Comscore Tracker

5 Sikap Ini Harus Kamu Hindari saat Belajar secara Autodidak 

Jangan sampai kamu lakukan ya! 

Belajar autodidak sering juga disebut dengan belajar sendiri. Belajar seperti ini bentuknya adalah belajar tanpa diajari oleh orang lain atau hanya belajar dari media yang ada, seperti peralatan, buku, internet dan lain sebagainya.

Kegiatan yang dapat dipelajari secara autodidak misalnya menulis, desain grafis, pemrograman, melukis, menari, memasak, dan sebagainya. Cara belajar ini dapat meningkatkan kemandirian diri karena tidak selalu bergantung kepada guru atau tutor.

Supaya proses belajar autodidakmu berhasil, kamu perlu menghindari sikap-sikap buruk yang dapat menggagalkan pembelajaranmu. Yuk, langsung simak list berikut ini!

1. Mudah menyerah 

5 Sikap Ini Harus Kamu Hindari saat Belajar secara Autodidak Pexels/Andrea Piacquadio

Sikap mudah menyerah disebabkan karena kamu tidak sabar akan proses belajarmu. Kamu ingin cepat-cepat mengakhirinya dengan mengabaikan kesulitan dan hambatan yang ada. Kedua hal tersebut menyebabkan kamu tidak bersemangat dan akhirnya menyerah.

Sikap tersebut merupakan hal yang normal karena selalu ada kesulitan dan hambatan pada setiap proses belajar. Cobalah mengeksplorasi sumber belajar lain yang kamu gunakan, seperti pengalaman seseorang yang telah ahli pada bidang yang kamu pelajari. Kamu pun juga bisa meminta motivasi darinya. Dijamin kamu tidak akan menyerah dan makin semangat belajar.

2. Tidak cermat mengatur waktu 

5 Sikap Ini Harus Kamu Hindari saat Belajar secara Autodidak Pexels/energepic.com

Manajemen waktu sangat penting dalam belajar autodidak. Jangan sampai kamu sibuk melakukan kegiatan yang lain atau bekerja, lantas kamu lupa waktu untuk belajar. Kamu harus cermat dalam mengatur waktumu sehingga hasil per proses pembelajaranmu tidak sia-sia oleh waktu. Prioritaskanlah melakukan kegiatan yang benar-benar penting sehingga kamu mempunyai waktu lowong untuk belajar.

3. Tidak mempunyai target perencanaan 

5 Sikap Ini Harus Kamu Hindari saat Belajar secara Autodidak Pexels/Startup Stock Photos

Tidak adanya target perencanaan membuat proses belajarmu menjadi tidak terarah dan berbelit-belit sehingga selesai dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, kamu harus membuat target perencanaan dengan baik. Hal ini sangat penting saat kamu belajar autodidak karena kamu akan tahu apa yang akan dipelajari selanjutnya dan proses belajarmu akan selesai step-by-step sesuai waktunya.

Selain itu, target perencanaan juga berguna sebagai evaluasi dari materi yang telah kamu pelajari. Kamu bisa menuliskan rencana belajarmu di dinding melalui kertas atau sticky notes, papan tulis, maupun di buku rencana (planner book). 

Baca Juga: 5 Kekurangan Belajar Secara Autodidak yang Perlu Kamu Ketahui

4. Tidak memiliki jaringan pertemanan terkait pembelajaran 

5 Sikap Ini Harus Kamu Hindari saat Belajar secara Autodidak Pexels/Anna Shvets

Ada kalanya di tengah-tengah proses belajar autodidak, kamu mengalami kesulitan dan kejenuhan dalam belajar. Kamu pun sudah mencari pada berbagai sumber yang ada, tetapi kamu tidak memiliki jaringan pertemanan terkait pembelajaranmu.

Jangan menunda lagi untuk bergabung dengan komunitas belajarmu pada grup WhatsApp atau sosial media lainnya, maupun grup mailing list. Kamu pun bebas menanyakan bagian yang menurutmu terasa sulit dan berkeluh kesah di grup tersebut.

Keuntungan lainnya yaitu kamu tidak merasa susah sendiri karena ada teman seperjuangan belajarmu. Hal ini juga menambah motivasimu untuk menyelesaikan proses belajarmu.

5. Tidak langsung mempraktikkan ilmu yang dipelajari 

5 Sikap Ini Harus Kamu Hindari saat Belajar secara Autodidak Pexels/Retha Ferguson

Hasil dari pembelajaran autodidak ini adalah praktik langsung di kehidupan nyata. Jika kamu tidak mempraktikkannya langsung, ilmu yang kamu dapatkan tidak akan maksimal, bahkan berangsur-angsur akan hilang. Tetaplah mempraktikkan hasil pembelajaranmu walaupun belum sempurna.

Jika kamu lakukan hal tersebut terus-menurus, maka kamu akan terbiasa sampai menjadi ahlinya. Selain itu, ilmu yang kamu praktikkan dapat menjadi sangat berguna bagi dirimu dan orang banyak.

Nah, jangan sampai melakukan sikap-sikap di atas supaya proses belajar autodidakmu sukses dan berhasil! Teruslah bersikap positif akan proses belajarmu!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belajar Mengemudi Secara Otodidak

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya