Comscore Tracker

5 Langkah Perbaiki Kehidupan Pribadi dan Kerjaan yang Gak Seimbang

Walau sibuk, work-life balance tetap nomor satu

Adalah hal yang bagus kalau kamu punya kesibukan. Selama kamu bisa tetap melakukan sesuatu yang menyenangkan, maka tak masalah. Namun beda lagi kalau kamu sadar bahwa kehidupan pribadi dan kerjaan tak seimbang. Pekerjaan yang menjarah seluruh waktumu dapat menjadi tanda bahaya. Tak bisa disepelekan, justru kamu mesti cari jalan keluarnya.

Meskipun kamu sibuk, setidaknya kamu harus punya waktu buat menikmati hidup. Jangan hanya diam saja, ini 5 langkah perbaiki kehidupan pribadi dan kerjaan yang tak lagi seimbang. 

1. Pahami lebih dalam bahwa kamu punya kendali penuh atas hidupmu

5 Langkah Perbaiki Kehidupan Pribadi dan Kerjaan yang Gak SeimbangUnsplash.com/Gades Photography

Sulit membagi waktu ibaratnya sebuah bukti kalau kamu belum bisa mengendalikan hidup semaksimal mungkin. Akibatnya, antara kehidupan pribadi dan kerja jadi tak seimbang. Kerjaan menjarah hampir seluruh waktu hingga kamu kurang bisa bersenang-senang di luar jam kerja. Oleh sebab itu, pahami dulu secara mendalam bahwa kamu sebenarnya punya kendali penuh atas apa yang ingin kamu lakukan dalam hidup. 

2. Buat to-do-list untuk kehidupan pribadi dan perihal kerjaan

5 Langkah Perbaiki Kehidupan Pribadi dan Kerjaan yang Gak SeimbangUnsplash.com/Green Chameleon

Catat daftar hal apa yang mesti kamu lakukan di lingkup pekerjaan dan apa saja yang ingin kamu lakukan di kehidupan pribadi. Untuk kerjaan, kamu dapat turut estimasikan berapa lama kamu menyelesaikan tiap tugas. Sementara untuk kehidupan pribadi, tulis kegiatan menyenangkan yang ingin kamu lakukan di akhir pekan atau waktu luang lainnya. 

3. Cari cara yang efektif agar kerjaanmu bisa selesai tepat waktu

5 Langkah Perbaiki Kehidupan Pribadi dan Kerjaan yang Gak SeimbangUnsplash.com/Brooke Cagle

Nah, ini saatnya kamu cari tahu apa saja yang menjadi hambatan saat kamu menyelesaikan kerjaan. Apakah karena kamu keasyikan bermain medsos ketika sedang kerja, atau karena alasan lain? Kurangnya fokus yang disebabkan oleh banyak hambatan bikin kerjaanmu jadi ngaret. Biar tak terus-terusan begini, tingkatkan fokusmu dengan menghilangkan hambatan itu perlahan-lahan. 

Baca Juga: Penting! 5 Cara Agar Kehidupan Karier dan Keluarga Bisa Seimbang

4. Berani bilang 'Tidak' saat tahu ajakan atau permintaan itu membuat hidup tidak seimbang

5 Langkah Perbaiki Kehidupan Pribadi dan Kerjaan yang Gak SeimbangUnsplash.com/Rawpixel

Kamu tidak boleh asal mengiyakan setiap ajakan atau permintaan. Beranilah berkata 'Tidak' saat kamu tahu bahwa hal tersebut bisa membuat waktumu terjarah hingga akhirnya hidup jadi tidak seimbang. Tapi bukan berarti kamu dituntut buat selalu menolak, lho. Kamu cuma perlu lebih tahu mana yang sesuai dengan kapasitasmu dan mana yang tidak.

5. Sempatkan olahraga dan meditasi untuk jaga kesehatan fisik dan mental

5 Langkah Perbaiki Kehidupan Pribadi dan Kerjaan yang Gak SeimbangUnsplash.com/Alexander Redl

Hidup yang seimbang tak luput dari gaya hidup sehat. Biar fisikmu makin terjaga kesehatannya, sempatkanlah berolahraga. Tak perlu setiap hari, guys. Beberapa kali dalam seminggu juga sebetulnya sudah cukup. Kesehatan mental pun sama pentingnya dengan fisik. Untuk pikiran yang jauh lebih tenang, lakukan meditasi di sela-sela kesibukanmu. 

Kelima cara-cara barusan dapat perlahan mendorongmu buat hidup lebih seimbang. Kesibukan itu perlu, tapi menikmati hidup juga tak kalah penting lho. 

Baca Juga: 5 Alasan Mulia Perempuan Karier Memutuskan Jadi Ibu Rumah Tangga

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya