Comscore Tracker

5 Karier Menjanjikan untuk Lulusan Linguistik, Bisa Freelance!

Kamu berminat dengan jenjang karier ini? 

Memiliki gelar Sarjana Linguistik merupakan sesuatu yang patut dibanggakan. Berbeda dengan Jurusan Sastra, menekuni bidang linguistik membantumu lebih mendalami ilmu kebahasaan. Untuk jenjang karier, mendapatkan gelar Sarjana Linguistik membuatmu fleksibel dalam memilih karier yang menggiurkan.

Kamu harus merencanakan kariermu dari sekarang! Berikut beberapa pekerjaan yang cukup menjanjikan untuk seorang lulusan Sarjana Linguistik.

1. Ahli bahasa komputasi

5 Karier Menjanjikan untuk Lulusan Linguistik, Bisa Freelance!Pixabay.com/pexels

Sebagai Sarjana Linguistik, kamu akan mendalami bahasa dalam komputasi. Kelebihan ini dapat digunakan untuk bekerja di perusahaan, laboratorium, bahkan perusahaan yang bergerak di perangkat lunak.

Bidang interdisipliner yang menggabungkan komputasi dan permodelan berbasis aturan bahasa alami, linguistik komputasi dapat memecahkan masalah di banyak bidang, termasuk kecerdasan buatan.

Sarjana Linguistik juga dapat menguasai terjemahan mesin, pemrosesan dokumen, pemeriksaan tata bahasa dan gaya, serta bahasa yang dibantu komputer. Untuk itu, ada baiknya jika lebih mendalami linguistik komputasi dan keterampilan bahasa asing. 

2. Penerjemah

5 Karier Menjanjikan untuk Lulusan Linguistik, Bisa Freelance!Pixabay.com/startupstockphotos

Gelar linguistik menuntut kamu untuk mendalami beberapa bahasa asing. Menjadi penerjemah merupakan salah satu pekerjaan yang dipilih para lulusan linguistik. Bekerja sebagai penerjemah menargetkan kamu dapat menghasilkan 2 ribu hingga 3 ribu kata setiap hari.

Setiap hari, kamu akan disibukkan dengan pertemuan dengan klien, kamus spesialis, dan beberapa buku referensi yang dapat digunakan untuk membantu dalam menerjemahkan.

Kamu dapat bekerja di berbagai bidang, seperti perdagangan, pendidikan, hukum, sastra, sains, hingga dunia perfilman. Hal yang lebih menarik, kamu dapat bekerja secara freelance atau in-house, lo. 

Baca Juga: 5 Alasan Manajemen Waktu Penting bagi Para Freelancer

3. Guru bahasa asing

5 Karier Menjanjikan untuk Lulusan Linguistik, Bisa Freelance!Pixabay.com/rawpixel

Kemampuan bahasamu dapat dimanfaatkan pula untuk mengajarkan bahasa asing. Sebagai guru privat atau bergabung dalam sebuah lembaga pendidikan, kamu akan disibukkan dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan teknik dalam mengajar.

Kelebihan seorang guru dari lulusan linguistik akan memudahkan siswa untuk mengenal bahasa baru serta berbagai bahasa murni lainnya. Bukan hanya bahasa, kamu juga bisa mengajarkan sejarah dan budaya yang bersangkutan dengan bahasa tersebut. Seorang lulusan linguistik akan menjadi guru yang menarik. 

4. Leksikograf

5 Karier Menjanjikan untuk Lulusan Linguistik, Bisa Freelance!Pixabay.com/chloestrong

Seorang Sarjana Linguistik yang menguasai bahasa Inggris, bahasa modern, dan sejarahnya akan mudah bekerja sebagai leksikograf. Lexicographers merupakan pekerjaan yang mengasah kemampuanmu dalam menulis, menyusun, dan menyunting kamus, bahkan bisa menjadi ahli kamus bilingual.

Pekerjaan ini berfokus pada pemantauan dan perekaman kata-kata baru, memeriksa keakuratan teks, dan melakukan banyak tugas editorial. Beberapa keterampilan tambahan adalah gaya bahasa dan manajemen waktu yang bagus.

Untuk mendorong karier seorang leksikograf, Badan  Bahasa Kemendikbud menginginkan profesi ini dijadikan profesi yang utuh.

5. Penulis teknis

5 Karier Menjanjikan untuk Lulusan Linguistik, Bisa Freelance!Pixabay.com/StarupStockPhotos

Penulis teknis menjadi pekerjaan yang menarik untuk seorang lulusan linguistik. Pekerjaan ini menghasilkan konten yang berhubungan dengan desain grafis, desainer pengalaman pengguna, pengembang perangkat lunak dan penguji.

Ini menuntut kemampuan dalam pengumpulan informasi, perencanaan konten, dan penulisan dokumentasi teknis untuk mendidik konsumen dalam suatu produk atau layanan dalam bentuk whitepaper, korespondensi bisnis, dan lain-lain. Untuk yang berpengalaman, pekerjaan ini bisa dilakukan dengan freelance sehingga lebih fleksibel. 

Nah, inilah beberapa pekerjaan menggiurkan untuk seorang lulusan linguistik. Jika kamu sedang menggeluti bidang ini, tetaplah belajar dengan sungguh-sungguh agar hasilnya dapat lebih maksimal. Jenjang karier yang bagus akan mudah kamu dapatkan jika kamu selalu bekerja keras.

Baca Juga: 5 Kekurangan Jadi Freelancer, Kamu Harus Bijak Menyikapinya

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You