Comscore Tracker

6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Turunnya Produktivitas Kerja

Sepele namun berdampak besar bagi kualitas kerja!

Dalam dunia kerja, produktivitas harus menjadi salah satu hal terpenting yang wajib menjadi prioritas utama. Jika produktivitas kerja menurun maka secara tidak langsung hal ini juga akan berdampak pada perkembangan perusahaan.

Bagi kamu yang sedang merasa bahwa akhir-akhir ini produktivitas kerja kamu semakin menurun, kamu wajib mengetahui apa saja penyebabnya agar kualitas kerja kamu tidak semakin memburuk. Berikut beberapa kebiasaan sepela yang justru dapat menyebabkan produktivitas kerja menjadi turun. Keep scrolling.

1. Terlalu terorganisir  

6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Turunnya Produktivitas KerjaPxhere.com

Bekerja dengan konsep yang terorganisir memang bagus namun agar kamu tidak merasa terbebani dengan berbagai pekerjaan yang menumpuk, kamu tidak perlu terlalu mengorganisir semua pekerjaanmu. Kamu hanya perlu memprioritaskan hal-hal yang penting terlebih dahulu.

Terlalu banyak pekerjaan yang masuk ke dalam daftar to do list, justru akan membuat kamu merasa dikejar-kejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hal ini pun juga dapat mempengaruhi kualitas kerjamu, bukan?

2. Kurang beristirahat  

6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Turunnya Produktivitas KerjaPixnio.com

Kurangnya waktu untuk beristirahat juga bisa menjadi salah satu kebiasaan sepele yang dapat menyebabkan produktivitas kerja menurun. Bekerja dengan giat memang merupakan hal yang patut diacungi jempol namun jika sampai melupakan waktu beristirahat, hal ini bukan hanya akan membuat tubuhmu menjadi semakin lelah namun juga akan membuat otakmu semakin sulit untuk berpikir. Beristirahatlah yang cukup agar tubuh dan otakmu dapat bekerja dengan baik.

3. Mudah terpengaruh 

6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Turunnya Produktivitas KerjaPxhere.com

Saat sedang mengerjakan suatu pekerjaan maka bertekadlah pada diri sendiri untuk fokus pada pekerjaan tersebut agar pikiranmu tidak menjadi bercabang. Terkadang, ditengah pekerjaan akan ada banyak sekali hal-hal yang mampu memecahkan konsentrasimu.

Mulai dari kebiasaan yang sering mengecek handphone maupun mengobrol dengan rekan kerja. Agar produktivitas kerja kamu gak menurun, bertekadlah untuk tidak menjadi orang yang mudah terpengaruh ya.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun Saat Work From Home, Lho! 

4. Komunikasi yang baik 

6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Turunnya Produktivitas KerjaPxhere.com

Dimana pun kamu berada, komunikasi menjadi bagian terpenting yang harus selalu kamu perhatikan. Termasuk dalam dunia kerja. Berada dalam dunia kerja artinya kamu harus menjalin komunikasi yang baik dengan partner kerjamu.

Jika tidak, maka kamu akan merasa resah hingga tidak nyaman selama bekerja. Tanpa kamu sadari ketidaknyamanan inilah yang justru bisa menurunkan produktivitas kerjamu.

5. Terlalu terburu-buru  

6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Turunnya Produktivitas KerjaPxhere.com

Menyelesaikan pekerjaan sebelum waktunya memang merupakan hal yang baik namun jika dilakukan dengan terlalu terburu-buru, justru akan membuat pekerjaanmu tampak buruk dan terkesan seolah terlalu menganggap enteng.

Tidak perlu terlalu terburu-buru, cukup selesaikan pekerjaanmu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan serta dengan kualitas yang baik pula.

6. Tidak memiliki tujuan yang jelas  

6 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan Turunnya Produktivitas KerjaPxhere.com

Terakhir, kebiasaan sepele yang bisa menjadi penyebab turunannya produktivitas kerja adalah tidak memiliki tujuan yang jelas dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Setiap pekerjaan harus memiliki tujuan yang jelas agar dalam memprioritaskan hal-hal penting yang dapat diselesaikan terlebih dahulu maupun hal-hal kecil lainnya. Tanpa tujuan yang jelas, tentu saja semua pekerjaan justru akan menjadi rancu dan akhirnya tidak terselesaikan dengan baik.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang menyebabkan turunnya produktivitas kerja. Semoga bisa bermanfaat dan membuat kamu semakin termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Produktivitas Menurun, Wajib Dihindari!

Raina Zaakiyah Photo Verified Writer Raina Zaakiyah

because things change and time heals

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya