Comscore Tracker

7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerja

Hindari kecanggungan agar lingkungan kerja semakin nyaman  

Tak sedikit orang yang sulit beradaptasi dengan rekan kerja, terlebih kalau kamu adalah anak baru. Tentu tak ada salahnya jika bisa berteman baik dengan mereka agar lebih nyaman saat bekerja 

Untuk menghindari kecanggungan, mau tak mau kamu harus mengakrabkan diri dan lebih terbuka. Tak perlu dipaksakan, tapi suatu kemajuan bila ingin mencoba. Cari tahu apa saja yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih akrab dengan mereka.

1. Jangan terlalu sungkan  

7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerjailustasi dua orang wanita sedang menatap monitor (unsplash.com/Mimi Thian)

Terlalu 'gak enakkan' membuatmu terbelenggu dengan diri sendiri dan menjadi sungkan. Jika kamu perlu bantuan atau kesusahan dalam pekerjaan, sebaiknya kamu konsultasi dengan rekan kerjamu. Mungkin mereka bisa memberi nasehat. Begitu pula ketika mereka berbagi makanan, jangan sungkan untuk mencicipinya, karena itu salah satu bentuk kamu menghargai mereka.

2. Ketika jam istirahat, makanlah bersama  

7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerjailustrasi orang-orang sedang makan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Disela-sela aktivitas pekerjaan, waktu yang paling santai adalah ketika jam istirahat. Kamu bisa berkumpul dan makan bersama. Ini merupakan kesempatan bagi kamu untuk lebih terbuka sambil mendengar cerita mereka.

3. Taruh rasa ketertarikan atas sesuatu yang mereka suka

7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerjailustrasi sedang berbincang dengan teman-teman (unsplash.com/Brooke Cagle)

Baca Juga: 5 Tips Pendekatan dengan Rekan Beda Usia di Tempat Kerja

Inisiatif untuk mengajukan pertanyaan tentu tak ada salahnya. Ketika momennya sesuai, kamu bisa bertanya lebih jauh tentang hal yang mereka sukai dan sesekali beri komentar atas jawaban yang mereka lontarkan. Selain bisa mengenal lebih jauh bagaimana pribadi dan sikap rekan kerjamu, kamu juga bisa lebih mengakrabkan diri.

Tapi bila rekan kerjamu hanya menjawab singkat itu artinya dia belum mau terbuka denganmu, dan kamu harus berhenti bertanya.

4. Hindari jawaban yang singkat ketika rekan kerjamu bertanya  

7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerjailustrasi sedang berdiskusi (unsplash.com/Austin Distel)

Tak hanya kamu yang ingin lebih dekat dengan rekan kerja, tapi mereka pun ingin berteman denganmu. Jadi ketika membicarakan sesuatu yang konteksnya diluar pekerjaan, coba jawab dengan jawaban yang lebih panjang. Tunjukkan bahwa kamu antusias dengan topik yang dibicarakan.

5. Selera humor  

7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerjailustrasi seorang pria dan wanita sedang tertawa (unsplash.com/Jason Goodman)

Tak kalah penting, kamu harus punya sense of humor. Jika terlalu serius, kamu akan dianggap  kaku. Namun, jika kamu berlebihan mereka akan mengaggapmu seenaknya.

Melontarkan joke memang harus punya timing yang pas. Jangan sampai kamu bercanda ketika rekan kerjamu sedang serius. Semua orang suka tertawa dan ketika mereka menceritakan hal lucu kemudian kamu berkomentar yang bisa mencairkan suasana, maka kemungkinan besar kamu berhasil mendapakan hati mereka.

6. Ceritakan pengalamanmu  

7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerjailustrasi karyawan yang sedang tertawa (unsplash.com/Surface)

Kamu bisa membuat topik dan menceritakan pengalamanmu baik itu kehidupan sekolah, kampus atau pekerjaanmu sebelumnya. Buat mereka tertarik dengan kisahmu.

Jika kamu belum berani untuk memulai percakapan. Kamu bisa ikut pembahasan mereka. Ketika karyawan senior menceritakan suatu topik dan itu relate dengan yang kamu alami. Kamu bisa berbagi cerita dengan mereka.

7. Terima tawaran bila di ajak hangout  

7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerjailustrasi sedang mengobrol (unsplash.com/Elevate)

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Salah Memilih Teman di Tempat Kerja, Harus Selektif!

Ketika hari libur, pasti ada saat mereka merencanakan kegiatan bersama. Seperti hanya sekedar jalan-jalan atau nongkrong di cafe. Cobalah terima tawaran mereka ketika kamu diajak bergabung. Hal ini bisa membuat kamu lebih akrab dengan mereka dalam suasana berbeda dan lebih santai.

Menjalin pertemanan membuat kamu makin betah dan dapat mengurangi stres kerja juga, lho! Jadi pendekatan mana dulu nih yang mau kamu lakukan? Jangan sampai kikuk lagi sama rekan kerja, ya!

Nurul Hildayani Photo Verified Writer Nurul Hildayani

nurulhildayani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya