Comscore Tracker

6 Hal Esensial yang Perlu Kamu Pastikan Dahulu sebelum Ambil Cuti 

Gak mau kan cuti tapi masih dikejar pekerjaan?

Setiap orang pasti membutuhkan waktu untuk berisitirahat dari rutinitas dan pekerjaannya. Waktu beristirahat sangat diperlukan untuk me-refresh kembali pikiran supaya tidak stres dan jenuh dengan aktivitas setiap hari. Oleh sebab itu, perusahaan pasti memberikan hak cuti bagi setiap karyawannya dengan tujuan agar karyawan tersebut bisa beristirahat sejenak dari pekerjaannya.

Mengambil cuti untuk istirahat atau liburan memang sangat diperlukan. Maka dari itu, mulai sekarang coba rencanakan untuk mengambil cuti panjang dan nikmati waktumu. Namun bagi kamu yang merencanakan untuk mengambil cuti panjang, coba simak dulu beberapa hal penting berikut ini supaya waktu cutimu gak habis sia-sia.

1. Sebisa mungkin jangan mengambil cuti di musim liburan 

6 Hal Esensial yang Perlu Kamu Pastikan Dahulu sebelum Ambil Cuti hotelroomfinder.co.uk/

Musim liburan memang waktu yang tepat untuk menikmati day off, namun yakin kamu ingin menggunakan cutimu yang berharga itu di musim liburan? Manfaatkan cutimu di hari yang bukan merupakan hari libur.

Pasalnya, di tanggal merah atau hari libur kamu sudah pasti akan mendapatkan waktu untuk day-off. Selain itu, ketika kamu mengambil cuti di waktu yang bukan waktu liburan, kamu bisa bepergian ke mana pun tanpa harus bersaing dengan banyak orang karena mereka saat itu sedang bekerja.

2. Targetkan apa saja yang ingin dilakukan saat cuti 

6 Hal Esensial yang Perlu Kamu Pastikan Dahulu sebelum Ambil Cuti unsplash.com/sean Kong

Buat rencana atau daftar kegiatan apa saja yang ingin kamu lakukan selama liburan. Jadikan itu sebagai holiday goals kamu. Misalkan, kamu ingin bangun siang saat cuti atau ingin pergi ke tempat wisata alam dan menikmati keindahan alam seharian penuh. Buatlah hal-hal menyenangkan yang tidak bisa kamu lakukan jika kamu sedang bekerja.

3. Agendakan waktu kumpul dengan keluarga 

6 Hal Esensial yang Perlu Kamu Pastikan Dahulu sebelum Ambil Cuti unsplash.com/Kevin Curtis

Kesibukan terkadang membuat kamu tidak memiliki banyak waktu dengan keluarga. Oleh sebab itu, gunakan cuti panjangmu untuk semaksimal mungkin berkumpul dengan keluarga. Agendakan dan rencanakan waktu untuk sekadar berkumpul di rumah, makan bersama di restoran yang khusus kamu pesan, pergi piknik, atau mengunjungi rumah saudara yang lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Cuti saat Work From Home Itu Tetap Diperlukan

4. Jangan membawa pekerjaan kantor saat cuti panjang 

6 Hal Esensial yang Perlu Kamu Pastikan Dahulu sebelum Ambil Cuti unsplash.com/Christin Hume

Akan terasa percuma jika kamu mengambil cuti panjang namun masih membawa pekerjaan kantor sebagai PR kamu. Itu sama halnya kamu bekerja tapi tidak di kantor. Tidak mau 'kan cutimu ujung-ujungnya malah untuk mengerjakan pekerjaan?

Alihkan perhatian dan fokus sejenak saat cuti. Buat pikiran kamu serileks mungkin dan hindarkan dari segala urusan pekerjaan di kantor untuk sementara waktu. Bahkan, kamu bisa menggunakan cara yang sedikit ekstrem seperti mematikan handphone, meninggalkan laptop di kantor, dan tidak membawa apapun yang kaitannya dengan kantor saat cuti.

5. Gunakan waktu untuk memanjakan dirimu 

6 Hal Esensial yang Perlu Kamu Pastikan Dahulu sebelum Ambil Cuti unsplash.com/Pablo Merchán Montes

Salah satu hal yang didambakan banyak orang ketika mengambil cuti adalah bisa menghabiskan waktu untuk me-time. Nah, manjakan dirimu dan beri dirimu penghargaan karena sudah bekerja keras selama ini. Kamu bisa pergi ke salon, spa atau tempat-tempat lain yang bisa membuat pikiran dan badanmu rileks.

Selain itu, jangan pelit untuk mengeluarkan bujet khusus untuk dana memanjakan diri ini. Kamu juga bisa membeli makanan atau barang-barang yang selama ini sangat kamu inginkan. Selama tidak melebihi anggaran yang sudah kamu tetapkan, hal tersebut sah-sah saja kamu lakukan.

6. Temukan hal baru di lingkungan sekitarmu 

6 Hal Esensial yang Perlu Kamu Pastikan Dahulu sebelum Ambil Cuti unsplash.com/Ben Duchac

Terkadang, kesibukan di kantor membuat kamu lupa bahwa sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa kamu dapatkan di luar sana. Mumpung cuti panjang, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk menemukan hal-hal baru. Apakah itu hobi baru, komunitas baru, atau bahkan tempat-tempat baru untuk mengembangkan skill-mu.

Yup, dengan beberapa hal tersebut, cutimu pun akan lebih maksimal. Manfaatkan cuti panjangmu untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuhmu. Dijamin, ketika kamu mulai bekerja lagi, kamu akan merasa lebih fresh dan semangat.

Baca Juga: 7 Tanda Darurat Kamu Butuh Istirahat Dari Kerja, Yuk Ambil Cuti!

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya