Comscore Tracker

Ketika Lembur Tak Dibayar, Lakukan 5 Langkah Cerdas Ini!

Kalau memang hakmu, layak diperjuangkan lho!

Ketika bekerja, kamu tentu pernah mengalami saat-saat dimana pekerjaan sangat banyak. Ditambah lagi, pekerjaan yang banyak tersebut masing-masing memiliki deadline atau batas penyelesaian yang harus dipatuhi. Jika sudah begitu, kamu dituntut untuk bisa pintar-pintar mengatur waktu agar bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan maksimal dan tepat waktu.

Biasanya, salah satu cara efektif yang digunakan sebagai jalan keluar adalah dengan melakukan lembur atau bekerja di luar jam kerja yang semestinya. Misalnya, jika jam kerjamu adalah antara jam 9 hingga jam 5 sore, maka di luar jam tersebut berarti kamu terhitung lembur. Bekerja lembur tentunya berbeda dengan bekerja sesuai dengan jam kerja, perbedaannya terletak pada jumlah gaji yang akan kamu terima.

Jadi, jika kamu sudah bekerja saat sebelum jam 9 dan masih juga bekerja setelah jam 5 sore, maka kamu akan mendapat tambahan gaji atas waktu kerja ekstra tersebut. Tergantung berapa jam yang kamu gunakan untuk lembur, maka akan dikalikan dengan gaji lembur yang sudah ditentukan perusahaan sebelumnya.

Namun, bagaimana jika ternyata kerja lemburmu tidak dibayar? Atau ketika uang lembur yang seharusnya ditambahkan pada gaji bulanan ternyata tidak kamu terima? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan ketika lembur tidak dibayar, yaitu:

1. Pastikan kamu melakukan analisa awal terlebih dahulu 

Ketika Lembur Tak Dibayar, Lakukan 5 Langkah Cerdas Ini!unsplash.com/Tyler Nix

Jika kamu merasa ada hal yang tidak sesuai pada gaji yang kamu terima, pastikan bahwa kamu sudah menghitung dengan teliti. Kalkulasi dan lakukan perhitungan ulang agar jelas terlihat berapa jumlah yang belum kamu terima sebagai upah lembur. Pastikan kamu telah mengetahui bagaimana cara-cara perhitungan penggajian, baik yang normal maupun ketika ditambah lembur. Usahakan untuk terlebih dahulu mencari sumber informasi dan referensi yang terpercaya guna membantumu untuk menghitung gaji tersebut.

2. Baca kembali surat perjanjian kerja yang kamu punya

Ketika Lembur Tak Dibayar, Lakukan 5 Langkah Cerdas Ini!unsplash.com/David Rangel

Jika benar kamu menemukan kejanggalan pada pembayaran gajimu, cobalah untuk kembali melihat dan membaca perjanjian kerja antara kamu dan perusahaan. Apakah di situ tertera butir-butir yang membahas tentang pembayaran lembur atau tidak. Jika ada, surat perjanjian tersebut bisa dijadikan sebagai bukti untuk mendukung argumenmu. Namun, jika tidak berarti kamu harus menyiapkan bukti-bukti lain atau mungkin kamu memang harus siap kecewa.

3. Bicarakan masalah uang lembur ini dengan pihak HRD 

Ketika Lembur Tak Dibayar, Lakukan 5 Langkah Cerdas Ini!unsplash.com/Gabrielle Henderson

Human Resources Department adalah divisi yang bertugas menangani masalah kepegawaian, utamanya gaji. Jadi, cobalah untuk menemui perwakilan HRD guna membicarakan perihal gajimu yang tidak sesuai dan lembur yang tidak dibayarkan. Dengarkan bagaimana penjelasan pihak HRD mengenai kasusmu. Dari sini kamu dapat mendapat jawaban atas kemungkinan kekeliruan yang terjadi.

Baca Juga: 5 Macam Dampak Buruk Kerja Lembur yang Akan Mengacaukan Hidupmu

4. Melapor pada atasan ketika tidak ada solusi dari HRD

Ketika Lembur Tak Dibayar, Lakukan 5 Langkah Cerdas Ini!unsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Jika diskusi dengan pihak HRD ternyata menemui hambatan, entah mereka yang tidak bisa menjawab pertanyaanmu, atau pihak perusahaan yang kurang transparan, maka temuilah atasanmu. Sampaikan apa-apa saja yang menjadi masalahmu dan mintalah solusi yang paling baik. Biasanya, atasan mampu memberikan solusi yang berimbang atas masalah dan keluhan yang dihadapi karyawannya.

5. Jika tetap saja tidak ada kejelasan, pertimbangkan soal pengunduran diri 

Ketika Lembur Tak Dibayar, Lakukan 5 Langkah Cerdas Ini!unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Jika beberapa cara yang sudah dipaparkan di atas tetap tidak berhasil dan tidak ada kejelasan perihal uang lebur yang tidak dibayarkan, maka mengundurkan diri adalah solusi yang mungkin dilakukan. Pasalnya, uang lembur yang tidak dibayarkan tentu sangat merugikanmu. Hal tersebut juga jelas-jelas merenggut hakmu sebagai pegawai. Maka, akan lebih baik jika kamu memilih untuk resign atau mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. 

Nah gimana? Demikian adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan ketika uang lemburmu tidak dibayarkan dengan sesuai. Selamat menerapkan cara-cara di atas, ya!

Baca Juga: Gak Usah Sedih, ini 5 Sisi Baik Ketika Kamu Harus Lembur saat Weekend

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya