Comscore Tracker

5 Kiat Menyelesaikan Kerjaan Tepat Waktu Walau Dilanda Bad Mood

Profesionalisme wajib diutamakan

Adanya masalah pribadi bisa bikin mood jadi memburuk. Tentu akan sangat menyulitkan, apalagi kalau kamu sedang ada kerjaan. Namun suasana hati yang buruk tak seharusnya menjadi dalih yang membuat profesionalisme kian menurun. Kalau tak mau pekerjaanmu jadi kacau balau, bad mood tersebut mesti diatasi sebaik mungkin. 

Jangan cemas, ada banyak lho cara untuk mengusir bad mood. Lakukan lima kiat berikut ini supaya kamu bisa selesaikan seluruh pekerjaan tepat pada waktunya. 

1. Percayalah bahwa kamu adalah orang hebat yang mengutamakan profesionalisme

5 Kiat Menyelesaikan Kerjaan Tepat Waktu Walau Dilanda Bad MoodUnsplash.com/Brooke Cagle

Mood buruk sebaiknya tak ikut membawa pengaruh buruk untuk performa kerja. Pertama, kamu harus percaya bahwa kamu adalah orang hebat yang mengutamakan profesionalisme. Oleh karena itu, kamu mesti ingat untuk pisahkan mana urusan kerjaan dan masalah pribadi. Sadar akan hal ini membuat kamu tidak mengedepankan suasana hati yang buruk.

2. Tarik napas dalam-dalam dan pikirkan sesuatu yang menyenangkan

5 Kiat Menyelesaikan Kerjaan Tepat Waktu Walau Dilanda Bad MoodUnsplash.com/Sean Kong

Cobalah untuk mengusir bad mood dengan tarik napas dalam-dalam. Lalu kamu pikirkan sesuatu yang menyenangkan entah itu kenangan lama atau bayangan tentang masa depan. Ketika kamu meluangkan sedikit waktu buat pikirkan sesuatu yang positif, perlahan suasana hati yang buruk akan semakin memudar. Mesti mungkin tak langsung sepenuhnya hilang, setidaknya bad mood tak akan membuat kerjaan jadi kacau. 

Baca Juga: Jangan Bete Dulu, Lakukan 5 Hal Ini Saat Bad Mood Datang Menyerang!

3. Lakukan kegiatan yang bisa jadi mood booster tanpa mengurangi produktivitasmu

5 Kiat Menyelesaikan Kerjaan Tepat Waktu Walau Dilanda Bad MoodPexels.com/Bruce Mars

Langkah selanjutnya, lakukan sesuatu yang bisa menaikkan mood sebelum benar-benar memulai kerjaan. Berbijaksanalah dengan memilih kegiatan yang bisa jadi mood booster tanpa mengurangi produktivitas. Kamu dapat mulai dari sesuatu yang sederhana seperti mendengarkan musik atau minum teh. Lakukan apa saja selama tak membuat kamu jadi makin malas-malasan dan menunda karena bad mood. 

4. Bagaimanapun situasinya, yang penting mulailah kerjaanmu sedikit demi sedikit

5 Kiat Menyelesaikan Kerjaan Tepat Waktu Walau Dilanda Bad MoodPexels.com/Moose Photos

Bagaimanapun situasimu sekarang, ingat untuk tetap memulai. Tak masalah memulai kerjaan sedikit demi sedikit daripada kamu tak kunjung memulainya. Justru dari sanalah kamu akan termotivasi untuk menyelesaikan sampai akhir. Dengan pemikiran maju semacam ini, kamu terhindar dari yang namanya menyesal lantaran terlalu terbawa suasana hati. 

5. Di penghujung hari, beri reward pada diri sendiri agar bad mood perlahan hilang

5 Kiat Menyelesaikan Kerjaan Tepat Waktu Walau Dilanda Bad MoodPexels.com/Mentatdgt

Sepulang kerja, sempatkan untuk memberi reward pada diri sendiri atas apa yang berhasil kamu lakukan hari ini. Reward tak mesti berupa penghargaan besar dan menghabiskan banyak uang. Asalkan kamu bahagia, hal yang sederhana pun bisa kamu lakukan. Ketika kamu menyenangkan diri, bad mood enggan bertahan lama. Kerjaanmu besok pun tak akan terganggu karena suasana hati yang buruk.

Kamu tetap bisa selesaikan kerjaan tepat waktu dengan lima kiat tadi. Walaupun kamu lagi bad mood, bukan halangan untuk tetap profesional kan?

Baca Juga: Kamu Sering Bad Mood Mendadak? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnya

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You