untuk bisa mementingkan satu hal tersebut hingga selesai.

Dengan begitu, kamu akan lebih memahami kondisi dan situasi yang sedang kamu hadapi. Kamu juga akan belajar mengatur waktu, agar semua yang kamu rencanakan bisa selesai dengan tenggat waktu yang kamu buat.

Baca Juga: Miliki 6 Cara Berpikir Ini untuk Modal Membangun Masa Depan

4. Buatlah banyak opsi untuk satu permasalahan dan pilih penyelesaian yang terbaik

5 Cara Tingkatkan Kemampuan Berpikir, Kerja makin Fokus, nih!ilustrasi seorang content creator (pexels.com/startup-stock-photos)

Setelah kamu bisa mengatur pikiran agar fokus terhadap satu hal, kini saatnya membuat banyak opsi. Kamu harus mulai berpikir, bagaimana caranya mencari jalan keluar dari berbagai sudut pandang.

Berpikirlah secara kreatif dan bangun pemikiran tak biasa yang akan membantumu menemukan pemecahan masalah. Jangan berpikir yang biasa, tetapi cari penyelesaian paling efektif dan efisien.

5. Bersihkan pikiran sebelum mulai berpikir sesuatu yang lebih dalam

5 Cara Tingkatkan Kemampuan Berpikir, Kerja makin Fokus, nih!ilustrasi perempuan kesulitan fokus (unsplash.com/siora18)

Jangan mencoba untuk bekerja atau menyelesaikan suatu permasalahan, ketika pikiranmu masih kalut. Terlebih hal tersebut membutuhkan pemikiran yang dalam dan matang. Lebih baik kamu eliminasi terlebih dahulu hal-hal yang tidak penting dalam pikiranmu, terutama yang tak ada kaitannya dengan hal tersebut.

Baru setelahnya, kamu bisa fokus untuk mengkaji lebih dalam mengenai hal yang akan kamu selesaikan. Hal ini akan membantumu mendapatkan keputusan yang terbaik.

Kemampuan berpikir menjadi satu modal penting yang bisa kamu kembangkan. Selain bermanfaat untuk dirimu, juga bisa meningkatkan kapabilitas kamu dalam dunia kerja. Oleh karena itu, kamu bisa mulai tingkatkan dengan lima cara di atas, ya!

Baca Juga: 5 Kemampuan yang Menandakan Kematangan Berpikir, Kamu Punya?

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya