Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Ingin Resign dari Kerjaan

Tinggalkan kesan yang baik dong~

Dalam setiap pekerjaan, ada dinamika tersendiri yang memperngaruhi kepuasanmu dalam bekerja. Ada kalanya kamu menganggap bahwa bekerja merupakan suatu kesenangan yang menjadikan kamu selalu betah dan bersemangat. Di saat lain, kamu mungkin sudah merasa jenuh dan bosan dengan pekerjaanmu dan ingin mengundurkan diri alias resign.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya. Bisa jadi masalah gaji, minimnya tunjangan, tidak adanya jenjang karir, lingkungan kerja yang tidak kondusif, dan masih banyak lagi. 

Namun, untuk keluar dari pekerjaan bukanlah perkara mudah. Kamu harus mengetahui cara yang tepat untuk resign. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada yang mengganjal antara perusahaan dengan kamu sebagai pekerja. Berikut merupakan hal-hal yang wajib kamu lakukan saat ingin resign.

1. Sebelum resign, pastikan perusahaan sudah mencari penggantimu

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Ingin Resign dari Kerjaanunsplash.com/ThoughtCatalog

Ketika kamu resign, otomatis kamu telah menyediakan posisi kosong di perusahaan. Posisi kosong tersebut bisa menjadi permasalahan tersendiri bagi perusahaan karena mengganggu flow kerja misalnya.

Maka, perusahaan pastinya akan membuat lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi kosong tadi. Yang pasti, menghelat rekruitmen dan menyiapkan lowongan perusahaan itu butuh tenaga dan biaya lho. Untuk itu, kamu harus membuat solusi dengan cara mencarikan seseorang yang dirasa pas untuk menggantikan posisi yang kamu tinggalkan. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu repot-repot mencari penggantimu.

2. Bersikap profesional. Tetaplah bekerja seperti biasa meskipun akan resign

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Ingin Resign dari Kerjaanunsplash.com/HelenaLopes

Ketika kamu mengungkapkan keinginan untuk resign, jangan sampai performa kerjamu menurun sebelum waktunya kamu benar-benar keluar. Hal itu karena kamu secara resmi masih merupakan pegawai dari perusahaan walaupun kamu sudah menyatakan akan resign.

Hal tersebut diamini oleh Doneen Attand, seorang pelatih di bidang bisnis. Dia mengatakan bahwa kamu harus tetap bekerja dengan semangat tinggi sebelum waktu yang ditentukan untuk keluar dari perusahaan. Hal itu akan memberikan kesan bagi perusahaan bahwa kamu merupakan seorang pegawai yang luar biasa.

Baca Juga: 5 Alasan Sebaiknya Resign Saja Saat Memiliki Rekan Kerja yang Toxic

3. Jangan resign diam-diam. Beritahukan keinginanmu kepada atasan

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Ingin Resign dari Kerjaanunsplash.com/LinkedInSalesNavigator

Ketika ingin mengungkapkan keinginan kamu untuk resign, kamu lebih baik mengatakannya terlebih dahulu kepada atasan daripada kepada HRD. Hal itu karena atasan kamu mungkin memiliki solusi dalam mengakomodasi keinginanmu sehingga kamu akan masih tetap bekerja di perusahaan yang dia pimpin.

Selain itu, memberitahu keinginan untuk resign kepada atasan dapat membuat atasan menjadi berjaga-jaga untuk mencari pengganti baru. Jika kamu memberitahukan keinginan kepada HRD, proses yang dibutuhkan untuk mencari pengganti akan lebih rumit dan lama. Hal ini tentunya akan merugikan perusahaan itu sendiri, karena setiap posisi kosong yang ditinggalkan oleh seorang pegawai harus diisi secepatnya agar proses produksi tetap berjalan.

4. Berusaha bersikap baik dengan memberikan pujian kepada perusahaan yang ditinggalkan

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Ingin Resign dari Kerjaanunsplash.com/YouXVentures

Ketika kamu mengungkapkan keinginan untuk resign, kamu juga harus bisa mengungkapkan sisi positif dari perusahaan yang akan kamu tinggalkan. Hal ini akan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan kamu. Ucapan pujian tersebut juga bisa bermakna sebagai ungkapan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang akan kamu tinggalkan.

5. Sebelum hari terakhir bekerja, pastikan kamu sudah mengembalikan property kantor

5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Ingin Resign dari Kerjaanunsplash.com/BrookeCagle

Hal yang satu ini sangatlah penting dan jangan sampai kelupaan ya. Pastikan kamu sudah mengembalikan semua properti kantor yang selama ini dipinjamkan padamu, misalnya laptop atau kendaraan. Jangan sampai karena kamu lupa dan belum mengembalikan barang properti kantor yang nilainya tidak seberapa, kamu justru merusak citra dirimu di sana. 

Nah gimana? Jika saat ini kamu sedang bimbang karena ingin resign dari tempat kerjamu, pastikan kamu sudah melakukan hal-hal yang di atas ya. 

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sudah Bosan dengan Pekerjaan & Harus Segera Resign

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 12:00:04

Progress: 766.383 dari 813.350 TPS (94.22549%)

Just For You