Comscore Tracker

Wajib Pelajari, Inilah 5 Rahasia Penilaian dalam Wawancara Kerja! 

Kriteria khusus yang ditetapkan perusahaan

Bekerja merupakan kewajiban bagi semua orang. Dengan bekerja, kita dapat bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri. Sulitnya mencari pekerjaan di zaman sekarang, membuat orang-orang bersaing ketat agar dapat diterima di perusahaan yang mereka inginkan. Tentu saja ada kriteria khusus yang ditetapkan perusahaan untuk calon pekerja tersebut.

Tidak mudah untuk dapat lolos dan diterima dalam seleksi yang ditetapkan perusahaan untuk calon pelamar. Ada banyak prosedur yang harus dilakukan. Wawancara adalah salah satu prosedur yang harus dilalui pelamar. Amat sulit untuk memenangkan hati pewawancara, apalagi terlalu banyak saingan yang juga memiliki minat yang sama.

Untuk itu, pelajari 5 rahasia penilaian dalam wawancara yang harus kamu ketahui.

1. Kualitas mental pelamar

Wajib Pelajari, Inilah 5 Rahasia Penilaian dalam Wawancara Kerja! pixabay/adabara

Mental merupakan hal yang penting bagi pelamar. Rasa percaya diri dan keyakinan terhadap kualitas diri sendiri akan muncul pada pelamar yang bermental kuat. Perusahaan menjadikan ini sebagai penilaian wajib pelamar.

Mental yang sudah terlatih akan mempengaruhi cara pelamar menguasai ilmu yang ditekuni dan pengontrolan dalam kepribadian. Pewawancara akan memberikan nilai positif terhadap pelamar bermental kuat ini.

2. Kemampuan berpikir positif

Wajib Pelajari, Inilah 5 Rahasia Penilaian dalam Wawancara Kerja! pexels/rawpixel

Seorang pelamar yang berpikiran positif, dapat terlihat dari ekspresi verbal dan nonverbal yang dikemukakan. Hal ini adalah modal utama pelamar. Pewawancara akan menganalisis tentang kepribadian dalam cara berpikir. Penilaian dalam kriteria ini sangat penting.

Perusahaan membutuhkan seorang pelamar yang dalam pemikirannya dipenuhi kelurusan olah pikir. Hindari berpikir negatif saat melamar, apalagi membayangkan kegagalan dalam tes kerjanya.

Baca Juga: 6 Hal yang Bikin Kamu Kelihatan Kurang Profesional Saat Wawancara

3. Pemikiran masa depan

Wajib Pelajari, Inilah 5 Rahasia Penilaian dalam Wawancara Kerja! pexels/rawpixel

Pelamar harus mengungkapkan visi dan misinya dimasa depan. Ini penting untuk menilai seberapa jauh pelamar merencanakan kehidupannya. Berpikir tentang antisipasi masa depan. Pewawancara akan mempelajari setiap jawaban yang kamu utarakan. Mulailah berlatih dalam ilmu perencanaan hidup.

4. Keterampilan mengembangkan ide

Wajib Pelajari, Inilah 5 Rahasia Penilaian dalam Wawancara Kerja! pexels/nappy

Mengembangkan ide dan solusi dalam pekerjaan sangat dibutuhkan pelamar. Pelamar tipe ini, berpotensi mengembangkan perusahaan dengan ide yang briliant.Dengan kemampuan pemahaman yang baik, tutur kata yang tersusun dan pemikiran yang logis.

5. Pantang menyerah dalam berjuang

Wajib Pelajari, Inilah 5 Rahasia Penilaian dalam Wawancara Kerja! pixabay.com/rawpixel

Perjuangan pelamar dalam mendapatkan pekerjaan jadi poin tambah dalam penilaian. Seorang yang selalu berjuang, cenderung memiliki sikap tanggungjawab yang tinggi. Kemampuan memecahkan masalah dan memberikan solusi terbaik. Ini sifat dasar dalam seorang pelamar yang pantang menyerah. Tetap berjuang dalam kehidupan, itulah yang diperlukan pelamar.

Nah, sudah siapkah untuk mempelajari rahasia ini kan? Tetap berpikir positif dan jangan pantang menyerah ya!

Baca Juga: 7 Tips Jitu Bagaimana Menghadapi Wawancara Kerja Untuk Intovert

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya