Comscore Tracker

5 Keahlian yang Menunjang Karier di Era Dunia Digital

Bersiaplah menjadi lebih inovatif

Menghadapi era digital tidak hanya membutuhkan pendidikan yang tinggi, namun harus dibekali pula dengan keahlian khusus. Apabila kamu tidak menguasainya, maka akan sulit untuk bersaing di zaman teknologi ini. Untuk itu, baiknya kamu memahami keahlian yang harus kamu asah agar jenjang kariermu dapat tercapai dengan maksimal.

Dunia kerja berkembang dengan cepat, sehingga kamu harus mempersiapkan diri untuk pekerjaan di masa depan yang tidak bisa diprediksi. Berikut keahlian khusus yang harus kamu kuasai agar mampu bersaing di dunia kerja. 

1. Pengembangan mental dan kognitif

5 Keahlian yang Menunjang Karier di Era Dunia DigitalPixabay.com/StartupStockPhotos

Kemunculan teknologi digital menuntut kamu untuk mengembangkan kognitif dengan mengikuti perkembangan teknologi. Kamu harus mampu mengambil peluang dan menangani tantangan besar dalam perjalanan kariermu. Kemampuan beradaptasi diperlukan agar kamu dapat mendapatkan relasi yang baik.

Kecerdasan kognitif sangat diperlukan agar kamu dapat mengonsep berbagai ide kompleks sekaligus. Jika kamu berhasil membangun mental dan menunjukkan kualitas yang ada pada dirimu, maka kamu akan sangat dihargai oleh pengusaha dan perekrutnya. Orang yang cerdas dan bermental pemberani akan dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. 

2. Literasi digital dan komputasi

5 Keahlian yang Menunjang Karier di Era Dunia DigitalPixabay.com/pexels

Ketergantungan dunia terhadap kemajuan teknologi, menuntutmu untuk meningkatkan keterampilan digital yang mumpuni. Kamu akan dihadapkan dengan teknologi digital seperti kecerdasan buatan (AI),  pembelajaran mesin, Internet Of Things (IoT),  dan ilmu komputasi. Kamu harus menguasai itu semua karena akan mempercepat ketajaman teknis dalam teknologi digital.

Bidang-bidang penting seperti visualisasi data dan eksplorasi, kecerdasan komputasi, hingga bahasa pemograman akan lebih dibutuhkan beberapa tahun ke depan. Teknologi digital akan memasuki semua sektor-sektor penting dan kamu harus mempersiapkan diri. 

3. Kecerdasan menganalisis data

5 Keahlian yang Menunjang Karier di Era Dunia DigitalPixabay.com/rawpixel

Meskipun robot dan teknologi dirancang dengan sistem yang canggih, namun perhitungan dan ketepatan diagnostik tetap membutuhkan manusia sebagai sisi subjektif dari analisis data. Di era digital, dunia pekerjaan masih membutuhkan seorang tenaga ahli yang dapat secara tepat menghitung angka dan signifikansinya.

Kemampuan analisis manusia mengimbangi cara kerja teknologi digital yang bekerja hanya menurut sistem saja. Kelebihan pada otak manusia tetap saja tidak bisa dibandingkan dengan mesin. Semua pekerjaan akan melibatkan kecerdasan manusia. Kamu harus mengasah keahlian dalam menganalisis data. 

Baca Juga: 5 Sikap Ini Ternyata Sering Jadi Penghambat Karier Pekerja Muda

4. Kecerdasan emosional dan sosial

5 Keahlian yang Menunjang Karier di Era Dunia DigitalPixabay.com/rawpixel

Teknologi digital mampu mengembangkan kecerdasan buatan, namun kecerdasan emosi dan sosial hanya dimiliki oleh manusia. Di beberapa sektor, masih membutuhkan peran manusia dalam masyarakat sosial. Dunia kerja di masa depan akan menuntutmu untuk mengembangkan relasi, sehingga penting sekali untuk menguasai kecerdasan emosional dan sosial.

Kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi adalah sesuatu yang harus kamu miliki dalam karir. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional dan sosial yang baik akan mudah bertahan dalam dunia kerja yang keras. Kamu harus memulai untuk membuka diri dan lebih banyak lagi membangun relasi. 

5. Pola pikir kreatif dan inovatif

5 Keahlian yang Menunjang Karier di Era Dunia DigitalPixabay.com/rawpixel

Menurut World Economic Forum, robot akan menggantikan lebih banyak pekerjaan manusia. Namun, kamu harus berbangga bahwa kreativitas dan pola pikir yang inovatif hanya dimiliki oleh manusia. Seperti kemampuan dalam kecerdasan sosial, kreativitas alami adalah sesuatu yang tidak dapat dengan mudah ditiru oleh teknologi. Selama kamu tetap mengembangkan kreativitas dan menciptakan sesuatu yang inovatif, kamu akan tetap bisa bersaing di dunia digital. Gabungkan kecerdasanmu dengan teknologi sehingga kamu dapat memberikan yang terbaik untuk kariermu. 

Nah, keahlian-keahlian ini harus kamu asah dengan baik agar bisa membekalimu di masa yang akan datang. Teknologi dan sumber daya manusia harus berjalan seimbang agar semua pekerjaan bisa teratasi dengan baik. 

Baca Juga: Ternyata, 5 Sikap Ini Bisa Membuat Kariermu Melesat Naik Lho!

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya