Comscore Tracker

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Aja

Harus tahu caranya dulu nih~

Bekerja tanpa tekanan kerja hampir bisa dikatakan menjadi suatu hal yang mustahil. Untuk itu, tekanan kerja menjadi suatu hal yang biasa dialami para pekerja. Tekanan kerja bisa datang dari klien, teman kerja, bos bahkan masalah yang muncul karena kelalaianmu sendiri.

Seringkali pada tahap yang kronis, tekanan kerja membuat kamu menjadi kurang fokus dalam bekerja. Selain itu, kamu juga jadi cepat lelah dan gak produktif. Jika sudah begini, kamu pun akan mudah untuk goyah lalu secara impulsif memilih resign dari pekerjaanmu. Nah untuk mengatasinya, simak nih cara-caranya berikut ini!

1. Pahami tugasmu terlebih dahulu

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Ajaunsplash.com/MiguelangelMiquelena

Agar kamu tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan tugas dan berdampak pada dimarahi bos atau atasan, sebaiknya kamu pahami betul terlebih dahulu yang menjadi tugasmu. Kalau ada yang masih belum dipahami, gak perlu malu untuk bertanya. Ingat, malu bertanya sesat di pekerjaan.

2. Buat perencanaan untuk menyelesaikannya

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Ajaunsplash.com/WilliamIven

Lakukan perencanaan yang baik sebelum melakukan pekerjaan. Kamu bisa merencanakannya semalam sebelum hari kerjamu. Buatlah daftar perencanaan aktivitas yang akan dilakukan esok harinya, termasuk jam mulai hingga jam selesainya kamu melaksanakan setiap tugasmu.

3. Pastikan kamu belajar dari pengalaman

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Ajaunsplash.com/HannahWei

Terkadang kendala dalam pekerjaan pernah dialami sebelumnya dan saat itu kamu bisa melewatinya dan mampu mengatasinya. Dengan begitu ada baiknya kamu mencatat kendala-kendala yang pernah dialami beserta solusinya. Selain itu kamu juga bisa mencatat kendala yang pernah dihadapi teman kerja kamu lalu catat juga cara dia mengatasinya. Bukan tidak mungkin kamu akan mengalami kendala yang sama dengan yang temanmu, apalagi jika teman masih satu divisi denganmu.

Baca Juga: 5 Alasan Tak Terbantahkan Jadi Wanita Karier Itu Memang Menyenangkan

4. Rekatkan pertemanan dengan teman kerja

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Ajaunsplash.com/AnnieSpratt

Teman kerja adalah orang-orang yang mampu diandalkan dalam membantu pekerjaanmu. Jadi tidak ada salahnya untuk merekatkan pertemanan dengan teman kerja. Sehingga ketika kamu mengalami masalah dalam pekerjaanm kamu bisa bertanya untuk mendapatkan solusi segera.

5. Pastikan waktu istirahatmu berkualitas

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Ajaunsplash.com/AnthonyTran

Tekanan kerja seringkali membuat stres sehingga kamu pun tidak bisa fokus dalam bekerja. Untuk itu meluangkan waktu unttuk istirahat sejenak sangatlah dibutuhkan. Namun, pastikan bahwa kamu memiliki waktu istirahat yang berkualitas karena hal inilah yang akan membuat kamu kembali segar dan bersemangat.

6. Tingkatkan toleransi dengan teman kerja

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Ajaunsplash.com/TimGouw

Tekanan kerja terkadang bersumber dari teman kerja. Teman kerja yang suka menikung ataupun tidak bisa di ajak kerja sama menjadi faktor munculnya tekanan kerja. Terlebih jika terjadi perbedaan pendapat. Untuk itu toleransi sesama teman kerja sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan kerjasama yang kompak, tugaspun akan lebih cepat terselesaikan dengan baik.

7. Bagi tugas dengan anggota tim kerjamu

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Ajaunsplash.com/NeONBRAND

Agar tekanan kerja berkurang, kamu bisa membagi tugasmu dengan anak buah atau anggota tim kerjamu. Terkadang memang ada rasa kamu mampu menyelesaikan tugas-tugas tersebut sendiri tanpa harus membagikan tugas itu pada orang lain, padahal waktu terus bergulir dan tugas-tugas pun bertambah banyak. Percayalah pada peran orang lain, yakinlah bahwa anak buah atau tim kerjamu bisa diandalkan untuk membantu menyelesaikan tugasmu.

8. Berikan motivasi pada dirimu sendiri

8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Ajaunsplash.com/ChristinHume

Jika tekanan kerja sudah membuat kamu tidak semangat lagi untuk bekerja di tempat tersebut, ingatlah lagi awal mula kamu diterima bekerja di tempat itu. Ingatlah tujuan kamu bekerja untuk mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan keluarga yang makin meningkat. Semangati dirimu sendiri dengan membaca kata-kata motivasi yang berkaitan dengan kondisimu.

Tekanan kerja memang menyebalkan tapi jangan sampai hal tersebut membuat kamu menjadi tidak ingin bekerja lagi. Kiat-kiat di atas dapat dipraktikkan agar kamu terhindar dari tekanan kerja yang berlebihan dan membuat kamu lebih siap menghadapi tekanan kerja setiap harinya. Semoga kiat-kiat di atas dapat membantumu mengatasi tekanan kerjamu ya!

Baca Juga: 6 Cara Agar Kehidupan Sebagai Wanita Karier & Ibu Bisa Seimbang

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You