Comscore Tracker

5 Tips Memulai Kerja Produktif untuk si Mager, Bikin Jeda Rehat

Bangun lebih awal, bikin prioritas, dan bikin jeda rehat

Berbicara soal mengerjakan pekerjaan pasti tak bisa lepas dari yang namanya rasa lelah atau juga bosan. Bahkan untuk memulai pekerjaan pun seseorang akan dihadapkan dengan situasi sulit yang biasa disebut dengan mager. Keengganan untuk memulai pekerjaan atau mager bisa dialami oleh banyak orang.  

Kamu perlu memiliki trik untuk mengatasi kebiasaan mager tersebut. Berikut merupakan lima tips yang bisa kamu gunakan agar bisa produktif seharian tanpa mager dalam memulai pekerjaan!

1. Coba untuk bangun 30 menit lebih awal 

5 Tips Memulai Kerja Produktif untuk si Mager, Bikin Jeda Rehatilustrasi beristirahat penuh di malam hari (unsplash.com/tsujigimi)

Mencoba untuk bangun 30 menit lebih awal bisa menjadi sesuatu hal yang memiliki banyak manfaat tak terduga. Bangun lebih awal dari biasanya akan memberikanmu lebih banyak waktu untuk berpikir, dibanding harus tergesa-gesa ketika bangun di pagi hari. Kamu akan merasakan lebih siap menghadapi hari tersebut dengan penuh semangat.

2. Selalu buat tujuan dan afirmasi positif setiap hari  

5 Tips Memulai Kerja Produktif untuk si Mager, Bikin Jeda Rehatilustrasi bekerja keras dan produktif (unsplash.com/jeshoots)

Afirmasi positif harus selalu kamu ulang di setiap pagi. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu akan menjadi pribadi yang lebih produktif dari hari kemarin. Kamu bisa menaklukkan tantangan di hari tersebut dengan penuh keyakinan.

Semua tujuan yang telah kamu rencanakan akan kamu kerjakan dengan tuntas tanpa penundaan. Menanamkan semangat bisa menjadi satu hal penting yang tak boleh kamu lewatkan.

3. Buat prioritas dan utamakan pekerjaan yang sebelumnya tertunda 

5 Tips Memulai Kerja Produktif untuk si Mager, Bikin Jeda Rehatilustrasi pria membangun mental belief (unsplash.com/jonasleupe)

Pastikan bahwa pekerjaan pertama yang kamu kerjakan adalah yang sempat tertunda sebelumnya. Mungkin ada beberapa alasan yang membuat pekerjaan tersebut tidak bisa diselesaikan dalam satu hari.

Sehingga, mengerjakannya di kemudian hari harus menjadi prioritas yang utama. Kerjakan secara cepat dan tepat sebelum memulai pekerjaan yang baru lagi.

Baca Juga: 5 Nasihat untuk si Hobi Mager, Masa Depanmu Dipertaruhkan!

4. Jadwalkan jeda yang teratur di tengah pekerjaan 

5 Tips Memulai Kerja Produktif untuk si Mager, Bikin Jeda Rehatilustrasi bekerja produktif (unsplash.com/chuklanov)

Penting untuk memberikan jeda di tengah-tengah pekerjaan. Kamu bisa mengatur waktumu untuk bekerja dan beristirahat. Misanya, kamu bekerja selama 30 menit, kemudian istirahat selama 10 menit.

Lakukan pengulangan tersebut sampai pekerjaanmu selesai dengan tuntas. Jangan membuat waktu jeda dan bekerja yang terlalu lama karena kamu akan bosan dan kelelahan.

5. Selalu buat rencana untuk keesokan hari 

5 Tips Memulai Kerja Produktif untuk si Mager, Bikin Jeda Rehatilustrasi daftar tujuan yang ingin dicapai (unsplash.com/isaacsmith)

Saat semua rencana untuk hari ini telah selesai, jangan lupa untuk membuat rencana di kemudian hari. Membuat to do list untuk esok hari akan mencegahmu dari kehilangan arah dan tujuan atau pun kebingungan harus mengerjakan hal apa terlebih dahulu. Sehingga, penting untukmu membuat ancang-ancang yang akan memudahkanmu memulai pekerjaan tanpa rasa mager karena tak tahu harus memulai dari mana.

Itulah lima tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa mager saat ingin memulai pekerjaan. Bikin kamu produktif seharian, nih!

Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Atur Produktivitas Kerja, Jadi anti Mager!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya