Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Hanya Dirasakan Jika Bekerja Sebagai Freelancer

Dijamin untung banyak, deh! 

Biasanya memilih pekerjaan akan lebih terasa menyenangkan jika sesuai dengan passion kita. Meskipun begitu, orang sering membanding-bandingkan antara pekerjaan tetap yang notabene di kantoran dengan freelance.

Bahkan gak jarang seorang freelancer dianggap gak bekerja hanya karena lebih sering berada di rumah. Selain itu, dari sisi finansial, freelance dianggap tidak bisa dijadikan pegangan.

Namun, di balik semua pandangan negatif tadi, ternyata ada banyak manfaat yang hanya bisa dirasakan oleh freelancer. Mau tahu apa saja? Yuk, simak.

1. Memiliki kebebasan menentukan jam kerja

5 Keuntungan yang Hanya Dirasakan Jika Bekerja Sebagai Freelancerunsplash.com/Markus Spiske

Normalnya, pekerja kantoran memiliki jam kerja yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan. Biasanya mereka memakai aturan 8 jam per hari atau 40 jam per minggu, sesuai peraturan undang-undang tenaga kerja.

Lain halnya dengan freelancer, mereka bisa menentukan sendiri kapan waktu produktif terbaik demi hasil kerja yang lebih optimal. Gak harus 8 jam, sebab yang terpenting adalah target kerja sudah terpenuhi. Pada akhirnya, kebebasan semacam ini akan lebih mampu menciptakan efisiensi kerja.

2. Bisa memilih ruang kerja manapun sebagai kantor

5 Keuntungan yang Hanya Dirasakan Jika Bekerja Sebagai Freelancerunsplash/Štefan Štefančík

Biasanya pekerjaan sebagai freelancer sering dipandang sebelah mata karena tidak punya kantor. Padahal kebanyakan orang sebenarnya sering merasa jenuh pada ruang kerja yang begitu-begitu saja. Di sinilah kelebihan yang dirasakan seorang freelancer.

Kantor mereka bisa di mana saja, mulai dari rumah sampai cafe sambil nongkrong pun bisa disulap jadi ruang kerja. Bahkan kalau sekarang orang merasa kesulitan saat harus WFH alias Work From Home, para freelancer ini malah bisa dibilang ahlinya WFH.

Baca Juga: 5 Cara Simple Freelancer Mengatur Keuangan yang Gak Tentu

3. Gak harus merasa diburu waktu karena takut telat masuk kantor

5 Keuntungan yang Hanya Dirasakan Jika Bekerja Sebagai Freelancerunsplash.com/Brad Neathery

Jam kerja kantor yang terkesan saklek seringkali membuat orang merasa diburu waktu karena takut terlambat. Belum lagi risiko yang akan diterima jika terlambat, seperti teguran sampai potong gaji pun terkadang tidak bisa dihindari. Hal semacam ini sudah pasti tidak akan dialami oleh freelancer karena jam kerja mereka tidak ditetapkan pihak lain selain dirinya sendiri.

Jadi, mereka gak akan kenal dengan istilah telat masuk kantor. Selain itu, pemilihan jam kerja ini juga bisa disesuaikan sendiri dengan waktu produktif mereka. 

4. Gak punya pengalaman digosipin teman sekantor

5 Keuntungan yang Hanya Dirasakan Jika Bekerja Sebagai Freelancerunsplash.com/Christin Hume

Bekerja di kantor dan bertemu dengan berbagai macam rekan kerja gak jarang membuat orang sulit menghindari perselisihan. Kalau sudah begini, seringnya pihak tertentu akan jadi bahan omongan alias gosip di kalangan kantor.

Pengalaman seperti ini sudah bisa dipastikan gak akan dialami freelancer. Meski sering dianggap individualis, tapi justru kondisi ini menghindarkan freelancer dari perselisihan antar rekan kerja. Jadi gak takut bakal digosipin, deh.

5. Memilih waktu untuk liburan pun bukan hal yang mustahil

5 Keuntungan yang Hanya Dirasakan Jika Bekerja Sebagai Freelancerunsplash.com/Anete Lūsiņa

Liburan menjadi momen yang paling dinanti banyak orang, tak terkecuali para pekerja. Biasanya mereka harus menyerahkan permohonan cuti lebih dulu yang persetujuannya pun terkadang sulit untuk didapatkan. Lain halnya dengan freelancer, mereka bisa menentukan sendiri kapan waktu bekerja dan kapan ingin liburan.

Fleksibilitas waktu semacam ini menjadi kelebihan sekaligus manfaat paling nikmat yang hanya akan dirasakan oleh freelancer. Akan tetapi, hal ini didapat dengan catatan harus menyelesaikan semua deadline termasuk kewajiban kerja lainnya lebih dulu.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan yang hanya akan dirasakan oleh seorang freelancer. Kamu tertarik kerja sebagai freelancer juga gak, nih?

Baca Juga: Ingin Sukses Jadi Freelancer? Coba Lakukan 5 Hal Ini

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya