Comscore Tracker

5 Modal Dasar Penulis Hasilkan Karya yang Menarik, Harus Imajinatif!

Menyampaikan pesan lewat tulisan

Usaha yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis memang tergolong susah-susah gampang. Ada orang yang memang memiliki bakat menulis tetapi ada juga yang menjadi ahli karena banyak berlatih. Tentu modal peralatan menulis saja tidaklah cukup.

Kamu membutuhkan modal dasar untuk menjadi seorang penulis. Terutama agar kamu bisa menghasilkan karya berupa tulisan yang menarik. Berikut ini merupakan lima modal dasar sebagai penulis yang harus kamu miliki.

1. Kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif 

5 Modal Dasar Penulis Hasilkan Karya yang Menarik, Harus Imajinatif!ilustrasi menggunakan kreativitas (unsplash.com/nevenkrcmarek)

Tak dapat dimungkiri kreativitas dan imajinasi sangat berpengaruh dalam menghasilkan sebuah tulisan. Melalui pemikiran yang kreatif kamu akan mampu merangkai kalimat dan membentuk sebuah cerita.

Cara berpikir yang tak biasa membuatmu banyak mendapatkan ide menarik untuk dijadikan sebuah tulisan. Tak melulu sesuatu yang kompleks, bahkan dari hal-hal sederhana di sekitarmu pun bisa dijadikan ide tulisan.

2. Kecerdasan linguistik 

5 Modal Dasar Penulis Hasilkan Karya yang Menarik, Harus Imajinatif!ilustrasi pria sedang menulis (unsplash.com/jcoudriet)

Banyak orang yang dianugerahi bakat kecerdasan linguistik yang hebat. Dengan kecerdasan yang satu ini kamu bisa merangkai kata untuk menyampaikan sebuah informasi. Lingusitik berkaitan dengan kemampuan berbahasa seseorang.

Semakin kamu bisa melihat keadaan, mengevaluasi dan menuangkannya dalam bentuk tulisan maka kamu berbakat dalam hal linguistik. Orang yang gemar membaca buku dan gemar menulis juga biasanya memiliki kecerdasan yang satu ini.

Baca Juga: 5 Modal Utama yang Dibutuhkan sebagai Penulis, Niat Harus Kuat!

3. Berlatih kesabaran  

5 Modal Dasar Penulis Hasilkan Karya yang Menarik, Harus Imajinatif!ilustrasi stres dalam bekerja (pexels.com/olly)

Tak ada sesuatu yang terjadi tanpa adanya proses. Begitupun dalam menghasilkan karya tulisan, kamu membutuhkan proses yang tak mudah. Terkadang kamu harus terbentur dengan kehabisan ide, kebingungan menggunakan kalimat yang tepat dan kesulitan lainnya.

Hal itu sangatlah wajar dan bisa terjadi pada penulis mana pun. Kamu tak bisa memaksakan untuk menyelesaikan tulisanmu. Tetapi butuh kesabaran misalnya dengan membaca referensi lain agar ide kembali muncul. Bahkan penulis hebat pun belum tentu bisa menghasilkan karya dalam sekejap.

4. Bisa memiliki kepekaan ‘rasa’ 

5 Modal Dasar Penulis Hasilkan Karya yang Menarik, Harus Imajinatif!ilustrasi wanita menikmati keindahan alam (unsplash.com/sharonmccutcheon)

Kepekaan rasa adalah cara seorang penulis menghidupkan apa yang sedang ditulisnya. Penulis harus bisa menggunakan keseluruhan indera untuk bisa merasakan lebih dalam. Dikarenakan ide cerita banyak berasal dari pengalaman yang telah dirasakan.

Jadi, sudah tentu keseluruhan indera sangat berpengaruh dalam proses menghasilkan karya. Mulai dari apa yang kamu lihat, dengar, rasa, cium, dan juga sentuh. Dari situlah kamu bisa membagikan pengalamanmu pada orang lain.

5. Memiliki konsistensi dan konsentrasi 

5 Modal Dasar Penulis Hasilkan Karya yang Menarik, Harus Imajinatif!ilustrasi fokus pada satu hal (unsplash.com/chaseelliottclark)

Seorang penulis sudah pasti memerlukan konsentrasi yang tinggi ketika sedang menulis. Agar tulisan yang kamu buat menjadi satu kesatuan yang utuh dan saling terikat. Jika konsentrasi teralihkan tentu kamu akan mudah kehilangan alur cerita dari apa yang sedang kamu tulis.

Bukan tak mungkin tulisanmu tak akan terselesaikan. Selain itu juga dibutuhkan konsistensi untuk terus berlatih. Tak ada satu pun penulis yang bisa sukses dengan satu karya saja. Mereka juga mengalami masa-masa dimana tulisannya terlihat jelek, tak berbobot dan tak menarik. Jadi, tetaplah menulis karena konsistensi itu penting.

Jika kelima hal di atas telah kamu kuasai, maka kemampuan menulismu pun akan sangat terbantu. Selain karya yang menarik, kapabilitasmu akan meningkat seiring banyaknya karya yang kamu tulis.

Baca Juga: 5 Penyair Legendaris Indonesia, Kamu Pecinta Karya-karya Siapa, nih?

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya