Comscore Tracker

5 Keahlian Penunjang Masa Depan Karier, Mulai Siapkan Mental Bajamu

Siapkan dirimu menghadapi persaingan global

Dalam bidang apapun, kamu harus memiliki keahlian yang menunjang kariermu. Selain harus menguasai teknologi, kamu juga perlu mengasah keahlian lain yang menjadi bekal jenjang kariermu ke depannya.

Kesiapan mental dan kecerdasan diperlukan untuk menghadapi persaingan global. Untuk itu, berikut beberapa keahlian yang harus kamu kembangkan. 

1. Skill kepemimpinan

5 Keahlian Penunjang Masa Depan Karier, Mulai Siapkan Mental Bajamuaccessmba.com

Meskipun kamu belum menjadi seorang bos, namun kemampuan dalam memimpin harus kamu kuasai. Memimpin diri sendiri merupakan langkah awal untuk menghadapi persaingan dalam dunia kerja. Seorang pemimpin harus memiliki pikiran positif, menetapkan tujuan dan target, dan memberi motivasi tinggi.

Kamu juga harus memimpin dirimu untuk memerangi kemalasan dan pikiran negatif. Jika aura kepemimpinan sudah muncul dalam dirimu, maka peluang kerja yang lebih baik akan muncul dengan sendirinya. Kamu akan mudah dipercaya untuk memegang suatu proyek yang besar. Tentu saja jenjang kariermu akan mudah naik. 

2. Kemampuan interpesonal

5 Keahlian Penunjang Masa Depan Karier, Mulai Siapkan Mental Bajamupixabay.com/rawpixel

Kemampuan personal dalam berempati, mendengarkan pendapat, memahami orang lain dan berhubungan baik dengan kolega rekan kerja perlu kamu miliki. Ini diperlukan karena kamu akan bekerja sama sebagai tim dalam mencapai target perusahaan. Kecerdasan emosi harus kamu kuasai pula agar cerdas dalam memahami lingkungan sosial.

Membaca perilaku orang, sifat, dan perasaan orang lain sangat dibutuhkan dalam pekerjaan. Jika kamu menguasai semuanya, maka kemampuan dalam memahami strategi dan situasi akan lebih mudah. Selain itu, sikap terbuka dan memahami sudut pandang orang lain memudahkanmu menjalin relasi yang baik. 

3. Kemampuan bekerja secara tim

5 Keahlian Penunjang Masa Depan Karier, Mulai Siapkan Mental Bajamupixabay.com/blackmachinex

Kemampuan bekerja secara tim perlu dikuasai agar tercapai tujuan bersama. Kamu harus piawai dalam mengemban tanggung jawab, memahami rencana, memenuhi target dan bekerja secara profesional. Dengan mempertimbangkan keefektifan waktu, kamu harus memahami prioritas dalam pekerjaan.

Keterampilan delegasi ikut berperan saat kamu berbagi beban dan tanggung jawab bekerja secara tim. Jika kamu bisa kompak, maka semua anggota tim akan menerima pengalaman dan pengetahuan yang baru. Persaingan dalam bekerja akan lebih mudah jika kamu terbiasa bekerja dib awah target. 

Baca Juga: 5 Film tentang Pentingnya Sikap Kepemimpinan, Wajib Nonton!

4. Keterampilan negosiasi

5 Keahlian Penunjang Masa Depan Karier, Mulai Siapkan Mental Bajamuhealthmanagement.co.uk

Bukan hanya kemampuan menguasai teknologi, kadang kala kamu dihadapkan pada suatu tantangan yang mengasah kemampuan bernegosiasi. Orang-orang cerdas yang mungkin akan kamu temui dalam dunia kerja nanti memperhatikan kemampuanmu dalam mengembangkan pendapat.

Bernegosiasi dalam mewujudkan strategi kerja sangat penting kamu latih. Ide-ide cemerlang yang kamu punya tidak akan terealisasikan jika kamu kalah dalam meyakinkan orang lain. Tingkatkan kemampuan memahami psikologi rekan kerja dan membaca strategi lawan agar kamu mampu bernegosiasi dengan baik. 

5. Kecerdasan dalam strategi

5 Keahlian Penunjang Masa Depan Karier, Mulai Siapkan Mental Bajamupixabay.com/rawpixel

Saat situasi krisis muncul, peranmu sangat dibutuhkan dalam memecahkan masalah. Kecerdasan dalam membaca situasi dan mengemukakan strategi kreatif mungkin bisa membuka peluang yang lebih besar. Di dunia kerja, seseorang yang tidak bisa mencari solusi atas krisis perusahaan mudah sekali dipecat.

Tidak peduli seberapa cerdas dan ulet kamu, jika kamu tidak bisa memecahkan masalah, maka semua itu dianggap sia-sia. Mulailah untuk lebih kritis menghadapi persaingan kerja yang tumbuh di sekitarmu. Jadikan mentalmu tangguh untuk menghadapi situasi krisis. 

Nah, beberapa keahlian ini perlu dikembangkan dari sekarang. Memperdalam keahlian di bidang teknologi dengan keahlian lain yang menunjang kariermu. 

Baca Juga: 5 Cara Mengajarkan Arti Kepemimpinan pada Generasi Milenial!

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya