Comscore Tracker

Jangan Asal, Lakukan 5 Hal Ini sebelum Mencari Pekerjaan Baru!

Demi karier baru yang lebih sukses!

Dalam dunia kerja, keluar masuk dari satu perusahaan ke perusahaan lain adalah hal wajar. Seseorang tentu akan mengalami proses adaptasi atau penyesuaian diri, baik pada pekerjaan maupun lingkungan kerjanya. Jadi, bukan tidak mungkin jika seseorang memilih keluar dari satu perusahaan, resign atau mengundurkan diri, kemudian mencari pekerjaan di perusahaan yang lain.

Namun, perlu diketahui bahwa kebiasaan keluar masuk atau berpindah-pindah pekerjaan tentunya bukan merupakan hal yang baik. Pasalnya, jika kamu terbilang hobi keluar masuk perusahaan atau berganti-ganti pekerjaan akan menciptakan kesan atau image negatif bagi dirimu sendiri. Hal ini sedikit banyak akan mencerminakan kepribadian kamu yang mudah bosan atau tidak punya komitmen.

Khusus bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan baru, entah setelah menganggur atau karena tidak cocok dengan pekerjaan yang sedang dijalani, sebaiknya memikirkan hal-hal berikut, yaitu:

1. Wajib hukumnya untuk introspeksi diri

Jangan Asal, Lakukan 5 Hal Ini sebelum Mencari Pekerjaan Baru!futrli.com/

Sebelum memutuskan untuk mencari pekerjaan baru sebaiknya kamu terlebih dahulu melakukan introspeksi diri. Mengapa? Hal ini tentu saja penting agar kamu dapat mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dari dirimu.

Penting juga untuk memahami apa yang menjadi penyebab kamu keluar dari pekerjaan yang lama. Apakah kaitannya dengan pekerjaan, atasan, teman sekantor, lokasi kantor, atau hal-hal lain. Dengan memahami hal-hal tersebut, bisa dipastikan kamu akan bisa memilih pekerjaan baru yang lebih baik dan lebih sesuai dengan dirimu.

2. Rajin baca koran dan berselancar di internet

Jangan Asal, Lakukan 5 Hal Ini sebelum Mencari Pekerjaan Baru!businessinsider.sg/

Salah satu yang wajib kamu lakukan adalah sering-sering membaca koran dan browsing. Dengan membaca koran, khususnya kolom lowongan pekerjaan, tentu kamu akan banyak mendapat pandangan luas tentang pekerjaan-pekerjaan apa saja yang bisa dipilih.

Namun, jika membaca koran terlalu konvensional, maka cobalah untuk browsing atau menjelajah internet. Internet akan memberi pandangan atau kesempatan yang lebih luas bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan baru. Selain itu, anda juga dapat sekaligus membaca profil perusahaan yang ingin anda tuju. Bisa juga dengan cara bergabung dengan milis-milis tempat para pencari kerja saling berdiskusi dan berbagi pengalaman.

3. Upgrade ilmu dan kemampuan

Jangan Asal, Lakukan 5 Hal Ini sebelum Mencari Pekerjaan Baru!unsplash.com/Austin Distel

Menjadi catatan penting bahwa meng-upgrade ilmu dan kemampuanmu adalah hal yang wajib juga dilakukan. Pasalnya, menganggur dalam waktu yang lama akan bisa mempengaruhi otak dan kemampuanmu. Jika selama menganggur kamu tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bisa merangsang otak untuk terus bekerja, maka bisa dipastikan bahwa kemampuanmu akan melemah. Sama halnya jika kamu bekerja pada posisi yang tidak sesuai dengan bidangmu, di situlah terjadi kemungkinan penurunan ilmu dan kemampuan.

Jadi, pastikan bahwa kamu sudah meng-upgrade ilmu dan kemampuanmu sebelum mencari pekerjaan baru. Dengan begitu, kamu bisa yakin dan percaya diri sekalipun harus menjalani berbagai tes pada pekerjaan baru.

Baca Juga: Baru Lulus, Ini 5 Manfaat Tidak Terlalu Pilih-pilih Pekerjaan

4. Perluas jaringan pertemanan

Jangan Asal, Lakukan 5 Hal Ini sebelum Mencari Pekerjaan Baru!unsplash.com/Brooke Cagle

Cara terbaik mengisi waktu jeda setelah resign dan mencari pekerjaan baru adalah dengan memperluas jaringan pertemanan. Pasalnya, di momen ini kamu harus menemukan peluang sebanyak-banyaknya, terutama peluang untuk menemukan pekerjaan baru.

Dengan memperluas jaringan pertemanan, secara otomatis akan terbuka lebar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan baru dari teman dan kenalanmu.

Selain itu, jaringan pertemanan yang luas juga akan membuka kesempatan-kesempatan lain. Kamu bisa saja mengenal teman baru dan tertarik untuk menjajal bisnis sendiri, melanjutkan sekolah, atau bahkan sesederhana belajar hal-hal baru.

5. Luangkan waktu untuk merawat diri

Jangan Asal, Lakukan 5 Hal Ini sebelum Mencari Pekerjaan Baru!unsplash.com/César Abner Martínez Aguilar

Seperti diketahui bahwa penampilan adalah salah satu hal penting yang dapat menunjang pekerjaan. Berbagai posisi dalam dunia kerja seringkali mewajibkan karyawannya untuk bisa tampil rapi dan segar. Sehingga, sangat penting bagi kamu untuk merawat diri, baik perawatan wajah, rambut, maupun busana.

Kebersihan dan kerapihan seorang karyawan tentu menjadi nilai plus bagi dirinya. Dengan begitu, orang akan melihat dirinya sebagai pribadi yang professional dan bisa diandalkan. Maka, bukan tidak mungkin bahwa dengan penampilan yang bersih, rapi, dan segar akan membuat kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan baru yang diinginkan.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mencari pekerjaan baru setelah resign. Pastikan kamu tidak bersikap asal-asalan ketika akan memulai pekerjaan atau karier barumu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Memiliki Pekerjaan Sampingan Berdampak Baik untuk Hidupmu

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya