Comscore Tracker

Butuh Perjuangan, Inilah 5 Tahapan Karier Seorang Chef Hingga Sukses

Kamu berminat menjadi chef? 

Dunia memasak menjadi hal yang sangat menarik untuk digeluti. Ada berbagai macam jenjang karier yang bisa kamu pilih dengan skill memasakmu. Menjadi seorang chef yang sukses ternyata butuh perjuangan yang perlu dilalui.

Tahapan karier perlu dilewati satu per satu hingga layak disebut seorang master chef. Kamu perlu memulainya dari seorang tukang masak magang, koki biasa, hingga jadi head chef yang disegani. Mau tahu tahapan karier seorang chef  hingga ia menjadi sukses? Berikut deretan jabatan dalam kariernya. 

1. Apprentice atau garcon

Butuh Perjuangan, Inilah 5 Tahapan Karier Seorang Chef Hingga SuksesPexels.com/Rese Asmussen

Sebelum jadi chef yang handal, seorang chef yang baru kuliah atau belum memiliki keahlian yang mumpuni perlu bekerja sebagai apprentice atau garcon. Apprentice atau garcon adalah chef magang yang belum sepenuhnya diberi tugas memasak, namun mereka hanya mengamati cara memasak chef seniornya

Chef magang membantu chef lainnya untuk mencuci perabot, membersihkan dapur hingga mengupas sayur dan buah-buahan. Jika ada sisa bahan makanan, mereka boleh mempraktikkan resep yang didapatinya dari chef senior. 

2. Commis chef

Butuh Perjuangan, Inilah 5 Tahapan Karier Seorang Chef Hingga SuksesPexels.com/Elle Hughes

Setelah lulus dari sekolah memasak, barulah seorang chef bisa menjadi koki biasa atau commis chef. Di setiap restoran, kamu akan menemukan commis chef yang jumlahnya lumayan banyak. Mereka bekerja berdasarkan pengalaman dan skill sehingga tugas memasaknya bisa dibedakan. 

Ada commis chef  yang memasak masakan lunch, dinner, hingga berbagai macam pastry sesuai keahliannya. Karena belum sepenuhnya menguasai resep, biasanya mereka menulis catatan resep untuk membantu dalam memasak. 

Baca Juga: Inilah Perjalanan Karier Celebrity Chef Paling Berkharisma, Chef Juna

3. Chef de partie

Butuh Perjuangan, Inilah 5 Tahapan Karier Seorang Chef Hingga SuksesPexels.com/Rese Asmussen

Chef de partie adalah chef yang dijadikan kepala bagian dengan keahlian khusus sesuai bagian yang dipegangnya. Ada beberapa pembagian seksi seperti ahli pemotongan daging (butcher), sayuran (commisarie), pastry, hingga bakery

Jika chef de partie bisa menunjukkan kinerjanya dengan baik, maka bisa naik jabatan menjadi sous chef. Chef ini bisa dibilang masih bawahannya sous chef yang bekerja sesuai aturannya. 

4. Sous chef

Butuh Perjuangan, Inilah 5 Tahapan Karier Seorang Chef Hingga SuksesUnsplash.com/Thomas Marban

Sous chef adalah seorang asisten atau kaki tangan head chef yang lumayan disegani di dapur. Sous chef berpakaian sama seperti chef lainnya, namun ia tidak memakai topi masak. Ia diberi tugas langsung oleh head office untuk ikut bertanggungjawab dalam masalah cook and preparation. 

Sous chef memiliki keahlian dalam bidang masakan tertentu seperti korean taste, japanese taste, western taste, hingga masakan ala Timur Tengah. Sous chef biasanya terlibat langsung dalam hal memasak. 

5. Head chef

Butuh Perjuangan, Inilah 5 Tahapan Karier Seorang Chef Hingga Suksesunsplash.com/Truong trung cap kin te du lich

Head chef bisa disebut karier puncak seorang chef. Dia bekerja dengan quality control yang penuh di dapur maupun di restoran. Head chef memiliki seragam sendiri sehingga kamu bisa langsung mengenalinya ketika berkunjung ke restoran.

Keahliannya dalam memasak tidak bisa diragukan karena sudah terdaftar di Indonesian Chef Association atau ICA. Head chef juga bertanggung jawab dalam perekrutan chef baru dan tugas administrasi restoran. 

Nah, itulah tahapan yang perlu dilalui seorang chef hingga ia menjadi head chef. Kamu berminat untuk menggeluti bidang memasak dan menjadi chef? 

Baca Juga: 7 Celebrity Chef Indonesia Terpopuler, Jago Masak Plus Memesona!

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya