Comscore Tracker

6 Cara Sederhana Agar Rasa Kesal Saat Kerja Gak Dibawa Pulang ke Rumah

Kesalnya cukup di kantor aja~~

Hidup memang tidak selalu berjalan mulus, pastilah ada suka dan duka yang akan datang silih berganti. Misalnya saat dulu awal-awal menjalani pekerjaanmu, semua terasa menyenangkan. Kamu bisa bertemu teman baru dan berada di lingkungan baru yang semuanya masih terasa baik-baik saja. Tapi hal itu tidak bisa dialami setiap hari bukan?

Ada kalanya kamu mungkin berselisih dengan teman kerjamu, suasana kantor yang gak kondusif, persaingan promosi jabatan, target yang harus terpenuhi dan masih banyak lagi. Nah hal-hal itulah yang seringkali membuatmu kesal dan bahkan stres. Akhirnya rasa kesal itu juga terbawa hingga ke rumah. Kamu pun menjadi gak bisa mengontrol emosi ketika berhadapan dengan keluarga atau bahkan pasanganmu di rumah.

Duh, hal seperti ini gak boleh terjadi lho. Kamu harus bisa membedakan antara kehidupan pribadi dan urusan pekerjaan. Gimana caranya biar rasa kesal di kantor gak terbawa sampai ke rumah? Simak nih cara-caranya!

1. Selalu simpan coklat di tas kerjamu. Kalau lagi kesel, langsung makan aja biar happy lagi

6 Cara Sederhana Agar Rasa Kesal Saat Kerja Gak Dibawa Pulang ke Rumahunsplash.com/MoniqueCarrati

Banyak orang suka makan cokelat. Rasanya yang manis dan lembut di mulut memberikan sensasi yang menyenangkan. Selain itu menurut penilitian, dengan makan cokelat mampu mengurangi stres. Hal ini karena cokelat mengandung serotonin yakni bahan kimia yang bermanfaat memberikan rasa tenang. Selain itu cokelat mampu meningkatkan hormon endorphin yakni hormon yang memberikan rasa senang. Dengan begitu rasa kesal saat dikantor lenyap sebelum sampai ke rumah asalkan kamu simpan cokelat di tas kerjamu.

2. Refresh pikiranmu dengan sejenak jalan-jalan. Murah meriah gak perlu keluar uang!

6 Cara Sederhana Agar Rasa Kesal Saat Kerja Gak Dibawa Pulang ke Rumahunsplash.com/WillianJustendeVasconcellos

Sebelum pulang ke rumah, kamu dapat membeli makanan kesukaan sambil jalan-jalan sejenak untuk melupakan penat. Tidak perlu lama-lama, setelah hati sudah agak tenang, kamu bisa segera pulang ke rumah. Selain itu, pergi ke rumah teman selain teman kantor juga bisa menjadi pilihan lho. Mengobrol tanpa membicarakan pekerjaan pastinya bisa memberikan keasyikan tersendiri.

3. Begitu sampai di rumah, segera halau rasa kesalmu dengan mandi

6 Cara Sederhana Agar Rasa Kesal Saat Kerja Gak Dibawa Pulang ke Rumahunsplash.com/AnaliseBenevides

Mandi dengan air hangat dapat memberi ketenangan tersendiri. Rasa rileks yang muncul akan menggantikan rasa kesal yang sejak tadi mengganggumu sehingga setelah mandi kamu menjadi lebih fresh. Ditambah lagi suara tetesan air juga mampu membuat orang menjadi lebih tenang dan nyaman. Bahkan ada beberapa orang yang mendengarkan rekaman air hujan atau aliran air sungai di waktu tertentu untuk mendapatkan suasana tenang.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selagi Menunggu Panggilan Kerja

4. Ajak keluarga atau pasanganmu mengobrol. Lepaskan penatmu dengan bergurau bareng mereka

6 Cara Sederhana Agar Rasa Kesal Saat Kerja Gak Dibawa Pulang ke Rumahunsplash.com/JonathanDaniels

Melupakan rasa kesal dari tempat kerja bisa kamu lakukan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan berkumpul dan bergurau bersama anggota keluarga. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan menonton TV, bisa juga main game, atau order makanan  favorit keluarga dan makan bersama. Hmmm, dijamin deh rasa kesal pun akan terlupakan segera.

5. Jauhkan pernak-pernik yang berhubungan dengan kantor saat di rumah

6 Cara Sederhana Agar Rasa Kesal Saat Kerja Gak Dibawa Pulang ke Rumahunsplash.com/AnnieSpratt

Bila kamu memiliki benda-benda yang berhubungan dengan kantor misalnya logo atau berkas pekerjaan, sebaiknya tidak ditaruh di ruangan rumah yang sering kamu tempati seperti kamar tidur misalnya. Pasalnya, benda-benda itu akan membuat kamu teringat lagi kejadian di kantor dan rasa kesal pun muncul lagi saat di rumah.

6. Istirahatkan tubuhmu. Saat kepala penat dan hati kesal, kamu cuma butuh tidur!

6 Cara Sederhana Agar Rasa Kesal Saat Kerja Gak Dibawa Pulang ke Rumahunsplash.com/The Creative Exchange

Cara yang paling tepat adalah tidur. Dengan minum susu dan kemudian tidur membuat kamu tidur nyenyak dan keesokan harinya akan menjadi lebih fresh, rasa kesal pun hilang berganti dengan rasa siap menghadapi hari. Ingat, hindari tidur terlalu larut malam, karena bukan rasa fresh yang didapat tapi rasa kantuk, kesal dan malas pergi ke kantorlah yang akan di dapat.

Rasa kesal dari kantor sebaiknya tidak dibawa ke rumah karena hal itu hanya akan membuat kamu menjadi tidak bisa istirahat dengan baik. Selain iu, anggota keluarga bisa menjadi pelampiasan rasa kesalmu juga lho. Tentu kamu tidak ingin hal demikian terjadi pada hari-harimu bukan? Dengan mengikuti tips di atas semoga dapat membantu melenyapkan rasa kesalmu ya!

Baca Juga: 5 Kiat Efektif Agar Kinerja Kerja Kamu Tetap Maksimal Meski Puasa

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You