Comscore Tracker

Cukup Bergengsi, Inilah 5 Pekerjaan Menarik untuk si Hobi Menulis

Bakat menulismu bisa menjadi karier yang menjanjikan

Menggeluti hobi menulis memang menawarkan banyak pilihan karier. Menariknya, pekerjaan yang digeluti oleh seorang penulis biasanya bersifat freelance. Selain jurnalis, ada beberapa pekerjaan menarik yang bisa kamu pilih untuk menyalurkan hobi menulismu. 

Ungkapan hobi yang dibayar mungkin sangat tepat untuk Si hobi menulis. Dengan ide dan kecerdasan menggali informasi, kamu bisa membuka peluang untuk menambah pundi-pundi rupiah. Apa saja sih pekerjaan penulis yang bisa kamu tekuni? Simak yuk! 

1. Direktur komunikasi

Cukup Bergengsi, Inilah 5 Pekerjaan Menarik untuk si Hobi MenulisPexels.com/Judit Peter

Tak banyak yang tahu, seorang penulis juga bisa menjadi direktur, lho. Communication director atau direktur komunikasi berperan penting dalam mengatur sebuah organisasi atau perusahaan. Layaknya seperti direktur, dia berperan dalam mengatur komunikasi antar anggota untuk keperluan penting. 

Pekerjaan ini akan menuntutmu untuk mengatur semua komunikasi baik dalam eksternal maupun internal. Kamu akan memberi pengarahan pada orang lain agar jadi juru bicara yang baik. Perusahaan besar hingga organisasi politik memerlukan direktur komunikasi untuk menjalankan tujuannya.

2. Proofreader

Cukup Bergengsi, Inilah 5 Pekerjaan Menarik untuk si Hobi MenulisPixabay.com/Stock Snap

Buat kamu yang ingin bekerja di perusahaan penerbit, proofreader menjadi pilihan tepat. Berbeda dengan editor, proofreader bekerja untuk menilai kesalahan dalam penulisan, baik dalam mengolah kata, pemilihan kata yang tidak sesuai KBBI hingga penempatan tanda baca. 

Perusahaan penerbit membutuhkan jasa seorang proofreader untuk memperbaiki tulisannya. Kamu bisa menggeluti karier sebagai proofreader untuk menyalurkan hobi menulismu. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Selektif Saat Memilih Pekerjaan 

3. Penulis teknis

Cukup Bergengsi, Inilah 5 Pekerjaan Menarik untuk si Hobi MenulisPexels.com/Burst

Technical writers atau penulis teknis menjadi pekerjaan yang cukup menggiurkan. Banyak orang yang belum tahu apa saja sih tugas seorang technical writers. Dalam perusahaan pembuat produk, penulis teknis bertanggung jawab dalam berbagai dokumen yang mendukung masalah teknis. 

Pekerjaan ini menuntut penulis untuk bisa menjelaskan secara rinci tentang suatu produk dari fungsi, spesifikasi dan teknisnya yang kemudian disebarkan melalui media cetak, elektronik hingga audio visual. Bahkan, kamu perlu menguasai isi dari proposal dan presentasi teknis. 

4. Penulis pidato

Cukup Bergengsi, Inilah 5 Pekerjaan Menarik untuk si Hobi MenulisPexels.com/Min An

Jika ingin bekerja dengan seorang petinggi negara dan bos-bos perusahaan besar, karier speech writers sangat cocok untukmu. Speechwriter atau penulis pidato adalah orang yang bertanggung jawab dalam naskah pidato yang disampaikan dalam sebuah acara. 

Kamu perlu cerdas mengolah kata dan memberikan informasi yang tepat ketika menjadi seorang penulis pidato. Selain itu, kamu juga perlu pandai menguasai tema agar isi pidatomu sesuai dengan permintaan klien, ya.  

5. Penulis bisnis

Cukup Bergengsi, Inilah 5 Pekerjaan Menarik untuk si Hobi MenulisPixabay.com/Stock Snap

Bussines writers atau penulis bisnis adalah orang yang berperan dalam penulisan dokumen, pemasaran dan komunikasi dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Penulis bisnis biasanya bekerja untuk mengembangkan kebutuhan perusahaan. 

Kamu perlu menguasai konten web perusahaan, salinan pemasaran, brosur, proposal hingga artikel bisnis yang menjadi tugas utama penulis bisnis. Menulis bertema bisnis menjadi tantangan tersendiri untukmu. 

Nah, apakah kamu tertarik dengan semua pekerjaan ini? Selain jadi jurnalis, bakat menulismu bisa membawamu pada karier yang menjanjikan, lho. 

Baca Juga: Suka Menulis Fiksi? Perhatikan 9 Hal Ini Biar Ceritamu Makin Mantap

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya