Comscore Tracker

5 Keterampilan Dasar Ini Wajib Kamu Miliki untuk Bekerja di Perusahaan

Agar kamu memiliki nilai ‘jual’ lebih 

Ada banyak jenis pekerjaan yang menjadi incaran, dan bekerja di perusahaan adalah salah satunya. Terutama bagi para millennials, bekerja di perusahaan memiliki nilai tersendiri terlebih lagi di perusahaan multinasional. Saat kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut tentu ada banyak faktor yang harus dipenuhi. Termasuk di antaranya adalah kemampuan diri yang didukung oleh banyak keterampilan dasar.

Berikut ini merupakan lima keterampilan dasar yang wajib kamu miliki untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut!

1. Kemampuan berpikir kreatif  

5 Keterampilan Dasar Ini Wajib Kamu Miliki untuk Bekerja di Perusahaanunsplash.com/Bermix Studio

Perusahaan banyak mencari kandidat yang memiliki kemampuan yang satu ini. Orang yang bisa berpikir kreatif akan mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang sederhana. Selain itu juga orang tersebut dapat membuat berbagai alternatif dari solusi yang ada.

Dengan begitu penerapan solusi menjadi semakin praktis dan mudah untuk diterapkan ke dalam sistem. Sehingga berbagai macam permasalahan yang ada akan segera menemukan solusi termudahnya.

2. Cara bernegosiasi dan berdiplomasi yang baik 

5 Keterampilan Dasar Ini Wajib Kamu Miliki untuk Bekerja di Perusahaanunsplash.com/Sebastian Herman

Tentu dalam sebuah perusahaan tak akan lepas dari urusan negosiasi dan diplomasi. Akan ada banyak sekali momen di mana kamu dituntut untuk bisa menjalankan tugas dengan cara-cara tersebut. Untuk bisa melakukannya tentu kamu harus memiliki kemampuan bernegosiasi dan berdiplomasi yang baik.

Kamu harus bisa memahami karakter orang lain atau pun client yang sedang dihadapi. Jadi, mulailah berlatih agar kamu bisa memperdalam keterampilan yang satu ini.

Baca Juga: Gak Perlu Skill Khusus, Ini Trik Bernegosiasi dengan Atasan

3. Manajemen waktu 

5 Keterampilan Dasar Ini Wajib Kamu Miliki untuk Bekerja di Perusahaanunsplash.com/Aron Visuals

Siapa pun tahu bahwa waktu itu berharga, itulah mengapa kita dituntut untuk memiliki perencanaan yang baik terhadap waktu. Saat bekerja di perusahaan, waktu adalah teman terbaikmu. Akan ada banyak sekali deadline yang harus kamu kejar setiap harinya.

Jika kamu tidak memiliki manajemen waktu yang baik, maka kamu akan kesulitan nantinya. Kamu harus bisa memprioritaskan pekerjaan mana yang lebih urgent. Selain itu juga kamu harus bisa memperkirakan kapan penyelesaiannya, agar semua tugas bisa selesai tepat waktu.

4. Komunikasi interpersonal yang efektif 

5 Keterampilan Dasar Ini Wajib Kamu Miliki untuk Bekerja di Perusahaanunsplash.com/Dylan Gillis

Keterampilan selanjutnya yang tak kalah penting adalah komunikasi interpersonal. Komunikasi ini melibatkan dua orang atau lebih secara tatap muka. Tak hanya melalui kalimat, komunikasi ini juga mengandalkan gestur tubuh, ekspresi wajah dan cara berbicara.

Kamu harus bisa memiliki kemampuan komunikasi ini untuk kebutuhan mendelegasikan sesuatu kepada orang lain. Sehingga orang lain mampu menangkap maksud yang sedang kamu utarakan.

5. Kecakapan dalam bekerja secara tim atau mandiri 

5 Keterampilan Dasar Ini Wajib Kamu Miliki untuk Bekerja di Perusahaanpexels.com/Fauxels

Bekerja secara tim maupun mandiri adalah kemampuan yang juga harus kamu miliki. Kamu tidak bisa menjadi egois dan mementingkan diri sendiri saat sedang harus bekerja sama dengan orang lain.

Kamu dituntut untuk bisa bekerja dalam segala lingkup kebutuhan pekerjaan. Bekerja di bawah tekanan juga harus kamu hadapi ketika sedang mendapatkan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu sendiri.

Semua keterampilan di atas harus bisa kamu kuasai dan latih agar memberikan dampak positif untuk dirimu dan perusahaan. Selain baik untuk jenjang kariermu juga baik untuk proses pengembangan diri.

Baca Juga: Ingin Cepat Kaya? 5 Skill Ini Harus Kamu Kuasai 

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya